Trik Membuat Iklan di Facebook yang Berkualitas dan Berpotensi Viral

Iklan adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk meningkatkan tidak hanya brand awareness saja, namun juga tentu dapat meningkatkan konversi penjualan. Berbicara mengenai iklan, jaman sekarang ada banyak sekali media iklan, bahkan sudah ada beberapa media iklan online. Salah satu media iklan online yang cukup populer adalah Facebook Ads.

Facebook Ads terbukti sangat efektif untuk mengiklankan berbagai macam hal secara online. Namun sayangnya, masih belum banyak yang paham benar mengenai cara membuat iklan di Facebook. Kebanyakan orang enggan untuk mencoba belajar dengan menggunakan Facebook Ads karena memang fitur tersebut tidak gratis. Jika anda sudah pernah mencoba memasang iklan berbayar di Facebook, sebenarnya biaya yang anda harus bayar tergolong cukup murah jika dibandingkan dengan hasil yang anda dapatkan.

Kenapa biaya memasang iklan di Facebook tergolong murah? Karena jika iklan yang anda buat tergolong cukup menarik, kemungkinan besar iklan anda bisa dengan mudah viral di Facebook.

Menariknya lagi, ketika iklan anda sudah viral, anda tidak perlu lagi membayar biaya untuk memasang iklan sama sekali. Bagaimana? tertarik untuk mencoba membuat iklan di Facebook? Jika anda tertarik, anda bisa mempelajari bagaimana caranya membuat iklan yang berpotensi viral di Facebook lebih lengkap di artikel ini.

Trik Membuat Iklan di Facebook

Faktor-Faktor yang Harus Anda Perhatikan Dalam Membuat Iklan di Facebook

Tidak semua iklan yang dibuat dan dipasang di Facebook berpotensi viral. Ada beberapa faktor yang memang bisa membuat iklan di Facebook itu viral. Berikut ini adalah beberapa faktor yang harus anda perhatikan:

  • Apa Yang Akan Anda Iklankan?

Cukup banyak orang yang mengalami kerugian karena membuat iklan di Facebook bukan karena disebabkan oleh Facebook Ads kurang efektif untuk digunakan untuk memasang iklan. Kerugian tersebut sebenarnya benar-benar 100% karena kesalahan pengguna. Salah satu penyebab kerugian dalam memasang iklan berbayar di Facebook adalah anda tidak menentukan dengan jelas tentang apa yang akan anda iklankan.

Oleh sebab itu, sebelum anda memikirkan mengenai bagaimana cara membuat iklan di Facebook berpotensi viral, tentukan terlebih dahulu apa yang akan anda iklankan.

Apakah anda akan mengiklankan brand anda? Toko online anda? ataukah produk anda? Jika anda sudah menentukan apa yang ingin anda iklankan, nantinya anda akan lebih mudah dalam proses pengaturan iklan untuk ditampilkan di Facebook.

  • Siapa Target Market Anda?

Jika anda sudah menentukan apa yang akan anda iklankan di Facebook, selanjutnya yang juga perlu anda perhatikan siapa target market anda.

Memilih target market yang tepat juga akan sangat membantu meningkatkan kesempatan iklan anda menjadi viral di Facebook. Apa hubungannya target market dengan potensi viralnya sebuah iklan di Facebook?

Secara tidak langsung, pemilihan target market akan mempengaruhi konten iklan anda. Jika anda sudah mengetahui dengan jelas siapa saja target market anda, maka anda akan lebih mudah menentukan konten iklan seperti apa yang menarik bagi target market.

Jika konten iklan yang anda buat sangat tepat dengan target market, maka secara otomatis kemungkinan iklan anda untuk viral di Facebook pasti menjadi semakin besar.

Lalu bagaimana dengan budget? Apakah anda tidak perlu memikirkan masalah besarnya budget ketika membuat iklan di Facebook? Jika anda sudah memaksimalkan 2 faktor sebelumnya yaitu menentukan apa yang akan anda iklankan dan juga siapa target market anda, kemungkinan besar anda tidak membutuhkan budget yang terlalu besar untuk memasang iklan di Facebook.


Budget yang anda butuhkan akan semakin kecil terutama jika konten iklan yang anda buat juga berkualitas. Kenapa? Karena dengan konten iklan yang berkualitas, lebih banyak orang yang pasti membagikan iklan anda tersebut kepada orang lain.

