Usaha Coklat Rumahan Dan Cara Membuatnya

Cara membuat coklat cukup mudah untuk di lakukan, siapapun bisa mencoba dengan alat seadanya di rumah. Hanya saja jika berencana untuk memasarkan produk coklat hasil karya rumahan anda setidaknya di butuhkan beberapa kreasi agar produknya menarik perhatian.

Apakah usaha coklat rumahan ini bisa menjanjikan ? Tentu saja, sebabnya produk coklat ini semakin banyak di sukai sebagai makanan ringan setiap hari, selain itu juga cukup populer masyarakat menjadikan coklat ini sebagai buah tangan, cinderamata kepada teman dekat dan kerabat lainnya, sehingga permintaannya bisa di katakan tak pernah surut.

Apalagi jika kita pandai berkreasi dan kreatif membuat produk coklat ini menjadi lebih menarik, seperti beberapa contoh pelaku usaha yang sudah melakukannya, misalnya membuat coklat pedas, coklat dengan bentuk unik, coklat lolipop, dan lain sebagainya.

Bahkan ada salah seorang pebisnis yang bisa memasarkan coklatnya untuk keperluan acara-acara tertentu seperti ulang tahun, souvenir pernikahan, hingga digunakan sebagai bahan promosi perusahaan.

usaha coklat rumahan

Cara Membuat Coklat Rumahan

Sebetulnya akan di kreasikan menjadi apapun cara membuat coklat ini resep dasarnya sama saja, anda bisa berinovasi dengan menambahkan jenis makanan lain, atau di cetak dengan aneka ragam bentuk dan lain sebagainya. Berikut ini cara pembuatannya :

Advertisement
  • Potong coklat balokan menjadi kecil-kecil.
  • Lelehkan dengan cara di tim di atas wadah yang berisi air panas.
  • Setelah mencair, tinggal tuang kedalam loyang dengan cetakan bentuk yang di kehendaki.
  • Jika ingin mengisi coklat dengan makanan lain, isikan adonan setengahnya dahulu kedalam cetakan.
  • Lalu masukan kedalam frezer hingga coklat mengeras.
  • Dan masukan isian, bisa berupa biskuit, keju, buah atau bahan lain.
  • Selanjutnya tinggal isi kembali dengan adonan hingga cetakan penuh.
  • Terahir masukan kembali kedalam frezer hingga mengeras.

Hanya sesederhana itulah pada dasarnya cara membuat coklat rumahan ini, namun yang sulitnya adalah bagaimana inovasi kita terhadap produk agar bisa menarik.

Baca juga cara membuat yoghurt untuk usaha skala rumahan

Tips Sukses Usaha Coklat Rumahan

Sebelum memulai usaha coklat ini sebaiknya kita harus lakukan riset secara mendalam mengenai trend permintaan konsumen yang sedang meningkat. Sehingga kita bisa arahkan inovasi pada pembuatan coklat sesuai dengan target pasarnya.

Sebagai tahap awal kita bisa mempromosikan produk yang kita buat kepada rekan terdekat, kebanyakan pengusaha yang sukses dengan bisnis coklatnya pun di awali dengan cara demikian. Sedikit demi sedikit jika coklat buatan kita rasanya bisa di terima, secara otomatis saat mereka membutuhkan akan menghubungi kita.

Maka dari itulah seperti yang sudah di utarakan tadi, kunci kesuksesan dari bisnis ini adalah bagaimana kreasi dan inovasi kita dalam menghasilkan produk coklat yang menarik termasuk juga rasanya yang bisa di terima masyarakat, dan kreasi tersebut bukan hanya bisa di terapkan pada produknya saja, melainkan bisa pada tampilan, kemasan, atau bahkan cara unik dalam pemasaran.

Jangan lupa juga sambil berkreasi, perkaya selalu pengetahuan kita akan coklat yang beredar di pasaran saat ini karena cukup beragam aneka kualitas coklat yang akan di jadikan bahan dasar utamanya. Dengan begitu akan bisa membantu memunculkan ide-ide kreatif dalam pembuatannya.

Baca juga artikel cokelat kocok sukses hadir meramaikan bisnis minuman