Memulai Usaha Ternak Bebek Petelur

Telur bebek banyak dipercaya memiliki kelebihan dibandingkan dengan telur ayam yang lebih populer menjadi santapan masyarakat. Maka tidak heran harga jualnya pun dipatok lebih tinggi di pasaran.

Dari beberapa kelebihan pada sisi kesehatan, menurut kabar telur bebek mengandung nutrisi dua kali lebih banyak dibandingkan dengan telur ayam, begitupula kandungan vitaminnya. Selain itu, kendungan omega 3 yang penting untuk kesehatan otak juga tercatat lebih banyak dimiliki telur bebek.

Meski pelaku usaha ternak bebek petelur belum sebanyak peternak ayam, namun peluang dari usaha ini terbilang cukup menjanjikan. Pasalnya permintaan pasar juga seiring waktu terus kian mengikat. Bahkan di beberapa tempat, justru ketersediannya tidak menutupi permintaan.

Selain itu yang membuatnya lebih dibutuhkan, telur bebek juga memiliki varian olahan lain yakni diproses menjadi telur asin yang mana kuliner yang satu ini menjadi salah satu yang banyak disukai masyarakat sejak lama.

Beberapa poin penting mengenai usaha ternak bebek petelur agar menghasilkan telur yang maksimal, diataranya adalah sebagai berikut.

Ternak Bebek Petelur

Persiapan Kandang Ternak Bebek Petelur

Tahap awal sebelum mempersiapkan kandang ternak yang harus dilakukan ialah, menentukan lokasi tempat dimana kendang akan didirikan. Ini menjadi penting sebabnya dalam usaha ternak ini luas lokasi perlu diperhatikan. Sebagai gambaran, luas kandang yang diperlukan untuk memelihara bebek sekitar 500 ekor dibutuhkan lahan seluas 150 m2 agar bebek-bebek didalamnya bisa leluasa bergerak.

Selain itu, kandang juga perlu dipastikan memiliki atap untuk melindungi dari terpaan air hujan terutama pada bagian tempat dimana bebek beristirahat. Namun begitu, sirkulasi udara juga perlu diperhatikan, maka sisi kandang sebaiknya biarkan terbuka hanya gunakan sekat dari bahan bambu dengan tinggi secukupnya.

Pada bagian lantai kandang juga perlu diperhatikan. Pasalnya telur bebek nantinya akan tergeletak disana, sehingga perlu dibuat lantai yang lunak untuk menghindari telur banyak yang pecah. Yang biasa dipilih para peternak bebek petelur biasanya alas lantai dari bahan jerami, serbuk gergaji ataupun rumput-rumput kering. Agar tidak membutuhkan terlalu sering pembersihan, lantai juga perlu di taburi kapur agar tidak menjadi sarang penyakit.

Advertisement

Karena bebek merupakan hewan yang juga gemar bermain air atau mandi, di sudut kandang perlu dipersiapkan kolam dengan lebar dan kedalaman secukupnya. Selain membersihkan badannya, kolam ini pun akan menjadi tempat persediaan air untuk minum.

Persiapan Bebek Petelur

Umur bebek yang ideal untuk dipelihara sebagai petelur adalah yang berumur kurang lebih 6 bulan. Di umur demikian, hanya dibutuhkan waktu yang tidak lama lagi agar mulai bertelur, setelah pemindahan kandang biasanya tidak lebih dari 30 hari sudah mulai produksi.

Ciri-ciri bebek petelur yang memiliki kualitas unggul, diantaranya berbentuk badan ramping, berparuh pipih dan berbulu mulus. Saat menunggu masa produksi pertamanya, perlu perhatian agak ekstra, terutama dalam hal pemberian pakan. Sebisa mungkin berikan pakan berkualitas khusus untuk bebek petelur yang tinggi protein.

Pola Pemberian Pakan

pemberian pakan perlu dipersiapkan dengan sistim terjadwal dan konsisten, perlu dihindari pemberian pakan dengan waktu yang tidak beraturan, apalagi terlewat dari jadwal, hal tersebut bisa membuat bebek-bebek stres sehingga sulit bertelur maksimal.

Diamasa awal petumbuhan bebek petelur membutuhkan pakan dengan kandungan proteni dan karbohidrat yang tinggi. Misalnya jagung, dedak, serta pakan dalam kondisi segar seperti ikan, kulit udang, bekicot dan sebagainya.

Untuk pakan konsentrat khusus bebek petelur harus diberikan dalam kondisi sedikit basah, karena bebek akan kurang menyukai jenis pakanan yang kering.

Panen Telur Bebek

Panen telur biasanya dilakukan di pagi hari dengan cara memunguti telur yang berserakan di lantai kandang. Untuk mempermudah, lakukan berbarengan dengan pemberian pakan di pagi hari sehingga sebagaian besar bebek-bebek akan sibuk menyantap makanannya.

Sebaiknya telur hasil panen, mulai dipasarkan segera sebelum lima hari untuk menghindari telur menurun kualitasnya. Masa produksi satu ekor bebek biasanya dapat berproduksi hingga 250-300 butir telur dalam jangka waktu satu tahun. Tergantung dari kualitas perawatan serta kualitas dari pakan yang diberikan.

Baca juga artikel :

Ulasan mengenai usaha ternak bebek petelur diatas, meski singkat semoga saja setidaknya bisa memberikan gambaran yang bermanfaat untuk anda yang sedang akan memulainya.