Usaha Kuliner Seblak Basah Dan Cara Membuatnya

Kuliner yang satu ini memang sedang banyak penggemarnya, seblak adalah makanan yang terbuat dari kerupuk mentah dimasak dengan berbagai bumbu, hingga teksturnya bisa di bilang mirip menyerupai kwetiaw. Makanan khas sunda yang berasal dari Bandung ini kini semakin di kenal ke penjuru kota lainnya.

Variasi seblak kini semakin beragam, seiring dengan meningkatnya konsumen, banyak pelaku usaha mencoba berbagai variasi yang tambahkan pada menu masakan ini. Diantaranya adalah seblak basah, seblak ceker, tulang, makaroni dan lain sebagainya.

Yang lebih kreatif lagi, ada warung yang menjual masakan ini dengan mengaplikasikan level pedas pada seblak buatannya, konsumen bisa memilih sesuai dengan selera mereka, dari yang pedas bisa hingga level ekstra sangat pedas. Tak ayal usaha ini semakin di gemari karena idenya tersebut, kalangan yang datang tidak terbatas hanya anak-anak muda saja, hingga orang tua pun penasaran ingin mencobanya.

Langkah Sukses Usaha

Ingin ikut meraup keuntungan dari peluang usaha kuliner ini, perlu perhatikan beberapa tips ini, agar usaha seblak anda dapat ramai di kunjungi pembeli.

Lokasi usaha haruslah strategis. Jika modal yang di miliki tidak terlalu besar kita bisa berjualan dengan konsep tenda di pinggir jalan. Hanya harus di perhatikan lokasi tempat mendirikan usaha, pilih tempat yang terdapat keramaian seperti, tempat berkumpul anak-anak mudah, lokasi perkampusan, sekolahan dan lain sebagainya.

Terapkan Ide Unik dan Menarik. Inovasi baru pada setiap makanan selalu di tunggu-tunggu oleh konsumen, mereka akan bosan dengan sajian makanan yang itu-itu saja. Maka sebaiknya cari ide baru, bisa dengan memodifikasi menu masakan, cara penyajian, atau tempat berjualan. Seperti yang sudah di ulas di atas, menerapkan level tingkat pedasnya seblak, membuat orang dapat memilih sesuai selera masing-masing.

Baca juga artikel Ide Usaha Makanan Kreatif Yang Unik Dan Menarik

Advertisement

Cara Membuat Seblak Basah

seblak basah

Bahan pembuatan makanan ini sederhana dan tidak terlalu sulit untuk didapatkan, dengan bumbu yang biasanya tersedia di rumah saja sudah dapat membuat seblak basah dengan rasa yang lezat, berikut bahan-bahan untuk 1-2 porsi :

  • Sediakan 125 gram krupuk aci mentah bisa kuning atau putih.
  • Air panas secukupnya
  • Satu butir telur
  • Sosis sapi secukupnya
  • Bakso sapi secukupnya
  • Penyedap masakan
  • Daun bawang
  • Minyak goreng untuk menumis bumbu

Sediakan juga bumbu halus berupa : Asam jawa, cabe rawit, tomat, bawang merah, bawang putih, kencur, gula pasir dan garam.

Setelah bahan di siapkan, kita lanjutkan pada cara pembuatan seblak basah nya :

  1. Rebus kerupuk hingga mendidih, lalu saring dan tiriskan
  2. Rendam kerupuk yang sudah di tiriskan kedalam air dingin
  3. Haluskan lalu tumis bumbu halus cabe, bawang merah, bawang putih, dan kencur
  4. Tambahkan air matang kurang lebih setengah gelas pada tumisan, setelah itu tambahkan gula pasir, asam jawa, garam dan juga sosis dan bakso sesuai selera.
  5. Lalu tambahkan kerupuk yang sudah di rendam air dengan air tadi, aduk rata dan biarkan agar bumbu meresap.
  6. Terahir tambahkan satu butir telur yang sudah di kocok, aduk dan masak hingga matang.

Selesai, seblak basah pun siap di hidangkan. Sangat mudah dan praktis bukan, meksi sederhana makanan ini sangat di gemari. Untuk usaha berjualan seblak, kita bisa berkreasi dengan menambahkan jenis makanan lain selain sosis dan bakso seperti contoh di atas. Semoga sukses…

Baca juga artikel Usaha Kuliner Warung Steak Kaki Lima