Tips Usaha Kantin Di Kampus, Kantor Dan Sekolahan

Menjalankan usaha di kantin kampus, perkantoran dan sekolahan sebetulnya sangat menguntungkan, sebabnya lokasi-lokasi tersebut termasuk tempat yang potensial didatangi pelanggan yaitu para siswa dan karyawan di dalamnya. Jumlah calon konsumen juga akan tersedia begitu banyak dan tertarget, serta dapat dipastikan mereka akan melakukan repeat order setiap harinya.

Jenis usahanya bisa beragam, namun yang paling umum di tawarkan di tempat seperti ini adalah aneka kuliner misalnya, jajanan, masakan, makanan dan minuman dan lain sebagainya. Sedangkan untuk produk lainnya, bisa juga menjajakan keperluan alat tulis, fotocopy, dan peralatan lain yang berhubungan.

Lokasi usaha yang sudah strategis dan potensial menghasilkan, selanjutnya juga tidak bisa dijalankan dengan asal-asalan. Karena bukan tidak mungkin tempat yang begitu baik tersebut jika usahanya tidak di kelola dengan benar, hasil yang di dapatkan juga tidak akan maksimal, atau lebih parahnya ditinggalkan pelanggan hingga gulung tikar.

Tentu kita tidak menginginkan itu terjadi pada bisnis yang sedang di jalankan. Untuk itu berikut ini ada beberapa tips mengelola usaha kantin di kampus, kantor dan sekolahan agar kinerjanya maksimal, semoga saja bisa memberikan masukan yang bermanfaat untuk kita semua.

tips usaha kantin

Analisa Pasar

Dalam memilih lokasi kantin untuk berjualan, perlu di analisa terlebih dahulu pasar konsumen yang menjadi target pelanggan, baik itu di kampus, sekolah maupun perkantoran. Apakah, jumlah siswa atau karyawan didalamnya cukup banyak, apakah sudah ada usaha sejenis seperti yang akan kita jalankan, juga perlu di perhatikan kalangan yang ada di lokasi untuk memperkirakan daya beli mereka.

Advertisement

Setelah hal-hal tersebut teranalisa dan tergambar, selanjutnya tentukan produk yang akan di jajakan. Usahakan produk yang kita tawarkan belum ada pesaing yang menjajakannya juga. Agar meminimalisasi terjadinya persaingan yang ketat. Untuk produk kuliner bisa dengan mudah kita memvariasikan aneka produk jualan agar berbeda dengan usaha lainnya.

Jaga Kualitas Dan Pelayanan

Produk apapun yang kita tawarkan di kantin, perlu diperhatikan haruslah memiliki kualitas yang baik. Sebabnya konsumen yang datang bisa di katakan terbatas hanya yang berada di dalam lokasi dimana tempat kantin berada, sehingga konsumen yang datang akan itu-itu saja. Jika kita tidak menjaga kualitas produk yang di jual serta pelayanannya, maka dengan mudah akan membuat kapok pelanggan, serta reputasi buruk tersebut akan dengan mudah tersebar kabarnya.

Variasikan Produk Jualan

Terlebih untuk yang berbisnis kuliner di dalam kantin kampus, kantor maupun sekolahan, selalu perlu kita variasikan aneka kuliner yang di jajakan, tentunya agar konsumen tidak bosan dengan makanan ataupun minuman yang itu-itu saja.

Bisa dengan cara menambah ragam kuliner yang di tawarkan, ataupun dengan berkreasi pada produk yang sudah ada, misalnya menambahkan aneka rasa kuliner yang bisa di pilih. Sesekali bisa juga kita cari informasi mengenai produk kuliner yang sedang populer di luaran area, dan menawarkannya di dalam.

Baca juga tips cara memulai usaha kuliner untuk pemula

Sediakan Fasilitas Memadai

Fasilitas yang lengkap bisa menjadi salah satu faktor untuk menarik pelanggan, kenyamanan berbelanja, menikmati kuliner di tempat, perlu kita sediakan agar pelanggan betah berlama-lama dan ujung-ujungnya bisa meningkatkan penjualan. Misalnya sediakan wifi gratis untuk pelanggan yang berada di area kantin, televisi, dan lain-lain.

Kebersihan dan keamanan tempat juga perlu kita jaga agar bisa menambah kenyamanan, meski fasilitas didalam kantin tidak mewah namun jika kebersihannya terjaga, itu cukup bisa menyenangkan pelanggan.

Baca juga mesin vacuum frying untuk usaha produk keripik buah