Usaha Jual Spare Part Dan Aksesoris Mobil

Populasi mobil yang begitu banyak membuat pengusaha penjual spare part atau onderdil mobil beserta aksesorisnya dapat meraup keuntungan yang besar. Apakah anda tertarik dengan bisnis ini ?

Setiap kendaraan yang di pergunakan sehari-hari tentu saja memerlukan perawatan rutin yang harus dijalankan oleh para pemiliknya, perawatan tersebut meliputi pergantian spare part yang harus diganti secara berkala. Barang – barang seperti saringan oli dan bensin, kampas rem, kopling, busi, dan banyak lagi lainnya, akan sangat di butuhkan. Karena barang-barang tersebut memiliki batas masa pemakaian, pemilik yang ingin kendaraannya bisa di gunakan secara terus menerus, harus melakukan pergantian dengan onderdil yang baru. Maka barang ini bisa di sebut juga kebutuhan pokok setiap kendaraan.

Selain itu para pemilik kendaraan yang ingin mengupgrade atau mempercantik kendaraannya akan mencari berbagai aksesoris mobil untuk di pasangkan di mobilnya. Agar tampilan mobil terlihat berbeda dari yang lain, dan juga bagi sebagian orang yang hobi memodifikasi mobilnya akan sangat membutuhkan aksesoris tambahan untuk kendaraan kesayangannya. Harga sudah tidak menjadi pertimbangan bagi penghobi modifikasi, asalkan mereka suka dengan barang yang di incar, berapapun harganya akan di beli.

Analisa Usaha Spare Part Dan Aksesoris

Usaha ini termasuk kedalam katergori menengah ke atas, sebabnya modal yang di butuhkan lumayan cukup besar. Spare part dan aksesoris walaupun barang nya kecil-kecil tetapi harga jualnya tinggi. Itu sebabnya jika kita berencana menalankan usaha ini maka keperluan modal terbesarnya adalah penyedian stok barang. Selain itu lokasi usaha juga harus memadai, karena yang di layani adalah mobil maka ukuran lokasi usaha kita haruslah bisa minimal menampung 1-2 kendaraan, itu menjadikan biaya kontrak tempat dan biaya untuk membangun toko juga akan menjadi besar.

Baca juga artikel : Usaha Jual Ban Dan Velg Mobil

Akan tetapi usaha ini jika di jalankan di sentra-sentra onderdil atau satu wilayah yang diisi dengan jenis usaha serupa yang biasa nya terdapat di kota-kota besar, tidak memerlukan lahan sendiri untuk menampung kendaraan para konsumennya. Umumnya mereka memanfaatkan lahan parkir di pinggir jalan, untuk memasangkan spare part atau aksesoris nya ke mobil konsumen. Ini bisa menjadi pengiritan untuk biaya modal yang di keluarkan, karena usaha kita bisa berjalan hanya dengan menyewa ruangan yang tidak begitu besar.

Advertisement

Usaha Jual Spare Part Dan Aksesoris Mobil

Karena jumlah merk mobil yang banyak terlebih macam-macam spare part yang sangat beragam tergantung merk mobilnya, maka umumnya para palaku usaha ini mengkhususkan berjualan kepada beberapa merk kendaran saja. Contohnya saja ada toko yang khusus berjualan spare part mobil jepang, ada juga toko yang khusus menyediakan onderdil untuk mobil eropa, bahkan ada pula yang tokonya khusus menyediakan untuk mobil yang terhitung jarang di gunakan di pasaran, atau mobil antik dan langka.

Tentunya pada setiap spare part yang di jual berdasarkan pemilihan kategori kendaraan diatas memiliki pertimbangan dari masing-masing pemilik usaha. Dan juga biasanya berdasarkan pengalaman pribadinya, misalnya saja pemilik usahanya pernah bekerja di bengkel salah satu merk kendaraan, maka berjualan spare part merk kendaraan tersebut yang di prioritaskan. Dan banyak lagi pertimbangan lainnya.

Langkah Awal Menjalankan Usaha

Jika kita memiliki pengalaman seperti contoh di atas, maka untuk pemilihan spare part kendaraan yang akan dijual, lebih baik sesuai dengan pengalaman, karena akan lebih memahami mengenai seluk beluk merk mobil tersebut. Tetapi jika kita tidak memiliki pengalaman sama sekali dalam dunia kendaraan, maka jalan terbaik untuk memulai usaha ini adalah dengan merekrut karyawan yang berpengalaman. Karena pengetahuan akan seluk belul mobil sangat penting untuk di miliki dalam usaha ini.

Setelah pengetahuan di miliki baik oleh sendiri atau mempunyai karyawan yang berpengalaman, maka selanjutnya adalah pemilihan lokasi berjualan. Dimana pun tempatnya asalkan lokasi nya di pinggir jalan raya yang terdapat lalu lalang kendaraan, sangat baik untuk dipilih. Namun jika kita memilih tempat di sentra onderdil seperti yang banyak terdapat saat ini, bahkan ada mall khusus yang di peruntukan berjualan berbagai spare part dan aksesoris mobil, maka kita di untungkan dengan tidak perlu menyediakan lahan khusus untuk melayani pemasangan onderdil di kendaraan konsumen.

Baca juga artikel : Memilih Lokasi Usaha Yang Strategis

Karyawan dan lokasi usaha sudah tersedia maka selanjutnya adalah penyediaan barang dagangan, disini kita harus pintar-pintar mencari suplier, agar barang dapat dijual dengan harga yang bisa bersaing dengan kompetitor yang lain. Karena dalam dunia usaha ini, pesaingan harga sering terjadi, toko-toko onderdil yang terkenal berharga murah biasanya yang di serbu para konsumen.