Waspada, Hal Dibawah Ini Bisa Menghancurkan Usaha Yang Sudah Dibangun Susah Payah

Kebanyakan orang hanya memiliki anggapan bahwa dalam mendirikan usaha tahapan paling sulitnya ada pada saat merintis masa awalnya saja. Anggapan tersebut memang tidaklah salah, namun setelah tahapan tersebut terlewati jangan lupa bahwa kedepan pun tantangan akan tetap ada, salah satunya adalah mempertahankan usaha yang sudah sulit di bangun tersebut agar terus bisa berjalan.

Mempertahankan usaha yang sudah berjalan tentunya bukanlah hal yang mudah untuk di lakukan, karena tidak sedikit para pengusaha bahkan yang sudah lama sukses mengalami hal ini. Maka dari itu kita harus bisa menjaga bisnis yang sudah kita rintis jangan sampai mengalami kehancuran di tengah jalan.

Untuk mewaspadainya, berikut ini ada beberapa hal penting yang harus kita hindari agar hal buruk di atas tidak teralami.

Bertahan Hanya Pada Satu Bidang

Tentu tidak salah jika kita saat ini sangat mencintai bidang usaha yang sedang di jalani. Akan tetapi sebaiknya jangan terpaku pada satu bidang saja yang bisa kita kuasai. Terlebih jika kita masih berada pada usia produktif, perkaya selalu kemampuan, keterampilan dan pengalaman pada bidang lainnya, sehingga kita memiliki kesempatan lebih besar untuk terus berkembang.

Saat terpaku pada salah satu bidang saja, kemampuan kita akan terbatasi. Kita tidak akan pernah mengetahui potensi lain yang dimiliki.

Selain itu, perkembangan dalam dunia usaha kedepan juga tidak akan berhenti. Akan semakin banyak persaingan, pebisnis baru, dan juga perubahan situasi yang bisa luput dari prediksi. Belum tentu bidang usaha yang kita jalankan saat ini akan bisa terus memberikan keuntungan pada beberapa tahun kedepan, maka dengan sedari dini kita mengembangkan kemampuan pada bidang lain, akan bisa menjadi penolong saat mengalami masa sulit nanti.

Advertisement

Tidak Memiliki Strategi Jangka Panjang

Ada sebagian pelaku usaha yang tipenya hanya menjalani saja apa yang sudah terbiasa dia jalankan setiap hari. Perlu di ketahui, cara tersebut hanya akan bisa mempertahankan usaha dalam jangka pendek. Untuk bisa mempertahankan usaha dalam jangka panjang perlu adanya strategi atau perencanaan yang tepat, agar usaha tidak hanya berjalan di tempat.

Sebaiknya, kita harus memiliki gambaran atau prediksi, akan berjalan seperti apa bisnis kita pada beberapa tahun kedepan. Pertimbangkan segala kemungkinan yang akan di hadapi dan mulai persiapkan berbagai langkah dan strategi untuk mengantisipasinya.

Baca juga berikut ini beberapa strategi penting di awal merintis usaha

Tidak Membangun Jaringan Dengan Pengusaha Lain

Membangun suatu hubungan dengan pengusaha lain agar tercipta jaringan yang dapat membatu antara satu dan lainnya adalah merupakan langkah penting yang harus kita jalankan dalam berbisnis. Akan dibutuhkan kedekatan dalam membina jaringan ini agar bisa terus bekerja sama dengan saling menguntungkan juga saling memberikan solusi saat situasi pelik.

Maka dari itu, selalu jaga hubungan baik dengan pengusaha lain. Jangan hanya pandang mereka sebagai kompetitor yang harus di saingi terlebih jika bergelut di dalam bidang usaha yang serupa. Kita perlu cerdas mengambil sisi positif pada situasi seperti ini.

Semoga Bermanfaat…

Baca juga artikel waspada waktu rawan di 3 tahun awal berbisnis