Yang Harus Diperhatikan Dalam Berbisnis Rumahan

Seperti jenis bisnis lainnya, sebuah bisnis rumahan sebetulnya memiliki cara yang sama agar bisa sukses dijalankan. Karena pada dasarnya memiliki tujuan yang serupa yaitu menghasilkan keuntungan, yang membedakannya hanyalah lokasi dimana bisnis tersebut di jalankan.

Sesuai namanya bisnis rumahan adalah sebuah bisnis yang di kerjakan di rumah, memang banyak orang yang menilai bahwa menjalankan kegiatan usaha seperti ini sepertinya menyenangkan, karena tidak repot harus keluar rumah. Pernyataan demikian tidak selalu bisa di anggap benar, itu hanyalah salah satu keuntungan yang didapatkan dari menjalankan bisnis dengan sistem ini, dan tentunya masih banyak lagi keuntungan-keuntunga lainnya.

Namun perhatikan juga, segala sesuatu yang memiliki keuntungan pastinya juga terdapat beberapa kerugian. Hal ini lah yang akan kita bahas pada artikel kali ini, untuk bisa sukses menjalankan bisnis rumahan sebaiknya atasi beberapa kerugiannya yang berikut ini :

perhatian dalam bisnis rumahan

Mengatur Pembagian Waktu

Dalam menjalankan bisnis rumahan tidak ada pembagian waktu yang jelas antara pekerjaan bisnis dan tugas sehari-hari di rumah. Misalnya saja seorang ibu rumah tangga yang sebetulnya tugas utamanya adalah mengerjakan berbagai kegiatan di rumah seperti memasak, mengurus suami dan anak, dan sebagainya. Bagaimana caranya agar seluruh tugasnya selesai beserta bisnis rumahannya bisa berjalan.

Yang harus dilakukan adalah dengan membagi waktu sesuai dengan porsinya dan disiplin menjalankannya. Dalam hal ini membuat pembagian waktunya mungkin bisa mudah untuk di kerjakan, hanya yang sulit adalah membuat diri kita disiplin untuk menjalankannya. Maka kunci utamanya untuk menyelesaikan masalah ini adalah disiplin membagi waktu dengan tepat.

Advertisement

Jaga Semangat Bekerja

Suasana rumah yang identik dengan “tempat istirahat” sering kali membuat pelaku bisnis rumahan terganggu semangat bekerjanya oleh rasa malas. Bagaimana tidak, fasilitas di rumah tentunya sangat menunjang untuk bermalas-malasan, misalnya tersedia kasur yang empuk, televisi, sofa dan lain sebagainya sangat mengundang kita untuk beristirahat sejenak hingga ahirnya kebablasan. Dengan begitu tuntutan berbisnis yang seharusnya semangat bekerja pun menjadi buyar.

Maka dengan begitu, gangguan menjalankan bisnis di rumah ini lebih banyak di bandingkan dengan kita menjalankan bisnis di tempat seharusnya. Untuk itu kita harus memaksakan diri untuk bisa selalu menjaga semangat dan fokus untuk bekerja.

Baca juga 5 alasan pebisnis harus rajin bangun pagi

Tetap Kreatif Berinovasi

Karena sebagaian besar waktunya banyak di habiskan di rumah, sebab bisnisnya yang dikerjakan secara rumahan, bisa membuat kita kekurangan mendapatkan inspirasi untuk selalu kreatif dalam membangun bisnis. Padahal kreatifitas disini sangat di perlukan untuk menjaga kelangsungan bisnis yang sedang dijalankan. Tanpa adanya inovasi baru dalam sebuah bisnis, lama kelamaan kita bisa tersingkir dari ketatnya persaingan seperti sekarang ini.

Maka sebaiknya tetap cari inspirasi baru yang bisa di terapkan, bisa kita lakukan melalui berbagai media yang ada seperti internet, media massa, ataupun televisi. Lalu tetap jaga juga komunikasi dengan pebisnis lain, seperti rekan kerja, teman dan sebagainya, dengan begitu kita akan tetap mendapatkan informasi baru yang berpotensi melahirkan ide kreatif untuk berinovasi.

Baca juga usaha rumahan yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga