Trik Mengantisipasi Kompetitor Dalam Bisnis Online

Melihat legitnya peluang untuk menghasilkan keuntungan dari bisnis online, tak ayal hal tersebut banyak menarik minat pelaku bisnis untuk melakoninya. Secara otomatis persaingan di bidang bisnis ini pun terjadi sangat sengit, sedikit saja salah melangkah bukan tidak mungkin kita bisa dengan mudah dikalakan oleh kompetitor.

Tidak seperti bisnis di dunia nyata, persaingan antar pedagang online terjadi secara kasat mata. Kita tidak mengetahui lokasi tempat kompetitor berjualan, bagaimana gambaran skala bisnis yang mereka jalankan, serta bagaimana detail produk yang mereka jual dan lain sebagainya.

Padahal dalam menjalankan bisnis, sangat penting untuk kita ketahui bagaimana strategi atau cara bisnis para kompetitor. Disamping nantinya kita akan bisa mengantisipasi pergerakan mereka, dengan menganalisi kompetitor juga dapat memunculkan ide-ide baru yang belum pernah kita pikirkan.

Meski begitu seyogyanya langkah untuk mengantisipasi kompetitor harus dilakukan dengan cara persaingan yang sehat. Jangan sekali-kali melakukan persaingan dengan cara yang tidak di anjurkan, seperti perang harga misalnya, pasalnya cara-cara tersebut justru kedepan juga akan merugikan diri sendiri.

Dan berikut ini adalah beberapa trik untuk mengantisipasi pergerakan kompetitor dalam bisnis online, semoga saja bisa menjadi masukan yang bermanfaat untuk anda.

Mengantisipasi Kompetitor Dalam Bisnis Online

Membeli Produk Kompetitor untuk Analisa

Memiliki kompetitor yang menjual barang sejenis atau bahkan sama persis, maka kita harus berusaha menjual produk yang memiliki nilai tambah agar konsumen mau memilih produk kita.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjadi konsumen bayangan yang membeli produk pesaing, maksudnya ialah untuk menganalisa produk mereka, sehingga kita bisa memperkirakan pada sisi mana produk tersebut bisa kita maksimalkan fungsi dan kelebihannya.


Tidak hanya pada produknya, dengan cara ini kita juga bisa mengukur pelayanan kompetitor kepada konsumennya. Jika ada yang masih bisa di maksimalkan, kita bisa menerapkannya kepada calon pelanggan.

Mempelajari Toko Online Kompetitor

Pebisnis online umumnya akan memiliki media untuk menjual produknya di internet, baik itu berupa online shop, blog atau mungkin lapak di marketplace.

Dari melihat media yang digunakannya kita dapat mengetahui berbagai informasi seperti produk apa saja yang paling laris dibeli, produk apa saja yang stoknya kosong, dan lain sebagainya.

Selain itu kita pun dapat mempelajari bagaimana desain dan fitur toko online yang digunakan.

Ikuti Akun Media Sosial Pesaing

Media sosial saat ini seringkali dimanfaatkan pebisnis online untuk memperkuat bisnisnya. Baik dengan cara menggunakannya untuk berpromosi ataupu digunakan untuk menjual produk.

Jika kompetitor anda bisnis di media sosial hal ini pun dapat kita manfaatkan untuk menganalisa pergerakan mereka. Misalnya dengan mempelajari bagaimana cara mereka berpromosi, atau bahkan digunakan untuk menggaet pelanggan mereka.

Dengan mengikuti akun media pesaing, kita berpeluang mendapatkan informasi terkini mengenai strategi yang sedang di jalankan.

Baca Juga Tips Sukses Menghadapi Kompetitor Bisnis Yang Lebih Besar

Ketahui Program Promosi yang dijalankan Pesaing

Semakin gencar berpromosi tentunya sebuah bisnis akan lebih cepat dikenal oleh masyarakat secara luas. Oleh karena itu jika kompetitor kita lebih rajin mempromosikan bisnisnya dari pada kita, bisa jadi bisnis kita pun akan menjadi sulit dikenal.

Untuk mengantisipasinya sebisa mungkin kita harus mengetahui apa saja program promosi yang sedang mereka  jalankan, dengan begitu kita bisa melakukan program promosi tandingan agar tidak kehilangan pelanggan.