Wajib Baca ! 9 Situs Startup Baru Ini Bisa Kamu Gunakan Berbelanja Online Tanpa Ribet

Dunia digital tak bisa dipungkiri membawa banyak dampak perubahan di segala bidang. Kemudahan yang disuguhkan berpengaruh pada banyak hal, seperti komunikasi dan bisnis. Hal ini tentu saja tidak disia-siakan begitu saja oleh banyak pelaku bisnis. Mereka berlomba memanfaatkan kemajuan media digital untuk memajukan bisnis yang sedang dijalani.

Kemajuan dunia digital juga membawa angin segar bagi perusahaan startup berbasis online untuk berkembang. Dalam lima tahun terakhir, puluhan perusahaan startup berbasis aplikasi tumbuh subur. Beberapa bahkan menjadi aplikasi yang mendunia. Di Indonesia, beberapa aplikasi startup berikut ini pasti sangat familiar di telingamu. Bisa jadi kamu merupakan pengguna tetap beberapa situs ini yang kamu gunakan juga untuk mendukung bisnis juga berbelanja online dengan praktis tanpa ribet.

Bukalapak

Bukalapak merupakan perusahaan yang mengusung sistem bisnis berbasis mal secara online. Bukalapak menyediakan wahana yang sama untuk penjual maupun pembeli. Dengan kata lain, kamu bisa mempunyai peran ganda baik sebagai penjual maupun pembeli.

Selain itu, Bukalapak juga mempunyai sistem keamanan pelayanan yang cukup terpercaya bagi pembeli. Keamanan informasi pembeli sangat dijamin di Bukalapak. Hal menarik lainnya adalah Bukalapak menerapkan aturan feedback atau laporan atas pengiriman barang.

Pembeli harus memberikan ulasan atas pengiriman barang sebagai tanda bukti transaksi. Jika ulasan tersebut terpenuhi, penjual akan mendapatkan juga pembayaran transaksi pembelian. Sistem tersebut dimaksudkan untuk meminimalisir adanya kecurangan dalam jual beli.

Go-Jek

Go-Jek merupakan salah satu layanan penyedia jasa transportasi berbasis online yang berdiri sejak tahun 2010. Awalnya Go-Jek hanya menjangkau area Jakarta saja. Ide ojek online ini tercetus karena melihat rutinitas kemacetan Jakarta.

Ojek merupakan salah satu pilihan efektif untuk menembus kemacetan. Sayangnya, tarif yang tinggi sering kali memberatkan pengguna jasa ojek. Karena itu, Nadiem Makarim (CEO Go-Jek) mencoba mencari solusi agar ojek tetap bisa digunakan namun dengan harga yang lebih terjangkau. Maka tercetuslah ide pembuatan ojek berbasis online bernama Go-Jek ini.

Aplikasi Go-Jek sendiri bisa diunduh secara bebas dan cuma-cuma serta mudah digunakan. Pengemudi Go-Jek sendiri adalah orang-orang yang secara sukarela mendaftarkan diri. Dengan kata lain, siapapun berpeluang menjadi pengemudi asalkan memenuhi persyaratan yang ditetapkan pihak perusahaan Go-Jek.

Keunggulan utama dari Go-Jek dibandingkan dengan ojek konvensional adalah tarif yang pasti dan pemesanan yang cepat serta mudah via aplikasi Go-Jek yang bisa diunduh di Google Play dan App Store. Selain sebagai angkutan penumpang, ada juga beberapa hal lain yang bisa kamu lakukan ketika menggunakan aplikasi Go-Jek, seperti Go-Food atau pembelian makanan dan Go-Send untuk pengiriman barang merupakan dua pilihan terlaris setelah Go-Ride.

Baca juga selamat datang gojek good bye ojek

Traveloka

Traveloka merupakan sebuah aplikasi yang mencakup informasi tentang penerbangan dan penginapan. Hal yang sangat diunggulkan dari Traveloka adalah kemudahan akses dan harga yang lebih terjangkau dibanding harga normal pasar. Traveloka menjadi pilihan menarik bagi pemburu tiket penerbangan yang murah maupun pencarian hotel dengan mudah. Selain kemudahan akses, luasnya jaringan Traveloka menjadi daya tarik tersendiri khususnya bagi para traveller. Sebagai traveller kamu dapat dengan mudah melakukan pemesanan hotel di berbagai negara untuk berlibur.

