Usaha Rumahan Sablon Kaos Digital DTG

Usaha sablon digital DTG. Sebelum membahas tentang usaha sablon DTG saya akan menjelaskan dahulu tentang DTG itu sendiri. Direct To Garment (DTG) adalah salah satu jenis cara penyablonan kaos terbaru yang masuk dalam ketegori sablon digital, alat yang di pergunakan untuk menyablon kaos dengan sistem ini disebut printer DTG. Printer ini sebetul nya sama saja dengan yang di pergunakan untuk printer kertas biasa tapi sudah di modifikasi total sehingga barang yang masuk bukan lagi kertas melainkan kaos. selain itu tinta yang di pergunakan nya juga berbeda dengan tinta untuk kertas melainkan menggunakan tinta khusus garment. Untuk menjalannya di perlukan sebuah komputer yang menggunakan software khusus yang di buat sesuai dengan printer DTGnya.

Melihat sistem kerja yang seperti di jelaskan tadi, sistem penyablonan kaos kini semakin praktis, jika menggunakan cara sablon konvensional banyak yang harus di persiapkan seperti gambar vektor, film, alat sablon, pencampuran warna dan lain-lain tentu lebih merepotkan dan memerlukan skill yang tinggi untuk mengerjakan nya. jika menggunakan sistim DTG anda hanya tinggal mencari gambar, file gambar bebas tidak perlu vektor, lalu tinggal print seperti print kertas biasa, selesai. sangat praktis bukan…

Dengan sistem kerja yang sangat praktis tersebut, maka ini bisa jadi peluang usaha rumahan yang menguntungkan. anda tidak perlu tempat khusus produksi, bisa dijalan kan di rumah dengan space tidak terlalu besar. kecuali nanti anda berniat mengembang kan usaha ini, namun untuk tahap awal usaha cukup di kerjakan di rumah dengan sistem pemasaran online itu sudah cukup menguntungkan.

Usaha Rumahan Sablon Kaos Digital DTG

Modal yang di perlukan untuk menjalankan usaha ini tidak lah terlalu besar, jika di rincikan sebagai berikut :

Advertisement
  • 1 unit komputer (spesifikasi sedang) Rp. 3.000.000
  • 1 unit Printer DTG (spesifikasi rendah) Rp. 8.000.000
  • 1 unit Mesin Press kaos Rp. 2.500.000
  • Stok kaos polos Rp. 2.500.00 – 5.000.000

Jika di total jumlah diatas maka kita kurang lebih harus mengeluarkan modal sebesar Rp. 16.000.000. Jika akan menggunakan sistem pemasaran secara online kita bisa memanfaat kan sosial media yang gratis seperti Facebook, Twitter, Instagram. atau jika ingin pemasaran lebih gencar bisa ditambahkan membuat website dengan memanfaatkan promosi google adword atau jasa SEO yang tentu memerlukan biaya lagi, dan masih banyak cara promosi lain nya.

Bagaimana dengan sistem usahanya ?

Sistem usahanya dengan cara menerima pesanan kaos, bisa satuan atau pun lusinan dengan desain gambar sesuai permintaan konsumen. bisa berupa gambar yang di cari di google atau tulisan, bahkan foto. Disinilah kelebihan sistem sablon DTG ini, anda bisa menerima pesanan gambar sesuai yang di inginkan konsumnen walaupun hanya membuat satu potong kaos, pesanan ini tidak mungkin bisa dilayani jika menggunakan sistem sablon konvensional. dengan begitu kita bisa melayani konsumen yang menginginkan berkreasi membuat kaos dengan gambar sendiri atau bahkan komunitas-komunitas yang akan membuat kaos dengan gambar logo komunitas nya sendiri dengan mudah.

Selain itu anda bisa menyediakan gambar yang sudah siap di pesan, Tidak perlu menyiapkan stok kaos nya, cukup dengan gambarnya saja, anda bisa membuatnya dengan bantuan photoshop untuk membuat katalog, sehingga nanti konsumen bisa langsung memilih mana gambar yang di sukai.

Harga jual kaos nya berapa ? dan saya mendapatkan keuntungan berapa ?

Harga jual kaos tidak begitu berbeda dengan kaos yang ada di pasaran sekarang ini, untuk kaos dewasa berkisar antara Rp. 50.000 – 80.000, sedangkan untuk kaos anak berkisar Rp. 40.000 – 60.000 per potong nya. anda bisa sesuaikan harga dengan target pasar yang ada tuju. Dari harga penjualan kaos di atas, keuntungan yang bisa anda peroleh sekitar 40% sampai 50%.

Usaha ini cukup menguntungkan dan praktis dijalankan, semua keperluan dari produksi sampai penjualan bisa dijalankan di rumah. ini bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin mempunya usaha rumahan atau bahkan usaha sampingan jika anda sudah ada usaha atau pekerjaan pokok, sehingga anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan.