Usaha Angkringan Dan Analisa Modal Menjalankannya

Membuka usaha warung angkringan merupakan salah satu solusi untuk menjalankan usaha dengan modal yang kecil. Namun meski bisa berjalan dengan modal yang kecil, bukan berarti keuntungan yang didapatkan juga akan seadanya. Bisnis ini adalah salah satu yang bisa menghasilkan keuntungan yang besar dengan di danai modal yang kecil.

Mengapa bisa demikian ? salah satu sebabnya adalah keuntungan dari usaha makanan rata-rata bisa berlipat dibandingkan dengan usaha lainnya. Ditambah lagi konsumennya juga tidak pernah sepi karena merupakan kebutuhan utama. Terlebih dalam usaha angkringan ini sekarang sedang diminati masyarakat, selain harga aneka menu makanannya terjangkau, makan di warung nasi angkringan ini menyuguhkan suasana yang berbeda dari tempat makan lainnya.

Suasana makan dimalam hari dengan disuguhkan aneka jenis menu masakan langsung di depan pengunjung, meski menunya sederhana namun bisa menciptakan suasana yang nyaman seperti dirumah sendiri. Makan di warung angkringan ini bisa lebih menciptakan keakraban baik bersama rekan atau bahkan dengan pengunjung yang lain, sehingga tidak heran pengunjung betah berlama-lama berada di tempat seperti ini.

Analisa Modal Usaha

Sederhana ! kata tersebut bisa mewakili modal usaha angkringan ini. Tempat usaha tidak perlu mewah dan luas, cukup dijalankan di lingkungan yang bersih dan tenang sudah cukup untuk bisa menjalankan usaha ini. Menyediakan tempat seperti ini tentunya tidak perlu dengan mencari modal usaha yang besar, cukup di luar rungan dengan beratapkan tenda, serta meja penghidang makanan dan juga tempat duduk dari kayu, ataupun jika memungkinkan cukup dengan menyediakan alas tikar sebagai tempat duduk lesehan, itu sudah bisa menarik perhatian konsumen.

Lalu modal usaha angkringan selanjutnya adalah penyediaan menu makanan. Dalam hal ini pun tidak perlu menggelontorkan dana yang besar, karena sajian makanan di usaha angkringan umumnya dari jenis makanan sederhana. Misalnya saja seperti bacem tahu, tempe, sate telor puyuh, aneka gorangan, ikan asin, ceker ayam dan sebagainya, sedangkan untuk menu minuman cukup sediakan es teh manis, air jeruk, wedang, kopi dan aneka minuman sederhana lainnya.

modal usaha angkringan

Dengan melihat menu-menu makanan di atas tentunya pembaca sekalian sudah dapat memperkirakan berapa modal usaha angkringan yang di butuhkan, makanan-makanan dan minuman tersebut rata-rata berada di kisaran harga jual di bawah 5 ribu saja, sehingga dengan menyediakan modal misalnya sebesar 1 hingga 2 juta saja untuk menu makanan dan minuman, itu sudah bisa cukup beragam menu yang bisa kita tawarkan.

Ditambah dengan modal untuk menyediakan warung tempat berjualan, maka kami analisa modal usaha angkringan ini bisa berjalan dengan modal di bawah 5 juta.

Baca juga tips dan strategi berbisnis dengan modal kecil

Tips Menjalankan Usaha

Yang menjadi daya tarik utama konsumen memilih tempat makan di warung angkringan ini adalah suasana yang nyaman dan juga harga yang terjangkau, setelah itu poin selanjutnya adalah rasa masakan yang enak. Maka dengan begitu poin-poin ini penting untuk kita perhatikan agar sukses menjalankan bisnis angkringan ini.

Menciptakan suasana makan yang nyaman untuk usaha angkringan ini bisa kita upayakan dengan menyediakan tempat yang mendukung, juga dengan memberikan pelayanan yang ramah. Misalnya saja dengan mempersilahkan pengunjung mengambil makanannya sendiri atau prasmanan, dengan begitu pengunjung akan merasa leluasa mengambil porsi sesuai kebutuhannya.

Sedangkan untuk dapat menerapkan harga yang terjangkau pada setiap menu makanan, bisa kita upayakan dengan selalu berbelanja bahan masakan di tempat grosir atau produsennya langsung. Lalu upayakan juga  dengan membuat potongan-potongan makanan yang tidak terlalu besar, cukup alakadarnya namun tetap pertimbangkan porsi yang sesuai.

Baca juga artikel tips cara memulai usaha kuliner untuk pemula