Jika cukup banyak orang yang membagikan konten iklan yang anda buat di Facebook, berarti anda bahkan tidak perlu lagi membayar untuk memasang iklan di Facebook. Karena iklan anda sudah tersebar dengan sendirinya di Facebook.

Baca Juga Iklan Facebook Berbayar, Apakah Efektif Untuk Promosi Online?

Cara Membuat Konten Iklan di Facebook yang Memiliki Potensi Viral

Setelah mengetahui apa yang akan anda iklankan dan siapa target market anda, selanjutnya yang perlu anda perhatikan dalam membuat iklan di Facebook adalah konten.

Konten bisa dikatakan sebagai bagian inti. Sebuah produk sebaik apapun tidak akan laku keras di pasaran jika konten iklannya kurang menjual. Dengan memperhatikan proses pembuatan konten iklan, secara tidak langsung anda juga bisa menghemat banyak dana untuk mengiklankan sebuah produk.

Lalu bagaimana cara membuat konten iklan yang tergolong menarik dan juga berpotensi untuk viral di Facebook? Anda bisa membuat iklan yang menarik dan berpotensi viral jika di dalamnya terdapat salah satu dari beberapa poin berikut ini:

  • Materi Iklan Sedikit Misterius

Salah satu cara membuat iklan di Facebook yang kemungkinan viralnya cukup besar adalah dengan membubuhi kesan misterius di dalamnya. Kenapa iklan yang berbau misterius berpotensi viral di Facebook? Hal tersebut dikarenakan sifat dasar manusia yang semakin ingin tahu ketika ada satu hal yang misterius.

Cukup banyak brand-brand besar yang membuat iklan dengan konsep misterius. Beberapa diantaranya seperti brand-brand mobil mewah.

  • Materi Iklan Memainkan Emosi Penonton

Selain menggunakan konsep misteri, anda juga bisa membuat iklan di Facebook dengan konsep memainkan emosi penonton. Iklan-iklan yang memainkan emosi penonton terbukti juga sangat disukai. Yang dimaksud dengan memainkan emosi penonton adalah sebuah iklan yang membuat penonton merasakan kesedihan ataupun kegembiraan.

Kemungkinan sebagian besar dari anda sudah sering melihat iklan-iklan yang dibuat dengan konsep ini. Jika memang anda belum pernah melihat iklan yang dibuat dengan konsep memainkan emosi penonton, anda bisa melihat iklan-iklan dari perusahaan maupun produk Thailand.

Thailand memang jagonya dalam membuat iklan di Facebook yang dapat memainkan emosi penonton.

  • Materi Iklan yang Membesarkan Satu Masalah Tertentu

Di dalam dunia marketing, ada satu cara closing yang cukup efektif. Cara closing cepat tersebut adalah dengan membesarkan satu masalah yang bisa diselesaikan dengan menggunakan produk tertentu.

Ketika satu masalah diperbesar (yang tentunya masih masuk akal), secara otomatis orang-orang akan merasa ketakutan. Karena rasa takut terhadap masalah tertentu, mereka menjadi lebih aware dengan produk yang kita tawarkan (yang tentunya benar-benar bisa mengatasi ketakutan yang dibuat).

Bagaimana cara membuat iklan di Facebook dengan konsep membesarkan satu masalah tertentu? Iklan dengan konsep memperbesar satu masalah tertentu tersebut bisa anda lihat secara langsung seperti dari iklan-iklan polis asuransi.

Mayoritas iklan polis asuransi menunjukkan atau mengangkat satu masalah yang sebenarnya belum terjadi, namun sudah pasti akan dialami oleh semua orang. Mayoritas orang yang melihat pasti akan langsung merasa takut ketika hal yang ditayangkan di iklan tersebut dialami sendiri.

Jika konten iklan yang anda buat memang berkesan, kemungkinan besar orang-orang yang menonton iklan yang anda tayangkan di Facebook akan membagikannya kepada orang lain.

Baca Juga Jualan di Facebook, Apakah Masih Berpotensi di Jaman Sekarang?

Jadi sekarang anda sudah paham bukan bagaimana caranya membuat iklan di Facebook yang tidak hanya menarik namun juga berpotensi viral? Lalu kapan anda akan mulai membuat iklan untuk produk anda?