Usaha Membuat Cemilan Keripik Singkong Pedas

Usaha keripik singkong merupakan bisnis andalan dalam kategori makanan ringan. Saat ini, usaha makanan ringan memiliki pangsa pasar yang sangat menjanjikan. Seiring perkembangan gaya hidup, makanan ringan ternyata memiliki tempat tersendiri di hati orang saat ini. Keripik singkong adalah makanan ringan yang seringkali menjadi pilihan untuk menemani waktu luang atau santai.

Keripik singkong pedas seringkali menjadi jenis makanan ringan yang banyak diminati olah banyak orang. Dengan harga yang sangat murah, camilan ini mampu memberikan rasa yang sangat nikmat dengan kerenyahannya.

Seiring dengan berkembangnya model usaha kecil dan menengah, keripik singkong dapat menjadi pilihan bisnis saat ini. Usaha keripik singkong masih sangat menjanjikan untung yang besar. hanya dengan modal kreatifitas dalam mengolah singkong maka prospek usaha yang satu ini akan tampak jelas.

usaha kripik singkong pedas

Contohnya; masyarakat tentu sudah bosan dengan pengolahan singkong yang hanya diberi garam. Untuk menciptakan sensasi rasa baru dan enak dirasakan, anda dapat mencari resep terbaru dan lezat. Misalnya, karena orang Indonesia mayoritas suka pedas, anda dapat mengolah keripik singkong pedas, atau keripik singkong keju, dan lain sebagainya.

Dengan membuka usaha keripik singkong maka pasar yang dapat anda bidik adalah anak-anak muda atau remaja. Karena usia-usia mereka masih suka dengan camilan, maka anda pun harus menyesuaikan dengan permintaan lidah mereka. Misalnya dengan membuat tingkat kepedasan dari keripik singkong tersebut. Untuk membuka usaha keripik singkong ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Di antaranya adalah:

Pilihlah Tempat Jualan Yang Strategis

Keramaian adalah target marketing yang paling optimal. Dengan memilih tempat yang ramai maka anda akan mampu lebih banyak menarik pembeli. Terlebih lagi jika calon pembeli tersebut adalah anak muda atau remaja.

Advertisement

Untuk menemukan pasar remaja anda dapat memilih alon-alon daerah, sekolah-sekolah, tempat rekreasi, perkantoran, dan pusat belanja. Dengan memperhatikan tempat jualan, anda sudah mengunci salah satu sumber kesuksesan. Semakin ramai tempat yang anda pilih maka prospek penjualan pun akan semakin meningkat.

Buatlah Merek Dagang

Selain faktor tempat, hal yang perlu diperhatikan lagi adalah merek dagang. Maksudnya adalah anda harus memiliki ciri khas yang mencerminkan usaha keripik singkong anda. Misalnya dengan membuat nama “Keripik Krenyes”.

Tujuan dibuatnya nama dagang adalah agar pembeli selalu mengingat dagangan anda. Hal ini penting untuk marketing mulut ke mulut. Sehingga ketika pembeli ditanya oleh orang lain, “dimana membeli keripik singkong ini?”, mereka akan dengan mudah menjawab, “di Singkong Krenyes. Hal ini akan dengan mudah diingat oleh orang lain.

Selain itu, akan lebih baik lagi apabila anda membuat logo yang mencerminkan merek dagang tersebut. Dan juga desain gerobak serta kemasan yang khusus sehingga merek usaha keripik singkong anda akan lebih cepat tersebar luas.

Berkreasi Dengan Perasa Alami

Saat ini banyak orang yang merasa takut dengan banyaknya perasa yang berbahaya. Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi anda yang ingin melakukan usaha ini. Untuk menyikapi rasa takut pembeli maka tugas besar pengusaha keripik pedas adalah meyakinkan pembeli bahwa perasa yang anda gunakan adalah perasa alami.

Untuk membuat perasa alami ini pun tidak begitu sulit. Anda bisa memanfaatkan cabe yang dikeringkan untuk membuat perasa pedas tapi alami. Sebisa mungkin hindari membeli penyedap rasa yang tidak jelas kualitasnya. Dan jika anda mampu meyakinkan pembeli bahwa rasa yang melekat pada singkong olahan anda adalah rasa alami maka tidak menutup kemungkinan pembeli anda akan terus kembali.

Selain itu, kemasan pun harus menjadi perhatian anda. Sebab, seringkali pedagang keripik singkong hanya mengandalkan plastik kresek untuk membungkus keripik. Hal ini adalah kelemahan pedagang lain yang dapat anda manfaatkan. Usahakan tampil beda dengan menggunakan kemasan yang menarik pembeli. Terlebih lagi segi kebersihan pun harus terus anda tingkatkan. Hal ini akan menimbulkan kesan positif bagi pelanggan.

Baca juga artikel : Faktor Penting Menjalankan Usaha Bisnis Makanan Dan Minuman