Usaha Membuat Keju Dari Dapur Rumah

Jangan dikira tempat membuat keju harus berupa pabrik. Dapur rumah pun bisa di gunakan untuk produksi keju. Karenanya, siapapun bisa menjadi produsen keju. Peluang usahanya pun sangat terbuka untuk menggantikan keju impor yang berharga mahal.

Saat ini di indonesia sudah tidak asing lagi dengan bahan makanan bernama keju, meski bukan berasal dari tanah air. Popolaritas makanan ini terus meroket dari hari ke hari, pasal nya pola makan orang indonesia mulai bergeser dari pola tradisonal ke pola makan moderen. rumah makan yang tumbuh banyak yang berkiblat pada sajian barat yang benyak menggunakan bahan keju. dan makanan tradisional pun saat ini mulai memvariasikan menggunakan keju.

Usaha Membuat Keju Lokal Mulai Bekembang

Kondisi ini membuat kebutuhan keju meningkat tajam, menurut riset pasar keju di indonesia tumbuh sekitar 7,2% per tahun, celakanya produksi keju dalam negri masih terbatas akibat nya produk keju harus impor. Secara kasat mata tingginya nilai impor keju di indonesia bisa dilihat di pasar-pasar swalayan modern di kota besar, keju itu ada yang bermerk langsung dari luar negri dan ada pula yang di kemas oleh distributor di indonesia, mereka berebut pasar dengan keju-keju produksi lokal. itu menujukan ada nya peluang usaha untuk menggantikan keju produk luar negri.

Umumnya jenis keju ada yang keju natural dan ada keju olahan. keju natural di buat dari susu sedangkan keju olahan dibuat dari keju natural di campur dengan bahan-bahan lain seperti pewarna,tepung,hingga pengawet. Untuk beberapa sajian khas dari luar negri keju jenis olahan ini kurang di minati, para koki mengganggap keju olahan akan merubah rasa secara keseluruhan, pasar eksklusif ini membutuhkan keju murni dengan kualitas terbaik, bahkan meraka siap menerima stok dengan harga yang tinggi asalkan keju berkualitas. Peluang ini bisa di tangkap oleh produsen keju lokal apalagi usaha pembuatan keju ini bisa medatangkan untung cukup besar.

Saat ini sudah ada beberapa produsen keju lokal, dengan tingkatan pabrik dan ada pula yang masih tingkat kecil dan menengah(UKM), yang di tingkat UKM ini belum banyak lebih karena faktor keterbatasan skill, di tanah air susu berlimpah tapi yang trampil membuat keju masih sedikit karena memang membuat keju ini bukan budaya kita. Para pembuat keju pribumi sudah bisa membuat jenis keju mozzarela, keju kraft dan keju feta, itu menggambarkan bahwa orang indonesia bisa dan mampu membuat keju dengan kualitas baik, sebagai bukti nya meraka berkembang hingga saat ini.

Sebagai contoh pembuat keju tingkat UKM bpk.purwadi (malang) dan bpk.Novianto (boyolali) sekali produksi menggunakan 150 liter susu dalam seminggu 3 kali produksi artinya seminggu menggunakan 450 liter susu, jika dalam 10 liter susu bisa menjadi 1,2Kg keju maka dalam seminggu kurang lebih menghasil kan keju 50 kg. Kepada pembeli nya keju tersebut di jual dengan harga 110.000 per kilogram, dari harga tersebut bisa mendapatkan ke untungan sampai 60.000 belum di potong ongkos kerja. Menurut pengakuan nya keju yang di produksi akan habis ke esokan hari nya, sungguh peluang usaha yang sangat menggiurkan bukan…

Tips Sukses Berbisnis Keju :

  • Untuk menjadi produsen keju harus punya keterampilan khusus soal nya bahan baku mudah rusak, untuk resep dasar membuat keju bisa menggunakan media internet.
  • Harus trampil membuat keju atau mempunyai pekerja yang trampil dalam pembuatan keju
  • Lokasi pembuatan di usahakan dekat dengan sentra produksi susu, karena proses pengangkutan susu jika terlalu lama akan membuat kualitas menurun.
  • Pastikan pasokan susu yang berkualitas bisa terpenuhi.
  • Karena keju bukan produk yang erat dengan jenis makanan indonesia perlu cara pemasaran khusus, seperti memasarkan ke resto modern atau pun melalui media internet.
  • Untuk pemasaran ke pengusaha makanan lokal masih bisa di tingkat kan karena sekarang ini mulai banyak makanan lokal yang di variasikan dengan keju contoh nya seperti singkong pun sekarang bisa di pasangkan dengan keju yang di gemari masyarakat, sehingga untuk bekembang produk keju ini masih sangat berpeluang.