Trivago

Trivago merupakan sebuah aplikasi menarik yang membandingkan harga hotel di seluruh dunia. Melalui aplikasi ini, kamu bisa dengan mudah mencari tahu hotel tujuanmu serta membandingkan harganya. Trivago merupakan aplikasi yang dapat mendukung pencarian harga hotel dengan lebih efisien.

Aplikasi milik perusahaan asal Jerman ini akan membantumu menyisir seluruh harga yang ditawarkan aplikasi online agar kamu dapat menentukan sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan. Cukup dengan masukkan kriteria seperti harga, lokasi, maupun fasilitas, maka Trivago akan membantu menampilkan semua informasi mengenai hotel yang kamu cari dari berbagai aplikasi beserta detail harganya.

Matahari Mall

Pada awalnya, Matahari Mall merupakan sebuah perusahaan retail yang cukup besar dan tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Namun seiring kemajuan dunia digital, Matahari Mall berinovasi dalam bidang pemasaran secara online. Jika dulu produk-produk Matahari Mall hanya bisa didapatkan jika kita berbelanja di store, saat ini produk-produk tersebut juga bisa dibeli secara online. Hal ini juga merupakan salah satu upaya Matahari Mall agar dapat menjangkau lebih luas lagi berbagai daerah di Indonesia.

HijUp

HijUp merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang fashion. Komoditi utama HijUp adalah fashion yang bernuansa islami. Hal tersebut menjadi salah satu keunggulan di tengah maraknya fashion islami yang berkembang pesat tiga tahun belakangan.

Saat ini, HijUp sudah berhasil membawahi dan menaungi ratusan merek fashion muslim. Jenisnya pun beragam mulai dari hijab, gamis dan masih banyak lagi. Pada tahun-tahun mendatang, HijUp mungkin saja merambah pasar fashion muslim dunia. Hal ini sangat mungkin dilakukan mengingat kecepatan persebaran informasi digital di seluruh dunia.

Bridestory

Bridestory merupakan salah satu konsep startup yang tergolong sangat unik. Jika banyak perusahaan lain menjual barang maupun jasa sederhana, Bridestory menawarkan produk yang lebih kompleks. Komoditi menarik yang ditawarkan Bridestory adalah online wedding marketplace atau penyedia layanan pernikahan secara online. Melalui Bridestory, kamu dan pasanganmu dapat dengan mudah mencari hal-hal yang dibutuhkan untuk merancang sebuah acara pernikahan. Mulai dari undangan, konsep pernikahan, hingga wedding organizer bisa dicari lewat Bridestory.

Fabelio

Fabelio merupakan situs online jual beli properti. Komoditi utama dari situs ini adalah furniture rumah tangga. Melalui Fabelio kamu dapat dengan mudah berbelanja furniture untuk melengkapi isi rumahmu secara online.
Hingga saat ini Fabelio masih terus berkembang.

Hal tersebut tentu saja sejalan dengan makin pesatnya pertumbuhan bisnis furniture dan kebutuhan rumah tangga di Indonesia. Hal ini tentu saja membawa angin segar bagi para pelaku bisnis furniture karena Fabelio memberikan kemudahan akses jual beli dan iklan.

Baca juga 5 situs jual beli online yang terbaik dan terpercaya

Situs startup berjualan maupun iklan secara online ternyata mampu membawa perubahan yang nyata pada budaya belanja yang ada di Indonesia. Kemudahan yang ditawarkan membuat sistem belanja online ini tumbuh kian subur. Sebagian besar masyarakat terutama netizen berangsur meninggalkan cara belanja konvensional dan memilih berbelanja secara online.

Praktis dan mudah merupakan daya tarik yang sulit ditolak banyak user untuk berbelanja. Kelengkapan regulasi dan penjaminan keamanan yang dulunya menjadi momok kini bukan lagi kekhawatiran. Resiko kecewa tetaplah ada, namun semua seakan terlupakan dengan kemudahan yang ada. Dengan segala keunggulan digital, bukan tidak mungkin suatu saat kamu juga bisa memulai bisnis onlinemu sendiri.

Baca juga artikel syarat sukses menjalankan bisnis online