Usaha Budidaya Ternak Lele Sangkuriang di Kolam Terpal

Banyak sekali keuntungan yang akan bisa anda dapatkan dengan membuka usaha ternak lele. Akan tetapi anda wajib untuk membuka usaha yang satu ini dengan persiapan yang matang supaya nantinya bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi anda.

Mengapa usaha ternak lele adalah jenis usaha yang populer? Hal ini jelas dikarenakan jenis usaha yang satu ini semakin banyak penggemarnya dari tahun ke tahun. Ditambah lagi, konsumsi ikan lele yang juga semakin meningkat membuatnya dicari oleh banyak orang dengan mudah.

Selain itu, anda juga akan melihat bahwa usaha yang satu ini akan bisa anda lakukan tanpa mengeluarkan uang dalam jumlah banyak. Apabila anda cukup jeli dalam menerapkan bisnis yang satu ini, sudah pasti banyak keuntungan yang akan anda dapatkan nantinya. Inilah tips dan langkah penerapan budidaya lele yang bisa anda lakukan.

Tips Melakukan Budidaya Ternak Lele

usaha ternak budidaya ikan lele

  • Gunakan Media Terpal Berkualitas

Pertama, tahap awal yang harus anda lakukan adalah menyiapkan mengenai media yang harus anda gunakan dalam budidaya ikan lele tersebut. Anda harus menyediakan media yang tepat. Salah satu media yang bisa anda gunakan nantinya adalah kolam terpal. Sebenarnya masih ada beberapa media lain yang bisa anda gunakan, diantaranya adalah kolam semen, keramba dan lain sebagainya.

Semua itu bisa anda sesuaikan masing-masing dengan kebutuhan yang anda miliki saat ini. Anda juga bisa memilih pilihan kolam yang hemat dan dan biaya. Untuk itu, sudah saatnya bagi anda untuk memilih pilihan kolam terpal karena cenderung memberikan anda harga yang relatif murah.

Advertisement
  • Tentukan Ukuran Kolam Terpal yang Hendak Dibuat

Kolam yang nantinya anda buat tersebut dianjurkan memiliki ukuran 1 sampai dengan 1 setengah meter supaya cahaya matahari bisa langsung menembus masuk ke dasar kolam yang anda buat tersebut. Ditambah lagi, ini juga sangat bagus untuk perkembangan bakteri yang ada dalam kolam anda tersebut. Sementara itu untuk ukuran kolam yang bisa anda sediakan nanti bisa dengan ukuran 2 x 4 meter, 3 x 4 meter atau anda juga bisa memilih kolam dengan ukuran 3 x 5 meter.

  • Siapkan Bibit Unggul

Kedua, anda bisa menyiapkan bibit ikan lele yang unggul. Persiapan bibit yang unggul akan bisa memberikan bibit lele yang berjumlah 200 sampai dengan 400 ekor untuk setiap meter perseginya. Oleh karena itu, anda wajib untuk mempertimbangkan terlebih dahulu mengenai berapa jumlah bibit yang nantinya harus anda sebar akan bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal bagi anda.

  • Lakukan Pemupukan

Kemudian, anda juga harus melakukan pemupukan dan juga pengapuran terhadap kolam yang anda miliki tersebut. Akan tetapi, sebelumnya anda harus melakukan pengeringan terlebih dahulu terhadap kolam tersebut. Langkah untuk melakukan pengapuran bisa anda lakukan dengan menggunakan kapur dolomit. Anda juga melakukan pemupukan ke bagian dasar kolam tersebut. Hal ini bertujuan untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh bakteri yang ada dalam kolam anda tersebut.

  • Siapkan Pakan Ikan Berkualitas

Tahap selanjutnya adalah dengan mempersiapkan benih yang akan anda sebarkan ke kolam tersebut. Ada beberapa hal yang harus anda ketahui dalam penyebaran benih lele tersebut. Ikan lele dapat hidup di suhu lingkungan sekitar 20 derajat sampai dengan 28 derajat celcius.

Oleh karena itu, merupakan hal yang penting bagi anda untuk menyiapkan kolam dengan suhu tersebut. Sebaiknya, anda juga tidak menyiapkan kolam ikan lele yang berasal dari limbah pabrik karena hal tersebut akan sangat merugikan bagi budidaya ikan tersebut. Jangan lupa untuk memilih dan memberikan pakan yang tepat bagi ikan lele yang anda budidayakan ini.  Baca juga artikel : Untung Besar Budidaya Ikan Patin , Solusi Merintis Usaha Ternak Kenari