10 Usaha Ternak dan Budidaya di Lahan Sempit

Tidak seperti penduduk yang tinggal di pedesaan, sebagian besar penduduk kota besar tidak memiliki area lahan yang luas sebagai tempat menjalankan usaha ternak atau pun berbudidaya.

Bagaimana jika memiliki minat yang kuat dalam bidang usaha tersebut namun tidak memiliki tempat yang luas untuk menjalankannya ?

Tak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa usaha ternak dan budidaya yang bisa dijalankan di lahan sempit.

Usaha Ternak di Lahan Sempit

Ternak Jangkrik

Jangkrik paling populer dibutuhkan sebagai pakan utama dari burung kicauan dan juga beberapa jenis reptil.

Sebenarnya hewan kecil yang satu ini cukup mudah ditemui di sekitar pekarangan, namun karena kebutuhannya yang banyak tentunya akan merepotkan jika harus mencari sendirian.

Untuk berternak jangkrik tidak membutuhkan area lahan yang luas, cukup menyediakan box kayu berukuran sekitar 1 meter, lebar setengah meter, dan tinggi 40 cm sudah dapat menampung ratusan ekor jangkrik.

Untuk mengawinkan jangkrik gunakan box terpisah yang di isi dengan indukan jangkrik betina dan jantan. Lebih lengkap mengenai ternak jangkrik dapat membaca artikel berikut Analisa Usaha Ternak Jangkrik Dan Sasaran Pemasarannya

Budidaya Kroto dalam Toples

Tidak hanya jangkrik yang dibutuhkan sebagai pakan untuk burung peliharaan, kroto juga tidak kalah dicari karena dipercaya dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan burung-burung pemakan serangga.

Selain untuk burung, kroto juga banyak dijadikan pakan untuk ikan dan beberapa orang yang hobi memancing seringkali kroto digunakan sebagai umpan.

Karena cukup sulit untuk didapat, tak heran harga kroto pun terbilang tinggi yakni mencapai 200 hingga 300 ribu rupiah perkilogramnya.

Serupa dengan jangkrik untuk membudidayakan kroto bisa dilakukan untuk anda yang hanya memiliki lahan sempit di rumah.

Tempat budidaya kroto cukup menggunakan toples plastik atau paralon berdiameter 12cm dengan panjang 50cm, lalu disusun dengan menggunakan rak.

Tertarik menjalankan budidaya kroto, informasi lengkapnya ada pada artikel Analisa Usaha Budidaya Kroto Rumahan

Ternak Burung Kicauan

Hobi memelihara burung kicauan ? ada baiknya jika hobi tersebut diarahkan untuk menjadi bisnis yang menguntungkan.

Terlebih untuk memulainya pun dapat dilakukan dirumah dengan lahan yang tidak terlalu luas.

Beberapa jenis burung yang sedang digandrungi saat ini seperti burung kenari, love bird, murai batu dan lain sebagainya.

Untuk burung berjenis kecil seperti kenari dan love bird, cukup diternakan pada sebuah kandang berukuran kotak kecil dan dapat di susun bertingkat-tingkat.

Informasi mengenai ternak burung kenari dan love bird sudah kami bahas pada artikel Merintis Usaha ternak kenari dan Usaha Ternak LoveBird

Budidaya Semut Jepang

Mungkin baru segelintir orang yang mengetahuinya bahwa semut jepang cukup dibutuhkan sebagai pengobatan berbagai penyakit seperti diabetes, asam urat, jantung dan sebagainya.

Untuk membudidayakannya cukup mudah, media yang biasa digunakan berupa toples plastik yang dialasi dengan kapas, untuk pakannya cukup diberi ragi yang biasa digunakan untuk tape.

Selain lahan yang dibutuhkan tidak perlu besar, budidaya semut jepang juga tidak membutuhkan modal yang besar. Langkah-langkah untuk membudidayakannya dapat dibaca pada artikel Panduan Budidaya Semut Jepang Agar Sukses dan Menguntungkan

Budidaya Jamur Merang

Jamur menjadi salah satu jenis makanan yang sudah dikenal masyarakat luas, sehingga kebutuhannya pun sudah pasti sangat diperlukan di berbagai tempat.


Hanya saja untuk membudidayakan jamur merang dibutuhkan tempat yang agak luas yakni ruangan berukuran sekitar 6 x 4 meter dengan tinggi minimal 3 meter.

Ruangan yang disebut dengan kumbung tersebut dapat dibuat dari bahan bambu, didalamnya dibuat rak untuk menumpuk jerami yang akan digunakan sebagai media untuk tumbuh jamur.

