Usaha Warung Sarapan Pagi: Peluang Bisnis Menjanjikan Di Perkotaan

Meski kebanyakan penduduk perkotaan sudah tidak lagi dipusingkan dengan peluang usaha (karena peluang usaha ada di mana-mana), tapi sebagian dari mereka (atau bahkan diri kita sendiri) masih terus saja meraba-raba peluang usaha lain dengan harap dan keyakinan bahwa masih ada peluang-peluang lain yang layak dicoba untuk meraih yang namanya kesuksesan.

Sampai disini anda pasti setuju bahwa langkah dalam berusaha tidak boleh stagnan dan ‘menikmati adanya apa’, lebih dari itu untuk mempertahankan kesuksesan kita pasti perlu yang namanya perubahan, terobosan dan pembaruan (inovasi).

Dalam artikel kali ini kita akan berbagi peluang bisnis kuliner menjanjikan khusus untuk dijalankan di wilayah perkotaan. Intinya semakin ramai penduduknya semakin menguntungkan. Idenya cukup sederhana, yaitu usaha warung sarapan pagi.

Sekilas memang tidak menarik, tapi coba baca poin-poin berikut ini!

Warung Sarapan Pagi

Bukan Hanya Soal Kuliner, Ini Adalah Soal Solusi

Anda bisa membayangkan jika posisi anda saat ini adalah pedagang sarapan pagi di daerah yang sangat ramai penduduk. Dan katakanlah anda memiliki menu kuliner yang super istimewa untuk sarapan pagi dan warung anda adalah satu-satunya warung ternikmat di daerah tersebut.

Anda bisa berhitung berapa banyak ibu rumah tangga yang tak sempat memasak di pagi hari karena harus sibuk mengurus anak, mengurus kerjaan, apalagi lagi berhemat waktu untuk buru-buru antisipasi kemacetan?

Itu hanya ibu-ibu! Hitung juga berapa anggota keluarganya.

Di posisi tersebut anda sudah memenuhi salah satu rantai kebutuhan manusia dan warung sarapan pagi adalah solusi bagi semua orang yang tak sempat masak. Di posisi ini kita tidak perlu lagi dipusingkan dengan estimasi keuntungan karena sifatnya sudah otomatis.


Usaha Warung Sarapan Pagi Punya Konsumen Jelas

Jangankan dengan menu super enak, anda yang asal bisa masak saja bisa melakoni usaha ini, tapi ya jangan berharap dapat langganan sebanyak mereka yang benar-benar serius.

Intinya cari konsumen di usaha ini sangat mudah karena yang kita hadapi adalah peliknya kondisi perkotaan yang syarat dengan antrean, kemacetan, dan hiruk-pikuk lainnya.

Bagi anda yang belum jago memasak, pastinya optimis dulu dan belajar secara perlahan tentang selera mayoritas orang. Ibaratnya, rasa nomor dua, nomor satu adalah menyehatkan dan cukup untuk bekal energi di pagi hari.

Saingannya Memang Banyak, Tapi…

…ada banyak spot strategis untuk usaha warung sarapan pagi. Contoh spot yang strategis adalah pintu masuk/keluar perumahan mewah, pasar tradisional, area perbelanjaan, area perkantoran, area kampus atau sekolahan, tempat parkir, hingga pinggir jalan.

Meskipun ada banyak spot yang bisa dipilih, ada dua rumus lagi yang wajib anda perhatikan, yaitu menu sarapan dan budaya masyarakat setempat. Jika anda pandai menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada, pasti laris manis.

Budaya masyarakat setempat akan menentukan jumlah porsi sarapan, menu kuliner, dan teknik penyajian. Soal menu, lidah orang tidak jauh berbeda. Pilih yang simpel dan banyak peminatnya.

Baca Juga Membangun Usaha Warung Makan Sederhana Untung Melimpah

Terakhir, Jangan Lupa Kartu Nama

Loh kok kartu nama segala? Kartu nama could be your biggest incentives ketika warung anda sedang tutup. Dari situ orang bisa lebih mengenal dan bisa berkomunikasi kapan saja ketika mereka membutuhkan.

Perlu di ingat bahwa usaha warung sarapan pagi memiliki jam operasional yang relatif pendek. Tapi jika orang sudah terlanjur jatuh cinta dengan kuliner yang anda sajikan, anda sudah tidak butuh jam operasional lagi, karena setiap jam, menit dan detiknya sudah milik anda.

Jika anda punya jam kosong di pagi hari barang 4 sampai 5 jam, bisa masak enak dan punya passion di bidang kuliner, dan tinggal di perkotaan, rugi rasanya kalau tidak melirik peluang usaha warung sarapan pagi. Salam sukses!