Sukses Menjalankan Usaha Toko Buku Dan Alat Tulis Kantor (ATK)

Usaha toko buku dan ATK ( Alat Tulis Kantor ) bisa memberikan peluang untuk menghasilkan keuntungan yang cukup besar saat ini. Usaha ini asalkan di jalankan di lokasi yang sesuai dan strategis akan mampu mendatangkan konsumen yang melimpah sehingga tentunya rupiah pun bisa di dapatkan dengan cukup besar.

Tempat lokasi dimana kita mendirikan toko ini memang menjadi kunci utama suksesnya usaha ini, sebabnya konsumen pontensial toko buku dan atk ini spesifik terget pembelinya. Diantaranya seperti para pelajar, mulai dari kelas dasar hingga mahasiswa, dan juga karyawan di area perkantoran.

Maka sebelum memulainya, pastikan terlebih dahulu potensi lokasi dapat terjangkau target konsumen-konsumen seperti di atas.

Memulai Usaha Toko Buku Dan ATK

sukses Usaha Toko Buku Dan Alat Tulis Kantor

Selanjutnya jika di rasa lokasi akan memupuni untuk menjalankan usaha ini, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan isi atau stok barang yang akan di jajakan. Dalam hal ini pun kita harus sesuaikan dengan target konsumennya kembali. Misalnya jika targetnya adalah para pelajar kelas dasar dan menengah, maka barang dagangan pun harus di sesuaikan, seperti buku tulis, alat tulis, hingga aneka buku pelajaran yang sesuai untuk mereka.

Advertisement

Jika toko buku anda berada di kawasan pelajar kelas mahasiswa atau di area perkantoran, selain produk-produk di atas kita juga bisa menyediakan lebih lengkap untuk alat tulis dan perlengkapan kantor lainnya. Intinya ketahui produk apa-apa saja yang bisa di perlukan para target utama dari konsumen yang berada di wilayah kita berjualan.

Agar bisa lebih menarik pelanggan juga lengkapi toko anda dengan jasa fotocopy untuk aneka dokumen dan lainnya. Meski margin dari jasa fotocopy ini terbilang minim namun cukup banyak di butuhkan, sehingga bisa menjadi pemancing agar konsumen mendatangi toko kita dan berbelanja barang yang lainnya.

Baca juga tips memilih mesin fotocopy untuk usaha

Persaingan Antar Usaha Toko Buku Dan ATK

Salah satu yang menjadi kendala yang mungkin akan kita hadapi saat menjalani usaha ini diantaranya adalah persaingan akan terjadi cukup ketat antara usaha sejenis. Selanjutnya maka kita harus mempersiapkan strategi berbisnis yang baik agar dapat bersaing dengan yang lain. Namun bersaing disini bukan berarti kita harus saling menjatuhkan, karena jika begitu dapat di pastikan nantinya akan mengalami kerugian semuanya. Alangkah lebih baik jika kita sikapi dengan saling melengkapi agar sama-sama menghasilkan keuntungan.

Melengkapi produk dagangan bisa menjadi salah satu solusi agar usaha toko buku dan alat tulis kantor kita tetap eksis di pasaran. Jenis-jenis produk yang bisa di jual di toko ini sangat beragam jumlahnya juga berbeda-beda segmen kalangan pembelinya, misalnya produk berkualitas dengan harga yang mahal dan produk terjangkau dengan kualitas seadanya. Kita bisa memilih menjadi spesialis salah satunya atau pun menjajakan pilihan seluruhnya.

Dan jangan lupakan juga pelayanan terhadap konsumen yang datang, ramah tamah serta murah senyum bisa berpengaruh besar terhadap kepuasan pelanggan. Di tambah lagi dengan kecepatan kita meladeni pembeli dengan tidak membuatnya lama menunggu akan bisa membuat mereka puas dan ahirnya berbelanja kembali saat membutuhkan produk alat tulis lain kali.

Baca juga artikel membangun usaha yang menarik perhatian pelanggan