Usaha Rumahan Sukses Membuat Aneka Kue

Untuk ibu rumah tangga yang memiliki keahlian untuk membuat kue bisa memanfaatkan keahlian nya untuk menjadikan usaha membuat aneka kue dirumah, karena usaha seperti ini sudah banyak contoh yang menjalankannya hingga sukses. Untuk menjalankannya juga tidak terlalu repot karena bisa di kerjakan dirumah dan peralatan yang di perlukan juga rata-rata para ibu rumah tangga sudah memiliknya di rumah. Selain sebagai pengisi waktu anda juga bisa sambil menyediakan camilan untuk seluruh anggota keluarga, jadi sekalian ibu membuka usaha, kue nya bisa menjadi santapan anggota keluarga di rumah.

Maka dari itu banyak yang berminat dengan membuka usaha rumahan seperti ini, karena selain praktis dijalankan banyak juga contoh sukses yang bisa ditiru dan di jadikan inspirasi. Mereka yang sukses dalam usaha membuat kue ini rata-rata memulai usahanya dari usaha rumahan, pemasaran nya pun terbatas hanya penduduk sekitar rumah, tentu saat awal usaha tidak pernah menyangka usahanya bisa berkembang. Sebagai contoh brownies kukus terkenal yang bermerk AMANDA, saat awal usahanya hanya mengandalkan pemasaran kepada rekan-rekan saja, tetapi dengan terus berkembangnya usaha itu kini menjadi dikenal dan menjadi usaha yang besar.

Usaha Membuat Kue Dirumah

Perkenalkan Kue Buatan Anda

Untuk tahap awal memulai usaha, anda bisa memperkenalkan rasa kue buatan anda kepada rekan atau anggota keluarga terlebih dahulu. Bagaiana rasanya menurut mereka, buatlah beberapa jenis kue, bisa kue kering atau basah, agar anda tahu kue mana yang akan dipilih untuk dipasarkan, jika sudah menemukan resep andalan, anda bisa mencoba mempromosikan kepada para tetangga terlebih dahulu, biarlah dalam tahap ini anda tidak mendapatkan untung atau bahkan memberikan secara gratis, yang penting nantinya ada masukan dari para tetangga apakah kue yang anda buat cocok dipasarkan atau tidak. Tahap ini bisa disebut riset terlebih dahulu mengenai produk yang akan kita jual, jika respon bagus anda bisa melajutkan, jika ada yang kurang anda bisa memperbaiki sampai mendapatkan resep kue yang paling cocok.

Advertisement

Kemas Produk Anda Dengan Menarik

Jika dirasa kue anda banyak yang menyukainya, maka anda bisa melanjutkan ketahapan berikutnya yaitu mempersiapkan kemasan untuk kue buatan anda. Kemasan kue bemacam-macam betuknya, sesuaikan kemasan dengan kue yang anda buat. Misalkan anda berencana menjual kue kering, bisa mempergunakan toples berbahan plastik yang bisa didapatkan di toko-toko perlengkapan membuat kue. Di kemasan juga tertera merk usaha kue anda, buatlah merk yang mudah di ingat dan dibaca. Selain itu cantumkan pula di kemasan anda tanggal kadaluarsa dan usahakan terdaftar di Depkes, sertifikasi seperti itu sekarang mudah didapatkan dengan mendatangi bagian terkait di daerah anda. Selain agar lebih terlihat usaha yang profesional sertifikasi juga akan membuat calon konsumen tidak merasa was-was mengkonsumsi kue buatan anda.

Baca juga artikel : Menarik Konsumen Dengan Pemasaran Yang Unik

Mulailah Memasarkan Produk Anda

Setelah terkemas dengan baik kini anda tinggal mencari cara untuk memasarkannya, bisa mulai dengan cara memasang spanduk di rumah, agar nantinya yang mencari produk anda dapat dengan mudah menemukan. Untuk pemasaran ke luar anda bisa promosikan kepada lingkungan sekitar bahwa kue buatan anda sekarang sudah di pasarkan, lalu bisa manfaatkan juga warung atau toko-toko di sekitar rumah untuk memasarkannya, biasanya jika produk baru masuk ke toko masih menggunakan cara titip jual, anda bisa menitipkannya agar produk anda dikenal lebih luas, atau jika kue buatan anda dapat bertahan lama seperti kue kering misalnya bisa mencoba pemasaran dengan internet, saat ini banyak sekali yang memasarkan produk aneka kue dengan media sosial karena dengan begitu produk anda bisa di kenal luas, bahkan yang berhasil sukses dengan cara pemasaran seperti ini juga cukup banyak, .

Ditahap memasarkan inilah tahapan yang paling panjang harus anda lalui, malah mungkin memasarkan produk anda ini akan terus dilakukan sepanjang usaha kue anda berjalan. Hendaknya kita harus bersabar dan konsisten dalam menjual produk, agar bisa di kenal luas. anda dituntut harus bisa melihat peluang yang bisa mengembangkan usaha anda, seperti cntohnya ikut ke dalam bazar-bazar makanan, mengikuti event-even yang di adakan di kota anda. dengan mengenalkan produk anda secara terus menerus usaha anda akan dikenal dan berkembang pesat.

Baca cara mendapatkan pelanggan di artikel : Cara Mendapatkan Pelanggan Dan Mempertahankannya