Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil

Kuliah disambi dengan usaha, Kenapa tidak ? Bahkan hal ini menjadi aktivitas yang lumrah bagi mahasiswa di mancanegara. Mahasiswa di negara-negara ini biasanya mengambil kerja sampingan saat musim liburan untuk sekedar menambah uang saku dan juga keperluan lainnya. Berbeda halnya dengan mahasiswa di negara kita yang kebanyakan masih mengharapkan dana kuliah yang disediakan oleh orang tua.

Mahasiswa asing biasanya diajarkan untuk hidup mandiri dan mampu membiayai kehidupannya sendiri. Termasuk dalam membiayai kuliah dengan usaha sampingannya. Ajaran ini yang semakin meningkatkan kemandirian mahasiswa serta mengurangi ketergantungan untuk bekerja pada sebuah perusahaan.

Begitu banyak kerja sampingan yang bisa dilakukan untuk anda yang berprofesi sebagai mahasiswa. Berikut ini beberapa pilihan usaha sampingan mahasiwa dengan modal kecil yang bisa menginspirasi.

Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa

1. Bisnis Online Shop

Seiring dengan perkembangan di dunia teknologi dan informasi, sekarang ini semua orang telah terhubung melalui internet. Berbagai informasi dapat disampaikan dengan mudah dengan menggunakan internet. Peluang ini yang dapat menjadi ladang untuk mencari tambahan bagi mahasiswa.

Bisnis online tidak memerlukan modal yang banyak. Anda dapat menjadi reseller dari sebuah toko yang membantu toko untuk memasarkan produk mereka melalui website. Harga yang diberikan untuk reseller biasanya lebih murah dari harga pasaran. Dari sinilah anda bisa mendapatkan keuntungan. Dari sebuah penjualan anda bisa meraup keuntungan 10% sampai 20%.

Usaha sampingan ini sangat menjanjikan karena tidak memerlukan modal yang besar. Cukup dengan modal internet, laptop, dan juga telepon seluler, anda dapat memasarkan produk melalu internet.

2. Usaha Makanan Dan Minuman

Jika ingin berbisnis sendiri dan mengasah kemampuan berbisnis anda semenjak jenjang kuliah, salah satu pilihan yang baik adalah usaha makanan dan minuman. Anda dapat membuka stand jus buah atau menjual makanan. Jika ingin membuka jus buah, modal yang anda perlukan tidaklah besar. Cukup dengan membeli satu blender dan juga buah-buahan. Anda dapat bekerja sama dengan koperasi dan juga kantin di tempat kuliah. Anda dapat meminta tempat yang tidak terlalu besar untuk membuka stand jus buah misalnya.

Sekarang ini banyak para anak-anak muda baik dari kalangan mahasiswa atau lainnya yang membuka usaha kuliner dengan konsep yang unik dan menarik, seperti warung steak, cafe, dan lain-lain, mereka memadukan tempat makan dengan tempat yang nyaman untuk berkumpul. yang menjadi target konsumen mereka biasanya juga dari kalangan anak muda. Dengan berbekal kreatifitas yang di miliki para mahasiswa ini, banyak yang berhasil menjadikan usaha sampingannya sukses.

Jika menginginkan usaha yang praktis di jalankan dan pengurusan usaha yang mudah, anda bisa mempertimbangkan menjalankan usaha makanan atau minuman dengan sistim waralaba. Karena dengan sistim waralaba ini umumnya usahanya sudah di atur se demikian rupa agar mudah dijalankan dan mendapatkan keuntungan sehingga sangat cocok dijalankan oleh mahasisiwa.

Advertisement

3. Jasa Kursus Private

Jika anda memiliki keterampilan atau keahlian yang menonjol akan lebih berguna jika anda bisa mengajarkannya kepada masyarakat lain. Misalnya saja anda mahir di bidang internet marketing, atau anda mahir berbahasa asing, atau bisa juga jika anda memiliki keahlian di bidang service elektronik. anda bisa membuka kursus dengan sistim datang ke tempat murid langsung atau private.

Jasa seperti ini sangat banyak di butuhkan oleh masyarakat, dan juga untuk menjalankannya sebagai usaha sampingan untuk mahasiswa, hampir tidak memerlukan modal. Terpenting anda harus bisa membagi waktu antara jam kuliah dengan jam jasa kursus anda.

4. Jasa Tulis Artikel, Penerjemah, Pengetikan

Pastinya seorang mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup luang mengingat jenjeng pendidikan yang sudah dijalankan cukuplah tinggi. Maka seharusnya tidak akan terlalu sulit jika anda membuka usaha seperti jasa tulis artikel, penerjemah bahasa ataupun pengetikan makalah, skripsi dan lain sebagainya.

Konsumennya cukup tersedia banyak asalkan kita bisa mempromosikan usaha dengan maksimal. Paling banyak jasa seperti ini sekarang banyak di cari lewat dunia maya, maka seorang mahasiswa pun tentunya sudah tidak akan asing lagi dengan dunia ini, pasalnya media internet banyak di pakai kalangan ini untuk kegiatan seperti bersosialisasi di media sosial hingga mencari berbagai informasi yang di butuhkan.

Bagaimana dengan modal untuk menjalankannya ? sepertinya tidak akan terlalu besar juga…, karena di bidang ini pengetahuan dan keterampilan akan lebih di utamakan. Dengan perangkat berupa komputer serta sedikit modal yang kecil untuk internetan akan bisa berjalan.

Baca juga artikel :

5. Jual Beli Gadget

Mahasiswa indentik dengan dunia anak muda, dan gadget menjadi salah satu produk yang tidak dapat di pisahkan dari mereka. Sebut saja smartphone, tablet, laptop dan sebagainya, sepertinya sudah merupakan barang wajib yang harus mereka miliki sekarang ini.

Untuk anda seorang mahasiswa tentunya dalam keseharian akan bergaul dengan banyak rekan yang sekalangan. Maka sebetulnya cukup banyak para konsumen potensial dari bisnis jual beli gadget ini bukan ? Manfaatkanlah mereka untuk menghasilkan keuntungan.

Tidak perlu dulu mempersiapkan konter khusus untuk memulai bisnis ini, sebagai sampingan agar bisa di jalankan dengan modal yang kecil anda bisa menawarkan secara langsung saat bergaul. Jika di rasa nantinya pengalman sudah semakin dimiliki baru bolehlah anda melangkah ke tahap membuka gerai khusus untuk berjualan.

Itulah beberapa diantaranya contoh Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil yang bisa di pilih, dengan menjalankannya selain anda akan bisa mendapatkan keuntungan, tidak kalah penting juga pengalaman berbisnis akan bisa mulai didapatkan sejak dini sebagai bekal kedepannya nanti.

Semoga bermanfaat…

Baca juga artikel jenis usaha sampingan yang bisa dilakukan dirumah