Bahasan lebih mendetail seputar budidaya jamur merang dapat baca artikel berikut Budidaya Jamur Merang Berprospek Menggiurkan

Ternak Ikan Cupang

Karena keindahan tubuhnya, ikan cupang hingga saat ini masih populer dipelihara sebagai ikan hias oleh banyak penghobi.

Beberapa jenis ikan cupang dengan karateristik warna yang unik bahkan dapat dihargai dengan harga yang cukup fantastis.

Berternak ikan cupang cukup menggunakan aquarium kotak berukuran 20 cm persegi yang diberi beberapa tumbuhan sebagai tempat berlindung anakkan cupang.

Terpenting dalam berternak cupang salah satunya adalah dalam memilih indukan, tentunya indukan yang berkualitas akan menghasilkan anakan yang memiliki nilai jual tinggi.

Ulasan mengenai ternak cupang sudah kami bahas pada artikel Budidaya Ikan Cupang, Apakah Menguntungkan ?

Budidaya Sayuran Hidroponik

Membudidayakan tanaman sayuran saat ini tidak harus selalu dilakukan di area lahan tanah yang luas, di lahan yang sempit kita juga dapat melakukannya dengan sistim hidroponik.

Hidroponik sendiri berarti membudidayakan tanaman dengan media air yang diberi nutrisi sehingga tanaman dapat tumbuh seperti biasa.

Sayuran yang dapat tumbuh dengan sistem ini diantaranya seperti sawi, kangkung, cabe, tomat dan lain sebagainya.

Sayuran akan ditanam pada paralon bersusun yang dialiri air, kemudian air harus diberikan berbagai nutrisi dan pupuk kimia yang dapat membuat sayuran tumbuh sehat.

Bahasan lebih lengkap mengenai hidroponik ada pada artikel Bisnis Pertanian dengan Teknik Hidroponik yang Cerdas

Budidaya Belut dalam Drum

Membudidayakan belut tidak selalu harus dilakukan pada kolam yang luas, dengan menggunakan drum bekas pun sudah bisa dilakukan sehingga dapat dijalankan di lahan sempit.

Media yang benamkan didalam drum diantaranya berupa lumpur, jerami, kompos kemudian disirami air.

Media-media tersebut nantinya akan menjadi sumber makanan tambahan bagi belut yang dibudidayakan didalamnya.

Untuk satu buah drum berukuran standart dapat di isi hingga 300 ekor belut dan dapat dipanen dalam waktu sekitar 4 bulanan.

Tertarik ingin menjalankan budidaya belut dalam drum, bisa baca artikel Budidaya Belut Dengan Praktis Dan Mudah

Ternak Lobster Air Tawar

Tidak seperti lobster air laut, lobster air tawar dapat diternakan dengan mudah dan praktis menggunakan media aquarium.

Besar aquarium yang dibutuhkan berukuran sekitar 100 cm x 50 cm dan tinggi 30 cm, sertakan juga peralatan untuk sirkulasi dan filter air.

Dalam aquarium berukuran tersebut dapat ditempati dengan 3 indukan lobster, terdiri dari 1 lobster jantan dan 2 betina.

Dengan perawatan yang baik serta pemberian pakan yang berkualitas, dalam beberapa minggu lobster betina dapat menghasilkan ratusan telur.

Beberapa tips yang bisa dilakukan dalam berternak lobster air tawar kami tulis pada artikel Tips Mudah Usaha Ternak Lobster Air Tawar

Ternak Kucing Ras

Kucing sudah lama dikenal sebagai hewan peliharaan yang memiliki nilai cukup mahal, beberapa jenis kucing ras kelas perlombaan bahkan bisa berharga puluhan juta rupiah.

Keuntungan yang bisa diraih para peternak kucing atau disebut breeder juga tidak sedikit, terlebih yang sudah bersertifikasi otomatis akan menjadi rujukan para penghobi untuk membeli hewan lucu ini.

Berternak kucing dapat dilakukan dirumah dengan menyediakan kamar khusus untuk tempat memelihara.

Sesuai dengan kualitas indukan, anakan kucing ras pun akan dihargai sangat tinggi jika kedua indukannya berasal dari garis keturunan kucing berkelas.

Salah satu jenis kucing ras yang pernah dibahas diantaranya Kucing Maine Coon, Peliharaan Bernilai Fantastis

Bagaimana adakah salah satu jenis usaha ternak di lahan sempit yang sudah kami sampaikan tertarik untuk anda jalankan ?

Semoga Terinspirasi…