Usaha Pertanian Sampingan Dengan Hasil Maksimal

Indonesia memang sebuah negara yang terkenal dengan sebutan negara agraris. Sebagai sebuah negara agraris, tentunya Indonesia diberikan anugerah berupa lahan – lahan pertanian yang sangat subur dan luas. Potensi pertanian yang gemilang juga dimiliki oleh negara Indonesia.

Berbicara soal potensi pertanian yang gemilang, ada satu hal yang disayangkan karena kurang adanya pemahaman dan rasa ketertarikan oleh warga negara Indonesia. Hal yang sangat disayangkan ini adalah kurangnya pengolahan sektor pertanian sehingga pertanian Indonesia sulit untuk maju bahkan sistem pertaniannya banyak disalep dengan sistem pertanian negara – negara maju lainnya.

Sebenarnya jika kita sadar akan arti penting sektor pertanian di Indonesia, rasa bangga atas negara agrarisnya Indonesia akan membuncah. Karena sebenarnya sektor pertanian Indonesia adalah sektor pokok yang menopang roda perekonomian. Bayangkan jika tak ada sektor pertanian, pastinya Indonesia akan dibuat kelabakan dalam menjalankan roda perekonomian. Sektor pertanian juga menjadi sektor yang sangat menguntungkan untuk dijalankan.

usaha pertanian sampingan

Ada banyak sektor pertanian yang memberikan keuntungan maksimal bagi pelakunya. Apa saja sektor pertanian yang dapat dijadikan usaha sampingan dengan hasil yang maksimal? Yuk kita simak uraiannya berikut ini!

Advertisement

Usaha Sampingan Bisnis Pertanian dengan Untung Maksimal

Tanaman Rempah – Rempah

Salah satu alasan Belanda menjajah Indonesia adalah karena rempah – rempahnya. Bahkan sampai saat ini Indonesia masih menjadi negara penghasil rempah – rempah terbesar di dunia. Usaha pertanian rempah – rempah memiliki potensi besar untuk ekspor jika benar – benar serius ditanganinya.

Sayuran dan Buah Organik

Sayuran dan buah organik juga sangat dibutuhkan oleh manusia karena sayuran dan buah organik merupakan salah satu pelengkap gizi manusia. Dengan lahan yang terbataspun kita masih dapat menerapkan pertanian sayuran dan buah organik melalui sistem hidroponik. Karena itu bisnis sayuran dan buah hidroponik dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan untuk dilakukan.

Tanaman Hias

Bagi anda yang suka dengan tanaman hias, maka rawatlah tanaman hias sebanyak – banyaknya. Selain dapat memperindah rumah, tanaman hias juga mendatangkan keuntungan karena jika dijual nilainya sangat mahal. Karena itu sekarang banyak sekali para penggemar tanaman hias yang menjalankan bisnis sampingan ini.

Demikian sedikit informasi yang kali ini dapat kami sampaikan sehubungan dengan Usaha pertanian Sampingan dengan hasil maksimal . Semoga dapat menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.

Baca juga analisa usaha budidaya jahe merah dengan omset menggiurkan