Untung Besar Budidaya Ikan Patin

Peluang usaha datangnya dari mana saja. Asalkan kita mau melihat dengan jeli disekitar kita, peluang usaha pasti tersedia. Tinggal bagaimana langkah kita selanjutnya mengembangkan peluang usaha tersebut hingga menjadi sebuah usaha yang siap dirintis dari awal dan menghasilkan keuntungan yang besar.

Salah satu peluang usaha menjanjikan datangnya dari peluang usaha budidaya. Budidaya disini dapat berupa budidaya sayuran seperti jamur yang sekarang ini permintaannya sedang melonjak tajam, atau bisa jadi budidaya tanaman hias yang tidak kenal matinya seperti Aglaonema dan Sencivera. Peluang usaha budidaya yang tidak kalah prospeknya adalah budidaya ikan semisal lele, gurame dan budidaya ikan yang saat ini permintaannya melonjak tajam adalah ikan patin.

budidaya ikan patin

Permintaan Ikan Patin

Beberapa waktu yang lalu kementerian kelautan dan perikanan memberikan targat produksi ikan patin sejumlah 1.1 juta ton. Target ini dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumsi ikan patin yang terus meningkat dikalangan masyarakat. Jumlah yang ditagetkan kementerian kelautan dan perikanan ini melonjak tajam ketimbang kebutuhan ikan patin tahun lalu yang hanya mencapai jumlah 600 ribu ton. Karena itu saat ini kementerian kelautan dan perikanan sedang menggalakkan program budidaya ikan patin dalam rangka memenuhi target permintaan ikan patin yang datang dari dalam dan juga luar negeri. Ini adalah sebuah peluang usaha budidaya yang tidak bisa disia-siakan begitu saja yang datang dari budidaya ikan patin.

Advertisement

Bahkan untuk mendukung program penggalakan budidaya patin tersebut, pemerintah membangun unit pengolahan ikan fillet patin yang beradi di Jambi, Riau, Jawa Barat dan Jawa Timur. Pemerintah mengharapkan dengan dibangunnya unit pengolahan ini, penyerapan produksi ikan patin dapat terjadi dengan maksimal. Selain itu melalui unit pengolahan ini diharapkan teknologi pengolahan panen ikan patin dapat ditingkatkan sehingga produk ikan patin Indonesia bersaing dengan ikan patin milik negara lain.

Budidaya Ikan Patin

Budidaya ikan patin tidaklah sesulit ikan lele dan gurame. Ikan patin cukup tahan berada dihabitat kolam air tawar meski habitat sebenarnya adalah sungai. Namun sebelum melakukan budidaya, pastikan kondisi kolam cukup baik untuk ikan patin. Jika kolam tanah pastikan tanahnya adalah tanah liat atau lempung. Jika budidaya dilakukan dalam jala sungai, pilih sungai dengan arus lambat. Jangan lupa untuk memastikan bahwa air kolam terbebas dari polutan atau bahan kimia tertnetu yang beracun sehingga membahayakan patin.

Saat pemijahan patin lakukan pada kolam yang dekat dengan sumber air. Sehingga air selalu digantikan. Kondisi ini sangat cocok untuk pemijahan patin. Sedangkan perawatan ikan patin tidaklah terlalu rumit mengingat makanan ikan patin dapat diberikan selayaknya makanan ikan budidaya biasa. Usahakan memberikan obat anti jamur karena ikan patin sangat rawan terhadap terjangkitnya jamur. Ikan patin dapat dipanen setela berumur 6-7 bulan. Saat melakukan panen harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari pelukaan dan kematian karena kekurangan air pada ikan patin.