Waspada Pinjaman Online Tak Resmi, Ini Bahayanya

Dibalik kemudahan yang ditawarkan oleh pinjaman online ternyata menyisakan resiko merugikan yang harus ditanggung para penggunanya, bahkan lebih jauh dapat membuat kondisi keuangan justru berada dalam bahaya yang harus di waspadai.

Namun tidak semua pada jenis pinjaman dana secara online, melainkan yang perlu kita perhatikan kepada perusahaan mana kita meminjam, apakah perusahaan tersebut telah terdaftar secara resmi atau tidak di otoritas keuangan pemerintahan dalam hal ini OJK.

Jika perusahaan pemberi pinjaman tersebut berstatus tidak resmi atau ilegal, siap-siap saja bukannya kondisi keuangan dapat membaik justru sebaliknya kemungkinan besar keuangan kita akan lebih dirugikan.

Bahaya apa saja yang dapat mengintai jika kita meminjam dana secara online kepada perusahaan tidak resmi, berikut beberapa diantaranya.

Sebelum memilih untuk mengajukan pinjaman online timbang dahulu untung ruginya, ulasannya pada artikel Pinjaman Uang Online Tanpa Jaminan, Perhatikan Untung Ruginya

Waspada Pinjaman Online Tak Resmi

Menerima Beban Bunga Yang Besar

Meski pada umumnya biaya bunga untuk pinjaman online memang lebih tinggi dari pada pinjaman konvensional, namun pada perusahaan tidak resmi nilainya bisa sangat jauh berlipat.

Belum lagi kita juga akan diharuskan untuk membayar denda yang juga nilainya sangat tinggi jikalau mengalami keterlambatan pembayaran cicilan.

Tak jarang karena konsisi seperti ini peminjam dana secara online mengalami kesulitan untuk melunasi pinjamannya.

Adanya Biaya-biaya Tersembunyi

Dalam aturan seharusnya setiap perusahaan pemberi pinjaman wajib terbuka memberikan informasi yang cukup kepada nasabahnya dalam hal berbagai pungutan biaya, seperti bunga pinjaman, biaya admin, biaya keterlambatan dan sebagainya.

Namun pada perusahaan tidak resmi informasi penting seperti ini seringkali di samarkan sehingga pada ahirnya nasabah akan lebih terbebani untuk melunasi pinjamannya.


Data Pribadi Disalahgunakan

Perlu diketahui saat mengajukan pinjaman online umumnya nasabah diwajibkan menginstal aplikasi perusahaan pada ponselnya, aplikasi tersebut secara otomatis akan meminta akses membaca semua data yang ada pada ponsel.

Artinya semua aktifitas termasuk data kontak yang ada pada ponsel akan di lacak.

Sebenarnya tindakan tersebut bisa di benarkan selama perusahaan dapat menjaga kerahasiaannya.

Namun pada pinjaman online tidak resmi data tersebut justru di salah gunakan untuk mengancam nasabah dalam melakukan penagihan cicilan.

Penagihan Saat Tidak Membayar

Karena umumnya pinjaman secara online tidak melakukan survey rumah tinggal, namun jangan berpikiran tidak akan ada proses penagihan jika pinjaman kita tertunggak.

Seperti pinjaman konvensional, proses penagihan pinjaman akan dilakukan perusahaan secara bertahap hingga peminjam melunasi hutangnya.

Dari mulai sekedar notifikasi pengingat melalui email, sms lalu selanjutnya penagih pun akan menelepon yang bersangkutan secara langsung.

Pada tahap terparah, perusahaan pemberi pun dapat melaporkan peminjam kepada Otoritas Jasa Keuangan sehingga kita tidak akan bisa mengajukan pinjaman kembali kepada perusahaan pinjaman manapun.

Penagihan Dilakukan Kepada Orang Dekat

Tidak hanya kepada diri pribadi peminjam, penagihan bahkan dilakukan kepada orang-orang dekat sekitar nasabah, seperti kepada teman, saudara, hingga atasan.

Karena mereka memiliki data nomor kontak yang ada pada ponsel kita, data tersebut yang mereka salah gunakan. Tak jarang penagihan pun dilakukan dengan cara-cara yang tidak sopan.

Baca Juga Tips Terhindar Lilitan Hutang Pinjaman Online

Demi terhindarnya resiko-resiko di atas, maka sebaiknya kita harus pikirkan dengan matang apakah perlu atau tidak meminjang uang secara online.

Jika tetap akan dilakukan, wajib hukumnya sebelum meminjam kita teliti terlebih dahulu perusahaan pemberi pinjaman. Terutama perihal perizinan yang mereka miliki, apakah perusahaan resmi terdaftar di OJK atau tidak. Beberapa perusahaan pinjaman resmi ada pada artikel berikut Situs Tempat Pinjaman Uang Online Tanpa Jaminan Terpercaya

Selain itu perhatikan juga semua ketentuan yang di terapkan perusahaan, jangan sampai terlanjur meminjam namun ternyata banyak terdapat biaya-biaya yang tidak diketahui.