Membangun Usaha Warung Makan Sederhana Untung Melimpah

Nampak seperti biasa saja, usaha warung makan sederhana di pinggir jalan sepertinya tidak dapat memberikan untung yang besar. Padahal dibalik itu semua usaha yang satu ini menyimpan potensi terpendam yang besar untuk dijadikan sumber penghasilan dengan jumlah tidak terbatas.

Tengok saja warung makan yang biasa disebut dengan WARTEG atau singkatan dari Warung Tegal. Usaha tersebut telah menghidupi banyak pelakunya yang berasal dari kota Tegal sejak tahun 60′ an. Hingga kini popularitasnya tidak pernah surut bahkan justru warung tersebut keberadaannya semakin menjamur di sudut-sudut kota.

Hal tersebut cukup membuktikan bahwa usaha kuliner warung makan saja dapat menghasilkan keuntungan dan paling penting keberadaannya pun tetap dibutuhkan pelanggannya selama bertahun-tahun.

Jadi untuk anda yang saat ini sedang memilki rencana untuk membuka warung makan hendaknya tidak perlu ragu, selama kita mau terus berusaha hasilnya dipastikan bisa didapat dengan maksimal.

Sedikit tips dari kami berikut ini semoga saja bisa menjadi bekal dalam membangun usaha warung makan sederhana agar bisa menguntungkan.

Warung Makan Sederhana

Jual Masakan Dengan Harga Murah Meriah

Salah satunya yang menjadi magnet penarik konsumen dari usaha ini ialah harga masakan yang murah meriah sehingga terjangkau oleh segala kalangan. Dari mulai pelajar dan mahasiswa hingga para pekerja kantoran.

Dengan begitu jika konsep usaha yang ada bangun adalah warung makan sederhana, maka mau tidak mau kita harus menjual masakan yang berharga terjangkau. Umumnya kisaran harga untuk satu porsi makanan di warung seperti ini tidak lebih dari 20 ribu rupiah perporsinya.

Jangan pesimis melihat dari kecilnya nilai barang yang kita jual, karena kabar baiknya segmen konsumen menengah kebawah yang menjadi target bisnis ini jumlahnya tidak sedikit. Bahkan jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan masyarakat kelas menengah keatas. Dengan begitu meski keuntungan yang dihasilkan kecil, namun kita dapat meraup omset yang besar.


Sediakan Menu Masakan yang Lezat dan Variatif

Meski masakan yang kita jajakan adalah merupakan masakan murah meriah, bukan berarti kita bisa abaikan cita rasa menjadi alakadarnya. Justru kita harus bisa menciptakan masakan yang murah plus dengan rasa yang lezat dan disuka banyak orang.

Dalam hal ini sedikit banyak akan dipengaruhi oleh bakat sang koki yang meramu masakan. Jika kemampuan kita sendiri tidak dapat menciptakan masakan yang demikian sebaiknya jangan dipaksakan, kita perlu mencari pekerja yang mampu melakukannya.

Selain memiliki kelezatan, menu masakan diwarung pun perlu disediakan bervariatif. bahkan jika bisa setiap hari tawarkan menu masakan yang baru yang belum pernah dijajakan sebelumnya. Pasalnya warung makan seperti ini sering menjadi rujukan banyak konsumennya setiap hari, oleh karena itu mereka lama kelamaan akan bosan jika kita tawarkan menu yang itu-itu saja.

Baca juga Peluang Usaha Masakan Rumahan Yang Menguntungkan

Bangun Usaha di Lokasi yang Strategis

Lokasi strategis untuk warung makan sederhana diantaranya seperti di daerah yang padat dengan perkantoran, kawasan universitas dan sejenisnya. Selain itu kitapun harus memastikan lokasi tempat makan mudah dijangkau oleh para konsumen, hindari membuka usaha warung didalam gang yang sulit ditemukan pelanggan.

Untuk usaha yang baru saja dibuka upayakan untuk melakukan promosi ke wilayah sekitar agar warung cepat dikenal. Beberapa caranya seperti dengan membagi-bagikan brosur atau sambil menunggu pelanggan bisa kita tawarkan masakan dengan sistim katering kepada para penghuni gedung perkantoran.

Jalankan Usaha Dengan Konsisten

Untuk warung makan yang baru saja dibuka kemungkinan besar dalam beberapa waktu kita harus siap mengalami sepi pelanggan. Hal tersebut sangatlah wajar mengingat belum banyak masyarakat yang tahu keberadaan warung kita. Keadaan seperti ini sering menjadi penyebab utama para pelaku usaha menjadi menyerah dan putus asa lalu berahir dengan menutup warungnya.

Baca Juga Tips Cara Memulai Usaha Kuliner Untuk Pemula

Kita perlu mental yang kuat serta konsisten menjalankan usaha dengan semangat untuk menghadapi keadaan tersebut. Perlu disadari membangun sebuah bisnis tidak dapat dilakukan dengan instan, perlu adanya kerja yang berkelanjutan tanpa mengenal kata menyerah.

Itulah beberapa tips membangun usaha warung makan sederhana yang bisa kami sampaikan. Semoga Bermanfaat…