Untung Rugi Menyewa Tempat Usaha

Untuk menjalankan sebuah usaha yang membutuhkan tempat, bagi yang enggan membeli atau menggunakan tempat sendiri terdapat pilihan yaitu dengan cara menyewa atau mengontrak. ini merupakan solusi bagi yang ingin menjalankan usaha dengan modal yang terbatas, karena untuk membeli sebuah lokasi usaha akan membutuhkan dana yang besar.

Sebagai contoh kasus, misalnya saja kita memiliki dana sebesar 200 juta, dan hendak membuka usaha. Pilih mana? dana 100 juta di gunakan untuk membeli tempat usaha, atau dana 20 juta per tahun di gunakan untuk menyewa tempat usaha.

Perlu beberapa pertimbangan sebelum memutuskan akan menyewa sebuah tempat untuk usaha, selain strategisnya lokasi tersebut, kita juga perlu pertimbangkan beberapa hal, seperti yang akan dibahas di artikel kali ini, mengenai untung dan ruginya menyewa tempat usaha.

Keuntungan Menyewa Tempat Usaha

1. Mengurangi Biaya Modal

Seperti yang sudah disinggung diatas, dengan menyewa kita bisa mengurangi pembiayaan modal. Namun ini berlaku jika tempat yang akan disewa hanya akan diperuntukan sebagai tempat usaha, lain cerita jika selain untuk digunakan usaha kita juga memerlukan tempatnya untuk keperluan lain, seperti misalnya untuk tempat tinggal atau lainnya.

2. Tersedia Dana Untuk Modal Usaha

Untuk menjalankan usaha maka tentu saja akan membutuhkan sejumlah modal seperti untuk pengadaan barang, tatanan ruangan, biaya pelengkapan usaha, biaya promosi dan sebagainya. Dengan begitu dana yang tadinya akan digunakan untuk membeli tempat usaha, bisa kita tambahkan pada keperluan tersebut, sehingga memungkinkan untuk membuka usaha yang lebih berskala besar atau lengkap.

3. Biaya Perawatan Tempat

Dengan mengontrak tempat kita akan terbebas dari biaya perawatan jika terjadi kerusakan yang terjadi bukan karena pihak pengontrak. seperti misalnya saja atap yang bocor, saluran air dan listrik yang rusak, dan sebagainya. Termasuk juga biaya untuk pengurusan surat-surat serta pajak tahunan.

4. Mudah Untuk Berganti Ke Lokasi Lain

Jikalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti lokasi kurang cocok dengan bidang usaha yang di jalankan, atau suasana lingkungan yang buruk. Kita bisa saja mengurungkan niat untuk melanjutkan menyewa tempat tersebut.

Advertisement

Kerugian Menyewa Tempat Usaha

untung rugi menyewa tempat usaha

1. Terdapat Beban Pada Usaha

Maksudnya adalah, biaya sewa tempat akan menjadi sebuah beban yang harus di tanggung oleh usaha kita. Biaya tersebut tentunya harus didapatkan dari keuntungan hasil usaha, sehingga kita harus rela menyisihkan sebagian keuntungan untuk biaya tersebut.

2. Beresiko Tidak Bisa Melanjutkan Sewa

Disaat kita merintis usaha dan bisa saja pertumbuhannya sedang mengalami peningkatan, pemilik tempat berhak untuk menghentikan proses penyewaan jika mereka membutuhkannya untuk hal lain. Ini tentu saja akan merugikan kita sebagai pelaku usaha yang sedang berjuang mengembangkan bisnisnya.

3. Tidak Mendapatkan Keuntungan Dari Nilai Properti

Seperti yang kita ketahui bahwa nilai sebuah properti sangat berlipat seiring waktu berjalan, dari sini kita kehilangan kesempatan untuk menghasilkan keuntungan, bahkan sebaliknya umumnya biaya sewa tempat akan naik setiap tahunnya, maka biaya sewa akan semakin tinggi.

4. Tidak Leluasa Menata Kontruksi Bangunan

Dengan menyewa tempat usaha tentunya kita tidak akan leluasa untuk mendesain layout ruangan, misalnya saja jika kita membutuhkan sekat tembok untuk memisahkan ruangan, kita memerlukan ijin ke pemilik terlebih dahulu untuk melakukannya, dan itu belum tentu di setujui jika perubahan yang di inginkan terlalu besar.

Kesimpulan

Dari keuntungan dan kerugian yang sudah di bahas di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa sebetulnya menjalankan usaha di tempat milik sendiri akan lebih bisa menguntungkan kedepannya. akan tetapi itu semua harus bisa kita pertimbangkan secara matang terutama di faktor ketersedian dana yang dimiliki.

Sebagai pilihan, bisa saja kita memilih untuk membeli tempat usaha di bandingkan dengan menyewa, selanjutnya tempat tersebut bisa dijadikan sebagai agunan pinjaman ke bank, sehingga dengan begitu tempat kita miliki dan tersedia juga dana tambahan untuk pengembangan usaha. Namun cara ini sebaiknya di teliti secara lebih rinci lagi, karena nantinya kita akan memiliki hutang yang harus di selesaikan.

Baca juga artikel Tips Menyewa Tempat Untuk Usaha