Usaha Kreatif Dan Inovatif Anak Muda Indonesia

Anak muda Indonesia merupakan tonggak perkembangan industri. Mereka adalah orang-orang yang memiliki keinginan untuk mengembangkan usaha kreatif khas Indonesia.

Sebenarnya, jika anak muda Indonesia jeli melihat peluang yang ada tentu akan mendapatkan banyak sekali ide usaha yang bisa dikembangkan. Sebab, Indonesia adalah negara yang kaya akan aneka bahan tradisional.

Akan tetapi bukan berarti untuk mengembangkan suatu industri tersebut bisa dilakukan tanpa pengetahuan yang khusus. Untuk itu diperlukan keseriusan dan kejelian dalam melihat peluang. Dan berikut adalah beberapa jenis usaha yang berpeluang tinggi untuk dikembangkan dan sukses.

Membidik usaha produk tradisional

Usaha produk tradisional merupakan ide usaha kreatif yang sangat bernilai jual tinggi. Bahkan hanya dengan menggunakan modal yang relatif kecil, aneka usaha kreatif tersebut justru akan mampu mengantarkan bisnis anda go International. Adapun contoh usaha kreatif tradisional adalah aneka olahan bahan furniture berbahan bambu atau kayu rotan.

Jenis bahan bambu dan kayu rotan yang sangat mudah didapatkan di indonesia tersebut ternyata mampu dikembangkan menjadi usaha kreatif bernilai tinggi. Selain itu, jenis usaha berbahan tradisional adalah batik. Batik adalah desain pakaian khas Indonesia. Dan bisnis ini pun masih sangat berpeluang untuk dikembangkan lebih besar lagi.

Advertisement

Mengembangkan Kerajinan

Aneka kerajinan tangan adalah bentuk usaha inovatif. Dan ini dapat dikembangkan melalui tangan-tangan yang kreatif pula. Di Indonesia cukup banyak bahan-bahan yang tidak digunakan lagi. Bagi anak muda yang jeli akan peluang ini, anda bisa memulai usaha membuat kerajinan tangan berbahan sampah. Misalkan, dari sampah kain yang tidak digunakan lagi anda bisa mengolahnya menjadi bisnis boneka. Yang mana dalam boneka tersebut diisi dengan sampah kain yang tentunya harga produksinya pun sangat murah. Selain itu pun masih banyak lagi kerajinan tangan yang bisa dikembangkan lebih serius lagi.

Baca juga artikel Usaha Kerajinan Tangan Dengan Modal Kecil

Usaha Kreatif Dari Hasil Pertanian

Lahan pertanian di indonesia sangat menjanjikan. Tanah yang sangat subur mampu memberikan nilai tambah tersendiri bagi anda yang serius menekuni bisnis. Anda bisa mengolah aneka hasil agro menjadi aneka olahan yang bernilai jual tinggi. Anda bisa membuat minuman atau makanan lain berbahan hasil pertanian. Baca juga artikel Jenis Usaha Pertanian Yang Sukses Di Tahun 2015