Usaha Jual Ban Dan Velg Mobil

Jumlah mobil semakin hari kian meningkat, data menunjukan mobil di indonesia mencapai ratusan juta jumlahnya. Ban di setiap mobil yang jumlahnya banyak itu memerlukan penggantian berkala saat kondisinya mulai menipis.

Maka tidak heran jika toko-toko yang menjual ban dan velg setiap harinya selalu ramai pengunjung, berbagai macam keperluan seputar ban mobil seperti mengganti ban yang kondisinya sudah kurang baik, sampai yang mengganti ban dan velg karena ingin mendongkrak penampilan kendaraan yang di gunakan. Para pedagang yang sangat di untungkan, dengan banyaknya pengunjung maka keuntungan pun mudah di dapatkan.

Baca juga artikel Langkah Menjalankan Peluang Usaha Rental Mobil

Jika anda tergiur dengan kemudahan mendapatkan keuntungan dari usaha jual ban dan velg mobil ini, berikut ini kita bahas satu persatu analisa usahanya.

Analisa Jual Ban Mobil

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa ban mobil membutuhkan penggantian berkala artinya ada batas masa pakainya, jika sudah habis maka mau tidak mau pemilik kendaraan harus menggantinya. Apalagi ban ini berhubungan juga dengan faktor keselamatan di jalan, ban yang kondisinya sudah jelek akan lebih beresiko terjadi kecelakaan jika di gunakan. Umum nya umur pemakaian ban ini rata-rata 2-3 tahun pemakaian, tergantung sering tidaknya kendaraan tersebut di pakai.

Walaupun jangka waktu pergantian cukup lama, tetapi karena jumlah pemakai kendaraan yang banyak jumlahnya membuat konsumen ban banyak setiap harinya. Ditambah dengan adanya kerusakan yang bisa menimpa ban seperti saat berkendara mengenai lubang dengan keras, mengakibatkan ban harus diganti sebelum waktunya.

usaha jual ban dan velg mobil

Melihat akan kebutuhan yang besar maka saat ini banyak bermunculan usaha jual ban, jika kita perhatikan terdapat beberapa macam usaha yang menjual ban, dapat di bedakan dari sasaran konsumennya, ada penjual ban kelas kaki lima dan ada juga kelas toko ban yang eksklusif. Tentu saja di antara kedua jenis usaha ini berbeda sasaran konsumennya, jika pedagang ban kaki lima hanya memanfaatkan trotoar atau ruangan usaha kecil sebagai tempat usahanya dan barang yang di tawarkan juga umumnya berkondisi bekas yang layak pakai. Berbeda dengan toko ban yang umumnya memiliki lahan toko yang luas dan barang yang ditawarkan juga kondisinya baru.

Dari kedua jenis usaha jual ban diatas sama-sama berpeluang mendapatkan keuntungan yang besar, karena konsumen yang memiliki mobil tidak semua datang dari kalangan atas, banyak juga kalangan yang memiliki dana pas-pasan. Maka dari itu untuk anda yang melirik usaha ini bebas menentukan jenis usaha jualan bannya karena akan sama-sama menguntungkan.

Analisa jual velg mobil

velg mobil

Advertisement

Tidak hanya ban yang di jual dalam usaha ini, tapi menjual velg mobil juga banyak mendatangkan keuntungan. Umumnya konsumen yang mengganti velg mobilnya di karenakan bosan dengan tampilan yang itu-itu saja, konsumen yang hobi memodifikasi mobilnya maka velg akan menjadi sasaran pertamanya, dan juga setiap pergantian velg yang berbeda ukuran tentu saja memerlukan pergantian ban juga. Maka dari itu kedua barang ini sangat berhubungan.

Selain pergantian untuk merubah penampilan kendaraan, velg juga dapat tertimpa kerusakan akibat hantaman dengan jalan rusak, jika sudah begitu maka pergantian menjadi kewajiban bagi pemilik kendaraan.

Tips Sukses Berjualan Ban dan Velg

Dengan banyaknya pelaku usaha di bidang ini maka jika kita berniat untuk ikut mengambil keuntungan, maka di perlukan ketekunan untuk menjalankannya. Persaingan dalam usaha ini termasuk berkategori ketat, di butuhkan tekad usaha yang keras agar dapat ikut mendapatkan kesuksesan dalam menjalankan usaha ini. Namun begitu peluangnya juga masih cukup terbuka untuk anda yang serius menjalankannya, berikut ini ada beberapa tips untuk menjalankan usaha ini.

  • Pemilihan Lokasi Berjualan

Lokasi sangat penting untuk di perhatikan sebelum memulai usaha ini, banyak pedagang ban yang lokasi berjualannya bergabung di suatu wilayah, ini baik untuk kelangsungan usaha, sebabnya para pengguna mobil akan mudah untuk mencari barang yang di perlukannya. Tetapi di lokasi seperti ini kita harus pintar-pintar mencari pelanggan, karena jika konsumen sudah merasa puas dengan barang yang anda jual maka hubungan akan berkelanjutan dan bukan hanya itu toko anda juga akan direkomendasikan kepada rekannya.

Baca juga artikel : Cara Mendapatkan Pelanggan Dan Mempertahankannya.

  • Sediakan Peralatan Yang Memadai

Untuk anda yang menargetkan konsumen menengah ke atas dan memiliki toko berjualan yang luas, kelengkapan peralatan akan menjadikan nilai tambah dan bisa menjadika keuntungan tambahan, peralatan seperti mesin balancing dan spooring ban akan sangat di butuhkan, dan tambahan keuntungan pun dapat di raih dari pengadaan mesin seperti ini.

  • Jadilah Distributor Merk Tertentu

Merk ban yang ada di pasaran saat ini sangat beragam, baik ban import maupun lokal. Untuk anda yang memiliki modal cukup besar menjadi distributor salah satu merk ban akan sangat menguntungkan, karena selain bisa menjual kepada konsumen langsung, para rekan pedagang ban lainnya juga bisa di layani, karena dengan menjadi distributor maka anda mendapatkan harga yang lebih murah. Namun begitu tidaklah mudah untuk sebuah distributor merk tertentu, dibutuhkan reputasi yang baik di mata pemegang merk.

  • Jual Produk Yang Umum Di Pakai

Dari sekian banyak merk ban yang ada di pasaran, terdapat merk favorit yang sering orang gunakan. Barang itulah yang harus kita utamakan dalam berjualan, dengan menyediakan stok merk ban yang banyak di cari maka perputaran keuangan akan semakin cepat. Produk yang paling dicari biasanya yang banyak di gunakan di mobil-mobil, anda bisa perhatikan merk apa yang paling banyak di gunakan, umumnya ban buatan lokal lebih banyak peminatnya karena proses pembuatan ban sudah disesuaikan dengan kondisi jalanan yang ada di tanah air.