Usaha Daur Ulang, Penggilingan Botol Plastik Bekas

Jangan anggap remeh sampah botol plastik bekas, karena dari sampah itu bisa menghasilkan peluang usaha yang sangat menguntungkan.

Banyak orang beranggapan bahwa botol plastik yang banyak terdapat di tempat sampah itu sudah tidak ada gunanya lagi, padahal dari sampah itu kita bisa mengambil banyak keuntungan, salah satunya adalah di giling untuk bahan membuat biji plastik. kebanyakan jenis botol yang bisa di proses adalah botol bekas air minum dalam kemasan, jumlahnya bisa sangat banyak sekali karena orang biasanya langsung membuang ketika isinya sudah habis.

Analisa Usaha Penggilingan Botol Bekas

Permintaan hasil gilingan botol dan gelas plastik bekas sangat banyak di perlukan oleh perusahaan yang memproduksi biji plastik, maka dari itu sudah banyak pelaku usaha penggilingan ini yang berhasil sukses. Cara mendapatkan bahan ini biasanya di dapat dari para pengepul rongsokan, dari berbagi macam sampah akan di sortir, botol dan gelas plastik bekasnya bisa di tampung untuk usaha ini.

Umumnya botol bekas yang di dapat dari para pengepul sudah dalam kondisi siap giling, karena untuk dapat di proses di butuhakan botol yang sudah kering serta sudah di buang bagian kerasnya, yaitu bagian atas botol. Akan tetapi kondisi botol bekas yang dijual tidak selalu dalam kondisi siap giling, terkadang ada yang menjual masih berupa botol utuh, bahkan ada juga yang menjual dalam keadaan masih kotor dan terdapat banyak air didalamnya.

Tentunya harga botol-botol bekas tersebut akan berbeda harganya, botol yang sudah siap giling akan berharga lebih mahal dari pada botol yang masih harus melewati proses lagi, karena pengusaha gilingan akan membutuhkan biaya lagi untuk ongkos produksi.

Advertisement

Usaha Daur Ulang, Penggilingan Botol Plastik Bekas

Proses produksi untuk penggilingan umumnya sederhana, sudah banyak para pembuat mesin dari kelas lokal yang harganya tidak terlalu mahal. Botol-botol yang sudah siap giling tadi langsung di cacah menjadi ukuran tertentu sesuai pesanan lalu di cuci dan di jemur. Rata-rata mesin rakitan lokal berkapasitas produksi sampai 8 kwintal perharinya, tergantung besar kecilnya kapasitas mesin. Setelah hasil gilingan kering maka bisa langsung di kirim kepada perusahaan pembuat biji plastik.

Tips Sukses Menjalankan Usaha

Salah satu yang perlu di perhatikan dalam usaha ini adalah pada proses pembelian bahan, Botol dan gelas plastik yang masih kotor umumnya masih terdapat air didalamnya, ini akan merugikan karena akan memberatkan timbangan, dan umumnya kita sulit memprediksi kadar air didalamnya. Untuk meminimalisasi hal itu lebih baiknya kita membeli dari para pengepul bahan yang sudah siap giling, walau pun harga akan lebih mahal, tetapi perhitungan kalkulasi akan lebih jelas.

Selain itu dalam menjalankan usaha ini yang sulit adalah mencari bahan ketimbang menjualnya, untuk  itu di perlukan hubungan yang baik dengan para pengepul, agar barang nya mau di jual kepada kita. Bahkan tidak sedikit para pengusaha yang memberikan modal terlebih dahulu kepada para pengepul, itu dilakukan agar suplai bahan selalu lancar.