Waspada Waktu Rawan Di 3 Tahun Awal Berbisnis

Sebuah bisnis yang baru saja di rintis pastinya akan belum memiliki pondasi yang kuat untuk bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan. Dimasa 3 tahun pertama membangun usaha, merupakan waktu yang paling rawan, banyak diantaranya pelaku usaha yang gagal melewati rentang waktu tersebut karena berbagai hal.

Mungkin di antara para pembaca semua pernah menyaksikan, sebuah toko kecil-kecilan yang baru saja membuka usahanya, namun dalam beberapa bulan toko tersebut sudah kembali tidak terlihat kegiatan jualannya. Itu terjadi di berbagai bidang bisnis di setiap daerah, oleh sebab pelaku usahanya yang gagal mempertahankan bisnisnya.

Banyak diantaranya faktor yang menjadikan sebuah bisnis gagal melewati 3 tahun pertamanya, bisa karena faktor dari dalam bisnisnya seperti kurang sabar, tidak optimis, tertarik kepada bidang lain dan lain sebagainya. Atau pun karena sebab dari luar bisnisnya, seperti kalah dalam persaingan, pasaran sepi dan banyak lagi penyebab lainnya.

Sedangkan sangat jarang sekali terjadi pada sebuah usaha yang baru saja berjalan di bawah 3 tahun ini bisa mencapai kesuksesan, meskipun terkadang bisa menghasilkan keuntungan, namun seringkali hasilnya belum bisa stabil di dapatkan.

masa rawan berbisnis

Bagaimana cara untuk mengatasi hal ini agar tidak terjadi kepada bisnis yang sedang kita jalankan, berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu melewati masa rawan di awal usaha :

Pilih Bisnis Yang Benar-Benar Sesuai

Sebelum memutuskan untuk menjatuhkan pilihan kepada salah satu bidang usaha, sebaiknya kita harus benar-benar mencintai bidang tersebut dan harus sesuai dengan karakter kita sebagai pelaku usahanya. Akan sangat baik jika bidang usaha yang di pilih merupakan sebuah hobi atau kegemaran yang sudah lama di jalani, karena hal tersebut bisa membantu kita lebih menyukai pekerjaan yang akan di jalani.

Advertisement

Dengan begitu maka para pengusaha pemula tidak akan merasa terbebani dalam menjalankan kegiatan bisnisnya setiap hari, jikalau ada permasalahan yang menimpa bisnisnya pun akan senantiasa dicari jalan keluarnya dengan tepat, semangat ini yang harus selalu terjaga setiap saat agar bisnisnya bisa terus bertahan.

Menjaga Keuangan Untuk Masa Sulit

Sering kali seorang pebisnis pemula kelewat senang saat mendapatkan keuntungan yang besar di awal usahanya, sehingga tidak terasa hal tersebut membuatnya menghambur-hamburkan hasil yang didapat seolah kedepan usahanya bisa terus menghasilkan keuntungan. Hal tersebut bisa membuat pengusaha lengah, sehingga mengabaikan berbagai strategi yang sudah direncanakannya.

Padahal dalam sebuah bisnis tidak ada ceritanya bisa menghasilkan keuntungan terus menerus tanpa ada rintangan, akan ada masanya dimana bisnisnya bisa mengalami keterpurukan. Untuk masa itulah seharusnya keuangan perusahaan di persiapkan, sisihkan keuntungan untuk menghadapi masa-masa sulit itu di alami nanti.

Baca juga tips cara membangkitkan bisnis dari keterpurukan

Selalu Berinovasi

Selalu berinovasi dalam bisnis yang di jalani, misalnya terhadap produk, harga, pelayanan, promosi, dan lain sebagainya. Sebuah bisnis yang dijalankan tanpa ada inovasi baru, seperti orang yang sedang berjalan di tempat, membuatnya tidak pernah bisa mencapai tujuan. Lama kelamaan bisnisnya akan tergerus dalam ketatnya persaingan dalam dunia usaha. Maka selalu cari inovasi baru yang bermanfaat yang bisa di terapkan kepada bisnis yang di jalankan, agar produk bisa selalu di serap pasar dengan maksimal.

Baca juga kenali penyebab kegagalan bisnis anda