Peluang Usaha Rumahan Di Lingkungan Pedesaan yang Potensial

Memang tak mudah mencari atau menangkap peluang usaha di lingkungan pedesaan. Selain karena memang faktor daya beli yang tidak seramai perkotaan, faktor distribusi dan kebutuhan masyarakat di desa juga cukup terbatas.

Meskipun demikian, bukan berarti bisnis rumahan di lingkungan pedesaan tidak mungkin di jalankan karena masih banyak celah yang sebenarnya bisa kita tangkap. Terlebih dari itu, ketika kita bicara soal kebutuhan, banyak kok produk-produk di perkotaan yang sengaja didatangkan dari desa (karena faktor-faktor produksi tersedia di desa).

Berikut ini adalah beberapa contoh ide usaha rumahan yang bisa anda jalankan dari rumah di pedesaan.

Usaha Rumahan Di Pedesaan

Membuat Olahan Dari Singkong

Lahan perkebunan singkong secara umum masih tersebar di pedesaan. Meskipun di beberapa daerah para petani lebih memilih sistem tanam kontrak bersama perusahaan skala besar seperti di daerah Sumatra, tapi banyak juga petani yang masih menjual hasil panennya secara individu ke tengkulak atau ke pasar.

Nah, kabar bagusnya hasil olahan singkong tersebut memiliki nilai ekonomi yang tinggi tidak seperti bahan mentahnya.

Anda bisa menangkap keberlimpahan hasil panen tersebut sebagai peluang usaha rumahan di lingkungan pedesaan. Produk yang bisa dihasilkan diantranya adalah keripik singkong, gethuk, tiwul kering, hingga tepung tapioka.

Baca Juga Olahan Singkong Populer Inspirasi Untuk Berbisnis

Produksi Beras Jagung

Penggemar beras jagung sangat banyak dan dinilai bagus sebagai makanan diet karena rendah kalori. Usaha produksi beras jagung masih sangat potensial dijalankan di pedesaan, karena proses produksi bisa dijalankan dengan mudah, bahkan tanpa harus memiliki alat penggilingan sendiri.


Harga jual beras jagung di desa sendiri masih sangat murah dan dari itu saja anda sudah bisa mencari keuntungan dengan menjual kembali (kulakan). Apalagi jika anda mau memproduksi sendiri, pasti margin keuntungan bisa ditingkatkan lagi.

Nilai jual tersebut ternyata masih bisa ditingkatkan lagi dengan meningkatkan kualitas produk seperti higienitas, kemasan, dan jaringan distribusi yang luas.

Jual Pakan Ternak

Di pedesaan memang jarang yang memiliki peternakan skala besar. Tapi hampir semua rumah memiliki hewan sembelihan yang dipelihara sendiri (ingon-ingon) seperti seperti ayam, bebek, entok, angsa, sapi, kelinci, dan kambing. Nah, hewan-hewan tersebut juga butuh makananan, suplemen, dan obat-obatan.

Tangkap peluang ini secepat mungkin dengan menjual pakan ayam, susu skim untuk kambing, obat-obatan ternak, dan semua pernak-pernik produk yang dibutuhkannya.

Baca Juga Tips Ternak Ayam Kampung Sebagai Usaha Sampingan

Bisnis Anyaman Bambu

Apalagi bisnis yang satu ini, seakan-akan mutlak harus dijalankan di lingkungan pedesaan karena memang faktor produksinya terletak di desa. Meski bisa dijalankan diperkotaan, rasanya cukup sulit.

Anda bisa belajar membuat anyaman bambu yang banyak diminati oleh konsumen skala luas seperti perlengkapan dapur dari bambu.

Meski di pedesaan barang seperti ini nilai ekonominya terbilang rendah, tapi beda jika sudah sampai ke perkotaan. Nilainya bisa naik 10 kali lipat. Oleh karena itu pikirkan juga jaringan distribusinya.

Pengepul Komoditas Hasil Panen Masyarakat

Usaha rumahan di lingkungan pedesaan yang sangat potensial selanjutnya adalah menjadi pengepul komoditas hasil panen masyarakat seperti cengkih, kelapa, singkong, empon-empon dan lain sebagainya.

Bisnis ini sangat menjanjikan mengingat peran pengepul sendiri sangat dibutuhkan di desa. Masyarakat desa ingin hasil panennya memiliki kepastian jual secepat mungkin dan itu tidak mungkin terjadi kalau tidak ada pengepul.

Pengepul di desa biasanya menerima segala jenis hasil panen yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Karena barang yang akan anda tangani terdiri dari berbagai jenis komoditas, maka anda butuh pengalaman mumpuni dalam menilai setiap barang, jika tidak maka anda bisa rugi.