Toko Online Sepi Pembeli, Promosi Solusinya

Tidak seperti toko biasa ( offline ), toko online atau online shop memerlukan strategi tersendiri untuk dapat menjaring pembeli. Jika pada toko offline kita bisa mengandalkan orang yang lalu lalang melewati toko untuk bisa berpotensi menjadi konsumen yang berbelanja, hal ini tidak dapat terjadi pada toko online.

Maka dari itu, meski pun toko online sudah kita buat sebagus apapun, barang yang di jajakan sudah berkualitas dan berharga murah, masih saja tetap tidak ada pembeli yang berminat berbelanja. Mungkin anda melupakan salah satu hal yang paling penting dalam bisnis online ini untuk menarik pembeli, yaitu promosi.

Tanpa di promosikan toko online sebagus apapun tidak mungkin bisa menghasilkan penjualan, jangankan menjual, pengunjung yang membuka website kita pun tidak akan ada yang melakukan, toko online anda bagaikan menjadi sebuah katalog saja, tanpa aktifitas pembelian.

promosi toko online

Perlu kita sadari bahwa toko online ini tidak berwujud nyata layaknya toko di pinggir jalan, keberadaannya hanya bisa di temui di dunia maya dengan mengaksesnya menggunakan media internet. Selain itu jumlah toko online di internet juga sekarang ini sudah sangat banyak, dan banyak diantranya yang menjual barang yang serupa dengan barang kita jajakan. Maka dari itu wajib hukumnya melakukan promosi agar toko online kita bisa berjalan.

Promosi Paling Efektif Untuk Toko Online

Sebelum mulai di promosikan, pastikan juga untuk menganalisa toko online kita apakah benar-benar sudah layak untuk didatangi pengunjung dan melakukan pembelian. Analisa diantaranya meliputi, apakah barang yang kita jual bisa di jual secara online, apakah barang tersebut banyak di cari di internet, apakah harga jual bisa bersaing, dan apakah website toko online kita menarik dan mudah di pahami.

Baca juga produk paling laris dijual di online shop

Jika kesemuanya sudah memenuhi kriteria sebuah toko online yang baik, maka kita bisa lanjutkan kepada langkah promosi untuk menarik konsumen mengunjungi website kita.

1. Memasang Iklan

Salah satu promosi yang paling efektif dan hasilnya langsung instan adalah dengan cara mengiklankan toko online. Banyak diantaranya media di internet yang bisa kita manfaatkan dari yang gratis hingga berbayar, tentu saja hasil yang bisa kita dapatkan dari iklan berbayar akan lebih besar di banding dengan memasang iklan gratisan.

Advertisement

Salah satu yang paling populer dan kinerjanya baik untuk berpromosi adalah dengan memasang iklan melalui program Adword yang fasilitasi oleh google, seperti yang sudah banyak di ketahui bahwa google adalah sebuah mesin pencari yang paling banyak di gunakan di internet, selain itu banyak juga situs-situs yang menyediakan program pemasangan iklan lainnya.

Seringkali dalam berbisnis online kita mengabaikan langkah ini, sehingga tidak heran toko online yang di bangun dengan susah payah masih saja sepi dari pembeli.

Baca juga mengenal google adwords untuk promosi online

2. Gunakan Media Sosial

Media sosial kini sudah banyak di manfaatkan untuk berbagai keperluan tidak hanya sebagai sarana untuk bersosialisasi saja, diantaranya untuk berjualan dan mempromosikan toko online. Sebab penggunanya yang semakin banyak, juga sarana media sosial di internetnya yang semakin beragam bermunculan. Dengan ikut berpromosi di dalamnya, maka toko online kita pun akan semakin mudah untuk di temukan.

Salah satu media sosial yang sekarang ini sedang populer di gunakan diantaranya adalah instagram, Twitter, dan Facebook. Selain cukup efektif untuk menarik pengunjung untuk meramaikan toko online kita, berpromosi di media sosial juga bisa di lakukan dengan tidak menggunakan biaya alias gratisan, namun ada beberapa media sosial yang menyediakan program pemasangan iklan berbayar yang hasilnya tentu akan bisa lebih maksimal.

Baca juga tips laris manis jualan di instagram

3. Mudah Di Temukan Mesin Pencari

Mesin pencari atau search engine adalah salah satu sarana utama yang menghubungkan pengguna internet dengan toko online kita. Dengan mudah ditemukannya website toko online kita di search engine, maka dengan mudah kita akan mendapatkan pengunjung , sehingga akan jauh dari masalah toko online sepi pembeli.

Cara yang harus di lakukan untuk bisa populer di mesin pencari ini adalah dengan mempelajari teknik SEO ( Search Engine Optimization ). Meski teknik ini sedikit sulit untuk dilakukan, namun tetap bisa kita pelajari asalkan ada kemauan, lagi pula sekarang ini telah banyak para pakar yang mau berbagi ilmunya untuk mempelajari teknik ini, bahkan banyak juga penyedia jasa yang bersedia membantu melakukannya.

Itulah beberapa langkah penting untuk mempromosikan toko online kita di internet, dengan semakin terus bertumbuhnya pengguna internet maka bisnis toko online ini bisa menjadi sangat menguntungkan untuk di jalankan, dan sudah banyak juga pelaku bisnisnya yang bisa sukses dari bidang ini. Semoga anda menjadi salah satu di antaranya….