Trik Penawaran Produk yang Membuat Konsumen Mau Membeli Sekarang Juga

Marketplace memang sangat membantu penjualan produk secara online. Sekarang semua orang bisa dengan mudah berjualan online bahkan tanpa membutuhkan modal apapun.

Namun demikian, ternyata marketplace juga mempunyai efek negatif bagi penjual online lainnya. Dengan semakin banyaknya marketplace, maka konsumen juga semakin mudah melakukan window shopping.

Ya, konsumen di jaman sekarang cenderung membandingkan produk yang dijual di satu toko online dengan toko lainnya. Hal ini disebabkan karena konsumen bisa dengan mudah mengakses produk-produk yang ditawarkan secara online.

Oleh sebab itu, strategi banting harga saja masih belum bisa mendongkrak penjualan anda. Mau tidak mau anda harus merubah strategi penawaran produk anda jika ingin bisa bersaing di marketplace.

Sebenarnya ada banyak sekali trik penawaran produk yang bisa mengatasi masalah window shopping tersebut. Jika anda ingin membuat penawaran yang bisa “memaksa” konsumen untuk membeli produk anda sekarang juga, anda bisa pelajari hal tersebut selengkapnya di artikel ini.

Baca Juga Peluang Bisnis Online, Dengan Dan Tanpa Modal

Trik Penawaran Produk

4 Trik Penawaran Produk yang Bisa Mempercepat Closing Konsumen

Perlu anda ketahui bahwa memberikan kesempatan calon konsumen mencari produk di tempat lain adalah satu hal yang salah. Mayoritas konsumen yang mencari produk sejenis di toko lain bisa saja tidak akan pernah kembali lagi. Oleh sebab itu, anda harus benar-benar memaksimalkan satu kali kesempatan untuk melakukan closing ketika ada konsumen yang tertarik dengan produk anda.

Namun demikian, jangan sampai anda tampak memaksa konsumen untuk segera membeli produk anda. Lakukan hal tersebut dengan trik yang benar.

Berikut ini adalah beberapa trik penawaran produk yang sangat efektif dalam mempercepat closing konsumen yang bisa anda terapkan:

  1. Tunjukkan manfaat produk yang anda jual

Trik yang bisa mempercepat closing pertama adalah dengan cara menunjukkan manfaat produk yang bisa didapatkan oleh konsumen.

Yang dimaksud menunjukkan manfaat produk ini bukan menjelaskan mengenai fitur apa saja yang dimiliki oleh produk anda. Yang dimaksud menjelaskan manfaat produk yang anda jual ini lebih menjurus pada apa yang konsumen bisa dapatkan setelah membeli produk anda.


Misalkan anda menjual suplemen untuk menurunkan berat badan, jangan menyebutkan manfaatnya seperti bisa menurunkan berat badan, tidak ada efek samping, dan lain-lain. Namun jelaskan apa yang konsumen bisa dapatkan setelah rutin mengkonsumsi suplemen tersebut. Misalkan saja konsumen anda akan memiliki bentuk tubuh yang selama ini diinginkan, lebih disayang suami atau pacar, atau bisa mengkonsumsi makanan apapun tanpa perlu takut berat badan bertambah.

  1. Tunjukkan masalah apa yang bisa dialami konsumen jika tidak membeli produk anda

Ya, sekilas memang trik penawaran produk kedua ini tampak seperti ancaman. Namun yang dimaksud sebenarnya adalah menjelaskan mengenai kerugian apa saja yang akan dialami oleh konsumen jika tidak membeli produk anda sekarang juga.

Ambil contoh jika anda menjual suplemen penurun berat badan, masalah yang bisa diangkat jika konsumen tidak membeli produk anda sekarang juga adalah seperti bentuk tubuh akan semakin tidak proporsional, risiko menderita penyakit berbahaya semakin meningkat karena mengalami obesitas, suami atau pacar mulai tidak perhatian, dan masih banyak lagi.

Mayoritas orang merasa takut kehilangan sesuatu. Oleh sebab itu, mereka biasanya akan membeli produk yang bisa mencegah masalah-masalah yang mereka takuti.

  1. Tunjukkan testimoni dari konsumen lain yang sudah membeli produk anda

Testimoni dari konsumen yang sudah membeli produk anda juga bisa digunakan sebagai media penawaran produk yang efektif.

Mayoritas orang ingin bukti bukan hanya janji. Oleh sebab itu, testimoni juga akan sangat berpengaruh pada penjualan. Jika anda menjual suplemen penurun berat badan dan bisa menunjukkan bukti foto dari konsumen yang sudah mencoba produk anda, maka kemungkinan besar konsumen lain juga akan berbondong-bondong membeli produk anda.

Baca Juga Contoh Testimoni Yang Bisa Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

  1. Tunjukkan keterbatasan stok produk

Jika anda sudah menerapkan trik penawaran produk sebelumnya, maka untuk mempercepat closing, anda sebaiknya juga menyinggung masalah keterbatasan stok produk.

Ketika konsumen sudah merasa tertarik dengan produk yang anda tawarkan, mereka belum pasti 100% akan membeli produk anda sekarang juga. Jangan biarkan konsumen menunda karena mayoritas konsumen yang menunda akhirnya tidak akan membeli.

Oleh sebab itu, jika konsumen sudah tampak tertarik dengan produk anda, segera berikan informasi mengenai stok produk yang sangat terbatas. Mayoritas orang yang sudah menyukai satu produk akan merasa takut kehilangan produk tersebut. Jadi dengan fakta terbatasnya stok tersebut akan membuat konsumen segera memutuskan untuk membeli produk yang anda tawarkan sekarang juga.

Bagaimana? Apakah menurut anda trik penawaran produk tersebut cukup sulit untuk diterapkan? Memang mungkin saja anda tidak bisa langsung lancar menerapkan trik tersebut, namun jika anda terus berlatih, kemungkinan trik-trik tersebut bisa anda lakukan secara efektif.