Peluang Usaha Persewaan Odong-Odong Kereta Keliling

Usaha persewaan odong-odong bisa dipertimbangkan jika kebetulan saat ini anda sedang mencari sebuah inspirasi usaha yang tak kenal pasang surut.

Meski kereta keliling ini sudah dikenal masyarakat sejak lama, tapi memang punya keunikan sendiri, sehingga bisa bertahan hingga kini. Salah satu keunikannya adalah target pasar yang memang spesifik dan terus mengalami regenerasi setiap tahunnya.

Ya betul, odong-odong jadi pilihan hiburan anak-anak. Selain murah-meriah, odong-odong mampu memberikan hiburan yang menyenangkan.

Nah, kira-kira hal apa saja yang perlu dipersiapkan dan inovasi apa yang bisa dipertimbangkan untuk memulai usaha persewaan odong-odong agar tak kalah saing ? Berikut adalah tips dari kami.

Usaha Persewaan Odong-Odong Kereta

Modal Untuk Merintis Usaha Persewaan Odong-Odong

Usaha ini tidak memerlukan strategi dan bisnis plan yang macam-macam. Yang perlu anda siapkan adalah unit odong-odong itu sendiri.

Besar kecilnya modal ditentukan oleh mesin penggerak, dan seberapa banyak gerbong yang ingin ditarik. Untuk satu unit odong-odong lengkap beserta aksesorisnya dibutuhkan modal sekitar Rp. 20 – Rp. 50 juta (seharga satu unit mobil bekas).

Meski modal yang dikeluarkan cukup besar, tapi ingat bahwa untuk menjalankan usaha ini tidak diperlukan biaya operasional tinggi. Dalam sekali investasi anda sudah mempunyai aset jangka panjang yang bisa terus diajak kerja dan menghasilkan uang.

Anda bisa membandingkan usaha odong-odong ini dengan membuka toko. Dengan modal yang sama, kemungkinan besar odong-odong bisa memberikan ROI (return of investment) yang relatif lebih cepat, apalagi didukung dengan lokasi yang ramai dan manajeman usaha yang cermat.


Estimasi Keuntungan

Memang ada banyak faktor yang menentukan besaran keuntungan dari usaha ini. Tapi, jika odong-odong sudah menjadi miliki sendiri yang pasti keuntungannya sangat menggiurkan.

Anda cukup menghitung biaya pengeluaran setiap hari seperti bahan bakar dan asisten kereta dengan tarif sewa odong-odong untuk setiap kursi.

Tarif rata-rata persewaan kursi odong-odong dalam sekali jalan adalah Rp. 10.000. Nah, untuk mengoptimalkan pendapatan anda tinggal memainkan strategi, seperti memilih tempat yang strategis dan jam operasional.

Baca Juga 5 Barang Paling Laris Untuk Di Sewakan

Buat Inovasi Agar Beda Dari Yang Lain

Apa saja inovasinya? Banyak cara yang bisa ditempuh agar odong-odong yang anda miliki jadi serbuan konsumen, diantaranya adalah:

Desain Kereta Semenarik Mungkin

Selalu update desain lokomotif kereta! Memang terkesan pemborosan dan mahal, tapi jika anda mampu mengikuti tren anak-anak yang sedang booming, dijamin kereta anda akan jadi serbuan.

Untuk mengikuti tren anak-anak anda bisa mencari inspirasi melalui film kartun, game, film dan lain sebagainya.

Beri Fasilitas yang Benar-Benar Menghibur

Meski daya tarik kereta odong-odong adalah aktifitas jalan-jalan itu sendiri, tapi anda bisa menambah beberapa fasilitas hiburan yang lain. Lebih bagus lagi jika hiburan tersebut juga mengandung unsur pendidikan.

Jangan Kecewakan Orang Tua

Salah satu kunci kesuksesan bisnis odong-odong adalah juga memberikan rasa puas kepada orang tua. Aspek kepuasan tersebut diantaranya adalah keamanan. Pastikan anda memiliki asisten kereta yang siap memberikan pengarahan dan menjaga penumpang agar selalu aman saat di perjalanan. Jika orang tua puas, maka mereka tidak akan ragu kalau anaknya langganan odong-odong tersebut.

Anda Juga Bisa Jadi Bos Odong-Odong

Dengan pengalaman yang mumpuni tidak menutup kemungkinan anda bisa mengembangkan sayap dengan merakit odong-odong sendiri untuk kemudian anda kerjasamakan kepada pelaku usaha odong-odong lain ataupun ke tempat-tempat wisata. Praktik ini sudah banyak dilakoni dengan sistem kontrak, sewa harian ataupun sistem setoran mirip angkot.

Selamat mencoba!