Tips Terhindar Lilitan Hutang Pinjaman Online

Pinjaman uang secara instan di jaman sekarang semakin mudah didapatkan, saat ini bahkan tanpa harus beranjak keluar rumah sejumlah dana untuk dipinjam bisa di dapat yaitu dengan melalui pinjaman online.

Praktis memang, saat terdesak memerlukan sejumlah uang dengan cepat sedangkan uang pribadi tidak mencukupi siapa pun dapat mengajukan pinjaman secara online. Layanan ini tentunya bisa mempermudah menyelesaikan berbagai masalah keuangan dengan cepat.

Namun begitu apakah menggunakan layanan semacam ini tidak memiliki sisi negatif ? Tentu saja tidak, dibalik kepraktisan yang bisa dirasakan ternyata juga ada kerugian yang akan didapat. Seperti salah satunya karena beberapa penyedia pinjaman online yang menerapkan nilai bunga yang sangat tinggi, sehingga membuat kesulitan saat telah terlilit hutang pinjaman online.

Untuk mewaspadainya, pada artikel berikut akan memberikan masukan mengenai tips agar terhindar lilitan hutang pinjaman online.

Tips Terhindar Lilitan Hutang Pinjaman Online

Hindari Meminjam di Perusahaan yang tidak Terdaftar di OJK

Dari sekian banyak perusahaan yang menawarkan pinjaman uang secara online, ternyata tidak semuanya mendapatkan izin resmi dari pemerintahan dalam hal ini OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Perusahan-perusahaan yang sudah terdaftar tentunya akan lebih aman untuk dipilih, termasuk dalam penerapan kebijakan bunga pinjaman seharusnya mereka menerapkan nilai yang wajar dan terbuka diketahui nasabahnya biaya-biaya yang harus ditanggung.

Untuk membedakan perusahaan yang telah terdaftar di OJK atau belum kita dapat mengetahuinya dengan mengunjungu situs resmi OJK secara langsung.

Baca Juga Situs Tempat Pinjaman Uang Online Tanpa Jaminan Terpercaya


Ketahui Secara Jelas Berbagai Biaya Beserta Besaran Bunga yang Diterapkan

Perlu di ketahui besaran bunga yang di kenakan perusahaan pinjaman online rata-rata nilainya lebih besar dibandingkan dengan perusahaan pinjaman konvensional. Begitupun dengan aneka macam biaya-biaya administrasi, denda dan lain sebagainya.

Meski begitu tentunya kita sebagai peminjam harus teliti dalam memilih, pilih perusahaan yang menawarkan biaya-biaya paling murah agar kedepan tidak menambah beban.

Pasalnya tidak sedikit perusahaan pinjaman online yang sesukanya menerapkan besaran biaya dan bunga yang sangat tinggi.

Jangan Mengajukan Pinjaman Untuk Kebutuhan Yang Konsumtif

Kebutuhan konsumtif diantaranya adalah seperti membeli barang yang bukan kebutuhan melainkan hanya demi memenuhi keinginan pribadinya saja, seperti misalnya memberi barang mewah, berfoya-foya dan sejenisnya.

Memenuhi kebutuhan konsumtif dengan mengandalkan uang pinjaman baik melalui online atau tidak sangatlah tidak disarankan karena akan beresiko terlilit hutang di kemudian hari.

Hendaknya pinjaman kita gunakan untuk kebutuhan produktif yakni kebutuhan yang digunakan untuk sesuati yang nilainya bisa terus meningkat, seperti untuk kebutuhan modal usaha, biaya jenjang pendidikan dan lain sebagainya.

Pastikan Kondisi Keuangan Memupuni Untuk Melunasi Hutang

Terahir dan yang paling penting agar terhindar dari lilitan hutang pinjaman online ialah memastikan kondisi keuangan kita sehat dan mampu membayar cicilan pinjaman setiap bulannya.

Banyak para ahli keuangan menyarankan, untuk menutupi biaya kebutuhan kredit cicilan sebaiknya nilainya tidak lebih dari 30 persen dari total pendapatan bulanan. Jadi misalnya pendapatan kita perbulan sebesar 10 juta rupiah, maka biaya cicilan pinjaman hendaknya tidak lebih dari 3 juta rupiah setiap bulannya.

Batasan nilai tersebut di buat dengan maksud agar biaya kebutuhan pokok harian tetap aman dan tercukupi, sehingga tanggung jawab cicilan hutang dapat terpenuhi hingga lunas.

Baca Juga Pinjaman Uang Online, Perhatikan Untung Ruginya

Kehadiran pinjaman uang secara online yang memudahkan hendaknya harus kita sikapi dengan bijak, jangan sampai terlena karena kemudahannya kita lupa memperhatikan berbagai poin penting agar terhindar dari lilitan hutang. Selain beberapa hal diatas kita juga perlu mengumpulkan informasi-informasi penting lainnya seputar pinjaman online agar tidak menyulitkan di masa yang akan datang.