Trik SEO Khusus Untuk Mendukung Berjualan di Tokopedia

Jualan di Tokopedia memang cukup menjanjikan melihat betapa banyaknya konsumen loyal di marketplace ini. Namun karena ada banyak sekali konsumen yang siap membeli barang di Tokopedia setiap harinya, secara otomatis persaingan jualan online di marketplace ini juga semakin meningkat.

Melihat ketatnya persaingan jualan disana sekarang, jelas anda harus berpikir keras untuk membuat toko online anda tampil lebih menonjol dibandingkan dengan kompetitor anda.

Menariknya, ternyata jualan di Tokopedia juga mengenal istilah SEO atau Search Engine Optimization. Yang dimaksud dengan SEO adalah optimasi mesin pencarian agar produk atau toko anda lebih sering dilihat oleh konsumen. Semakin banyak konsumen yang melihat produk yang anda tawarkan, hukumnya akan semakin banyak produk yang terjual.

Lalu bagaimana trik SEO yang bisa membantu anda dalam jualan di Tokopedia? Jika anda ingin menonjolkan produk atau toko anda di marketplace Tokopedia menggunakan SEO, anda bisa mempelajari trik-triknya di artikel ini.

Trik SEO Khusus Untuk Mendukung Berjualan di Tokopedia

4 Trik SEO yang Terbukti Dapat Membantu Jualan di Tokopedia

Jika anda ingin mendongkrak omset berjualan di Tokopedia, berarti anda harus membuat toko atau produk anda lebih banyak dilihat orang. Bagi anda yang ingin produk atau toko anda lebih sering dilihat di marketplace Tokopedia, anda bisa menerapkan beberapa trik SEO sederhana berikut ini:

  1. Buat judul produk yang lengkap

Hal pertama yang membuat produk anda lebih sering dilihat orang adalah judulnya. Jadi pastikan untuk membuat judul produk selengkap mungkin.

Misalkan anda menjual sepatu wanita, buatlah judul yang lengkap seperti “sepatu high heel import murah”.

Ada beberapa hal yang menarik di dalam judul produk tersebut. yang pertama adalah jenis dari sepatu yang anda jual yaitu high heel, kemudian darimana asal produk tersebut yang dijelaskan dari kata import, dan juga berapa harganya yang dijelaskan dengan kata murah.

Di dalam pembuatan judul produk untuk mendukung jualan di Tokopedia, pastikan untuk tidak melakukan secara berlebihan. Contoh pembuatan judul produk yang berlebihan adalah seperti sepatu sepatu high heel slot KW import murah.


Judul seperti itu bisa dikategorikan sebagai judul yang spam di Tokopedia. Biasanya, produk-produk yang diberikan judul seperti itu justru tidak akan dimunculkan pada hasil pencarian konsumen.

  1. Optimasi filter harga termurah

SEO lain yang digunakan untuk mendukung berjualan di Tokopedia adalah harga. Tokopedia memiliki filter khusus untuk memudahkan pembeli mencari jenis produk tertentu dengan harga termurah.

Untuk menyiasati hal ini, carilah harga termurah produk yang anda jual di Tokopedia. Jika anda sudah menemukan penawaran harga termurah untuk produk yang anda jual, perhatikan apakah anda masih bisa menjual dengan harga dibawah harga termurah tersebut.

Jika memang anda masih mampu menjual dibawah harga termurah, lakukan sekarang juga. Namun jika anda tidak bisa menurunkan harga jual dibawah harga termurah, turunkan harga produk anda sebanyak Rp 100 atau maksimal Rp 500.

Ya, cara tersebut memang bisa dikatakan murahan. Namun cara tersebut cukup efektif untuk mendukung jualan di Tokopedia terutama untuk optimasi filter harga termurah.

  1. Optimasi filter produk terbaru

Selain harga termurah, Tokopedia juga menggunakan filter produk terbaru untuk memudahkan pembeli dalam memilih produk. Filter produk terbaru tersebut bisa diatasi dengan mengunggah ulang produk-produk anda yang sudah cukup tidak laku.

Optimasi tersebut tidak hanya dapat membuat produk atau toko anda dilihat banyak orang saja, namun secara otomatis andapun memiliki kesempatan untuk menjual produk-produk yang selama ini kurang laku.

  1. Optimasi foto produk

Optimasi terakhir yang dampaknya sangat besar untuk mendukung jualan di Tokopedia adalah optimasi pada bagian foto produk. Jangan pernah menggunakan foto produk yang sama dengan toko lain. Kenapa? Karena foto produk yang sama membuat konsumen ragu untuk membeli produk di toko anda. Jika memang anda tidak memiliki akses untuk membuat foto produk sendiri, anda bisa membuat foto produk yang berbeda dari toko lain dengan cara mengeditnya.

Baca Juga Artikel :

Bagaimana? Anda sudah paham bukan mengenai trik-trik SEO yang dapat mendukung jualan di Tokopedia? Anda bisa menggunakan trik-trik tersebut secara terpisah maupun dikombinasikan menjadi satu. Jika anda ingin benar-benar meningkatkan omset berjualan di Tokopedia, coba kombinasikan 4 trik SEO khusus tersebut.