Tote Bag, Produk Potensial Jadi Peluang Bisnis Menguntungkan

Belakangan ini tote bag semakin laris di pasaran, salah satu sebabnya adalah semakin gencarnya upaya yang dilakukan banyak kalangan termasuk pemerintah untuk mengurangi jumlah penggunaan kantong plastik saat berbelanja. Seperti yang sudah diketahui efek banyaknya jumlah kantong plastik atau kresek yang beredar dapat membuat rusak lingkungan.

Bahkan dibeberapa supermarket dan minimarket terkemuka, konsumen yang berbelanja diharuskan membeli keresek jika bersikeras tetap ingin menggunakannya untuk membawa belanjaan.

Selain dengan adanya hal tersebut, totebag juga merupakan sebuah tas yang simple untuk digunakan setiap orang terutamanya wanita. Bentuknya sederhana, namun seiring waktu berbagai inovasi baru pada tote bag yang dilakukan membuat desain tas ini semakin trendy yang ahirnya banyak disukai.

Bagi yang masih bingung dengan istilah tas tote atau tote bag ini, sedikit gambarannya adalah tas fungsional yang berbentuk kotak dengan pegangan berupa tali melengkung yang dapat di jinjing ataupun di gantung dipundak. Ukuran tote bag sendiri rata-rata berkisar antara 30×30 cm ataupun lebih, sedangkan bahannya biasanya menggunakan kain kanvas atau katun dril yang dapat dengan mudah untuk dilipat, namun tidak meninggalkan kesan kusut.

Tote Bag

Fungsinya sendiri sebenarnya tidak diperuntukan untuk salah satu kebutuhan tertentu. Selain untuk membawa barang belanjaan, sebagai tas kuliah untuk membawa banyak buku juga dapat dimanfaatkan. Kelebihan lainnya, tentu tote bag ini dapat dipergunakan kembali sehingga tidak menjadi sampah.

Bagaimana Berbisnis Tote Bag ?

Tentu banyak cara berbisnis tote bag yang bisa kita lakukan, dari mulai sekedar menjadi reseller atau dropshipper hingga bukan tidak mungkin jika memiliki keterampilannya kita juga bisa menjadi produsen pembuat tote bag.

Menjadi reseller bisa dimulai dengan mencari pembuat atau grosiran yang menjual aneka macam jenis tote bag lalu memasarkannya secara eceran. Pemasarannya pun bisa dilakukan secara langsung kepada teman, kerabat dan orang lain atau bisa tempuh penjualan secara online. Tentunya akan lebih baik jika kita lakukan kedua pemasaran tersebut secara bersamaan.

Skala bisnis yang lebih serius bisa upayakan untuk memproduksi sendiri tote bag hasil karya kita. Dengan bisnis seperti ini pastinya produk dapat dijual dengan jumlah yang lebih besar serta margin keuntungan yang lebih tinggi karena dapat merekrut reseller sebanyak-banyaknya untuk menjual produk secara luas.

Namun begitu, menjadi produsen tote bag akan membutuhkan keterampilan pembuatannya dengan baik. Selain itu modal juga akan diperlukan lebih besar karena perlu adanya persiapan beragam mesin jahit produksi, biaya pengadaan bahan baku, serta biaya untuk membayar karyawan. Untuk tempat usahanya sendiri, karena barang yang diproduksi tidak terlampau berukuran besar usaha ini dapat dimungkinkan dijalankan secara rumahan.

Baca Juga :

Sedikit tips untuk menjankan bisnis tote bag, karena banyaknya fungsi dari tas ini sebaiknya sediakan secara lengkap berbagai jenis tote bag. Dari mulai yang paling sederhana dan berharga murah hingga tote bag lebih eksklusif untuk keperluan agak resmi semacam kuliah atau aktifitas lain.

Jangan lupakan juga inovasi baru sangat penting untuk dilakukan, salah satu caranya adalah dengan menyediakan jenis baru dari tote bag yang dapat menambah fungsinya ataupun memaksimalkan penampilannya. Seperti contohnya, konsumen dapat memesan tulisan atau gambar yang diinginkan pada tote bagnya.

Selamat Mencoba…