Untung Besar dari Usaha Kecil Menengah Ini

ide usaha kecil menengahUsaha Kecil Menengah (UKM) merupakan primadona perekonomian suatu negara. Pasalnya, jenis usaha ini adalah usaha yang banyak membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat luas. Hingga saat ini jumlah usaha kecil menengah sudah tidak dapat dihitung dengan jari. Meskipun terkadang pesaing selalu bertambah, namun hal itu tidak begitu berpengaruh terhadap jumlah pedagang yang mengembangkan usahanya.

Peluang usaha kecil menengah akan selalu terbuka bagi siapa saja yang memiliki jiwa wirausaha. Akan tetapi, bukan berarti orang yang tidak memiliki jiwa usahawan tidak mampu ambil peran. Pada dasarnya usaha kecil menengah ini dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang derajat sosial. Yang dibutuhkan dalam usaha ini adalah rasa tahan banting dan jiwa kreatif untuk mengembangkan usahanya.

Namun, meskipun peluang bisnis terbuka lebar, ternyata tidak sedikit juga yang merasa kesulitan menentukan jenis usaha yang akan dikembangkan. Sebagian mereka beralasan tidak ada modal, tidak memiliki pengalaman, tidak memiliki pengetahuan bisnis, bahkan takut gagal. Dan sangat sedikit yang mampu menghancurkan semua keraguan tersebut.

Nah, bagi anda yang masih memiliki jiwa pengusaha, berikut ini adalah beberapa jenis bisnis UKM yang memiliki prospek bagus dan sangat menjanjikan untuk meraih kesuksesan. Bahkan tidak harus memiliki modal besar.

1. Usaha Kecil Menengah Bidang Makanan

Usaha kecil menengah di bidang makanan selalu memberikan peluang terbesar bagi pengusaha. Sebab, semua manusia pasti membutuhkan makanan. Dan kebanyakan manusia juga suka terhadap makanan yang bervariasi seperti makanan gorengan, kue, nasi, dan lain-lain.

Rahasia kesuksesan usaha kecil menengah sebenarnya terletak pada faktor kali. Maksudnya, untuk mengembangkan usaha makanan anda tidak bisa mengandalkan keuntungan berlipat hanya dengan satu outlet. Prinsipnya, semakin banyak outlet atau cabang yang anda dirikan maka pundi-pundi rupiah pun akan banyak terkumpulkan.

Advertisement

Meskipun jenis usaha makanan tersebut tergolong murah atau jajanan. Misalnya, usaha kecil menengah dalam bentuk bakso, mie ayam, soto, dan lain sebagainya. Semakin banyak anda menyebar bisnis yang sama dengan ciri khas yang kreatif dan baru maka bisa jadi hal itu akan mampu memikat hati pembeli.

2. Usaha Kecil Menengah Bidang Pakaian

Usaha kecil menengah bidang pakaian hampir sama dengan usaha makanan. Hanya saja, apabila anda berminat menekuni usaha pakaian yang perlu diperhatikan adalah nilai lebih dari suatu produk pakaian. Misalnya, saat ini sedang booming pakaian model korea. Melihat pasar yang seperti itu maka anda bisa memulai usaha pakaian dengan fokus produk model korea, atau khusus busana muslim dengan hiasan model korea.

Pada intinya, model pakaian atau fashion selalu berkembang dari masa ke masa. Hal inilah yang harus diperhatikan oleh pengusaha fashion. Semakin cerdas dalam membaca pasar maka keuntungan dari usaha ini pun akan terbuka lebar.

Namun, yang lebih penting lagi untuk diperhatikan ialah fokus konsumen atau pasar. Jangan pernah berpikir bahwa keuntungan akan lebih besar jika lebih banyak produk yang dijual. Sebenarnya, cukup fokus dengan satu jenis pakaian saja maka orang akan selalu merujuk toko anda untuk membeli suatu pakaian model tertentu. Semakin fokus maka pembeli pun akan semakin kenal karakter toko pakaian anda.

3. Usaha Kecil Menengah Bidang Bisnis Online

Saat ini bisa dikatakan jika internet memiliki kedudukan yang sama dengan makanan. Internet bukanlah suatu yang asing lagi bagi semua masyarakat dunia. Nah, peluang ini pun dapat menjadi ide bisnis usaha anda.

Apabila saat ini anda telah memiliki bisnis offline (real) maka sudah saatnya anda membuat duplikatnya di dunia maya. Dan bagi anda yang belum memiliki aset usaha di internet maka sudah saatnya anda membukanya. Banyak jenis usaha kecil menengah yang dapat anda tekuni melalui internet. Mulai dari bidang Reseller, Menjual Aplikasi, Online Shop, Jasa Advertising, Jasa Penulisan, Bisnis MLM, dan lain-lain.

Melihat potensi internet yang selalu menjanjikan maka sangat rugi apabila bisnis anda tidak membidik pasar yang sangat potensial tersebut. Semua jenis bisnis yang sedang anda jalankan pasti bisa untuk dipasarkan melalui internet. Kuncinya adalah kegigihan dan keseriusan anda dalam mengembangkan bisnis tersebut.

Selain ketiga jenis usaha tersebut tentu masih banyak lagi yang lainnya, seperti usaha kecil menengah bidang pendidikan, bidang pertanian, bidang jasa, dan lain sebagainya.