Vending Machine, Mesin Canggih Yang Semakin Populer Di Indonesia

Bagi pembaca yang baru mendengar istilah mesin ini, Vending machine adalah sebuah mesin canggih yang fungsinya sebagai alat penjual produk secara otomatis kepada pembeli tanpa memerlukan karyawan lagi. Umumnya produk yang di tawarkan berupa minuman kaleng, botol plastik, kopi, hingga aneka makanan ringan. Cara kerjanya, pembeli hanya tinggal memasukan sejumlah pembayaran kedalam mesin, bisa berupa uang logam, kertas, ataupun juga coin, dan seketika mesin vending pun akan mengeluarkan produk yang telah di pilih. Operator atau karyawan hanya di butuhkan untuk mengisi produknya jika nanti habis.

Canggih Bukan… ? Jadi mesin vending ini kegunaannya sangat memudahkan baik itu bagi pemiliki mesin (penjual) begitupun bagi para pembeli. Waktu untuk melakukan transaksi menjadi lebih cepat dan juga tidak seperti toko atau warung yang memerlukan space tempat khusus yang cukup besar, Vending Machine ini dapat di tempatkan di lokasi-lokasi yang ramai dengan tidak membutuhkan space yang terlalu luas.

Vending Machine Di Indonesia sebetulnya sudah cukup lama ada, tetapi sekarang ini keberadaanya semakin sering kita temukan, seperti di mal, halteu bus, tempat wisata, pada event pemeran, tempat kebugaran dan masih banyak lagi tempat-tempat lainnya.

Vending Machine

Perkembangan Vending Machine Di Dunia

Di negara-negara maju perkembangan mesin vending telah lebih dahulu pesat di bandingkan dengan negara kita Indonesia. Misalnya di Jepang, machine vending ini sudah terdapat hingga lebih dari angka 5 juta unit yang tersebar di berbagai lokasinya. Dan teknologi pada VM ( Vending Machine ) nya tentu sudah lebih canggih-canggih lagi, berbagai cara pembayarannya pun telah di kembangkan hingga dapat menerima berbagai sistem pembayaran, dari mulai menggunakan uang langsung hingga uang elektronik.

Bentuk produk yang di jualnya pun kini semakin beragam tidak hanya terbatas pada produk minuman dan makanan saja. Di Amerika misalnya sudah terdapat machine vending yang dapat melayani pasien untuk menerima resep obat sekaligus mengeluarkan obat yang di pesan.

Mesin Vending Di Indonesia

Dengan melihat perkembangan VM di dunia yang semakin pesat, mesin vending di Indonesia pun banyak yang memprediksikan akan semakin populer dan semakin di terima masyarakat. Sampai saat ini menurut beberapa sumber jumlah Vending Machine di indonesia masih baru sekitar 4000 unit yang tersebar untuk melayani penduduk yang jumlahnya hingga 250 juta jiwa. Jika di bandingkan dengan di negara maju seperti Singapura, jumlah VM nya sudah mencapai 15 ribu untuk melayani 15 juta jiwa penduduknya, tentu dari data ini perkembangan mesin vending masih sangat terbuka lebar di negara kita.

Sedangkan untuk produsen pembuat vending machine ini sebetulnya di Indonesia pun sudah ada yang bisa memproduksinya, namun kebanyakan yang saat ini beredar adalah produk VM import yang di datangkan secara langsung dari Jepang, Chine, Korea dan Amerika. Jika ada yang berminat memiliki mesin ini cara mendapatkannya bisa dengan membeli unitnya secara langsung ataupun dengan sistim sewa ke perusahaan rental khusus vending machine.

Baca juga artikel :

Dan kedepan pastinya juga akan semakin beragam produk yang dapat di pasarkan melalui mesin vending ini, melihat trend gaya hidup masyarakat kita yang modern dan menginginkan segala kegiatan dapat di kerjakan secara praktis dan cepat maka sepertinya tidak akan lama lagi mesin ini akan cepat menjamur ke berbagai daerah.