“Yongki Komaladi” Merk Sepatu Paling Di Kenal

Tentunya anda semua sudah sering mendengar merk ini, keberadaannya tersebar hampir di setiap pusat-pusat perbelanjaan terkenal di Indonesia. Yongki Komaladi adalah sebuah brand yang memproduksi sepatu,sendal,tas dengan segmen untuk anak-anak hingga orang dewasa, baik pria maupun wanita. Nama merk yang di ambil dari nama asli pendiri sekaligus perancang setiap produknya ini, sukses menjalankan bisnisnya hingga di kenal luas. Bagaimana cara beliau merintis usahanya dari awal hingga besar seperti sekarang ini,  berikut ini ulasannya.

Perjalanan Berbisnis Yang Panjang

Di balik kesuksesannya berbisnis di bidang fashion sekarang ini, siapa yang sangka perjalanan bisnisnya memakan waktu tidak kurang dari 15 tahun untuk merintis sedikit demi sedikit mengenalkan merknya. Sebuah waktu yang cukup panjang dan dapat dipastikan memerlukan perjuangan dan kerja keras yang cukup berat. Hal itu terbukti, dari awal karirnya Yongki Komaladi tidak sama sekali berhubungan dengan produk yang melejitkan namanya sekarang ini. Pada tahun 1977 beliau hanyalah seorang penjaga butik dan sedikit-sedikit mempelajari dunia model hingga ahirnya beberapa tahun kemudian ada yang menawarinya untuk bekerja sebagai pragawan. Dalam proses meniti karirnya Yongki pun dengan tanpa di sengaja mendapatkan tawaran untuk merancang sepatu dari rekannya, dan ia pun menyanggupinya karena memang sudah menjadi minatnya sejak lama. Dan dari situ di mulai lah awal perjalan bisnis sepatunya, dari yang tadinya hanya sekedar iseng namun karena mendapatkan respon positif sehingga beliau semakin serius melakoninya.

Membangun Bisnis Dari Awal

Dalam merancang desain sepatu Yongki Komaladi tidak dibekali dengan keterampilan yang spesifik sama sekali, karena tidak ada sedikitpun latar belakang mengenai hal itu, beliau mempelajari dan mengambangkan sendiri ilmunya dengan giat dan konsisten. Pada penerapan merk untuk produknya pun Yongki awalnya tidak begitu percaya diri untuk menerapkannya, sebabnya para rekan-rekan melihat merk itu sama sekali tidak menjual, sehingga tidak jarang ia di ejek dengan penerapan merk tersebut. Akan tetapi beliau melajutkan langkahnya dengan mengabaikan berbagai cemoohan yang di tujukan, hingga sekarang merk Yongki Komaladi berhasil dikenal luas dan mendapatkan tempat tersendiri di masyarakat, sekaligus mematahkan pandangan negatif tentang penamaan merknya.

Advertisement

Membuat Produk Berkualitas

Dalam perjalanan usahanya yongki mengaku tidak asal-asalan merancang dan memproduksi sepatunya, sebelum meluncurkan sebuah model baru, ia harus benar-benar melakukan riset yang mendalam mengenai pangsa pasar yang akan di tujunya. Memang dalam bisnis fashon seorang pelaku bisnis harus peka terhadap perkembangan jaman, jika ingin produknya mendapatkan hati di masyarakat, cara itu bisa di tempuh dengan selalu up to date melihat perkembangan fashion terkini. Seperti yang selalu di terapkan Yongki dalam merancang produknya, karena konsisten menerapkannya, setiap model baru yang diluncurkan sepertinya selalu sesuai dengan slera kebanyakan konsumen, oleh sebab itu Yongki Komaladi menjadi salah satu brand yang keberadaanya cukup di perhitungkan.

Pelajaran Yang Bisa Di Petik

Dari ulasan bisnis di atas, maka kita bisa menyimpulkan bahwa membangun sebuah brand memerlukan kerja yang cukup keras. Awal pengenalan ke pasar seringkali pelakunya tidak memiliki kepercayaan diri bahwa merknya bisa berpotensi, maka dari itu kebanyakan dari mereka menghentikan langkahnya sebelum meraih kesuksesan. Padahal mengenalkan sebuah brand kepada masyarakat memang membutuhkan waktu yang cukup lama, dan secara terus menerus kita harus mengikutinya dengan selalu menghasilkan produk yang berkualitas, jika tidak maka merk yang kita promosikan selalu pun tidak akan mendapatkan hati di masyarakat. Baca juga artikel Peluang Usaha Bisnis Fashion Wanita Tidak Pernah Surut