Tips Sukses Usaha Laundry

Cukup banyak sudah usaha laundry ini kita temukan di barbagai tempat, dari usaha laundry kiloan berskala kecil hingga laundry eksklusif besar-besaran. Bisa-bisa karena sudah terdapat cukup banyak saingan bisnis laundry yang kita jalankan bisa tidak mendapatkan pelanggan.

Meski konsumennya juga seiring waktu terus bertambah, namun tetap membutuhkan tips usaha khusus agar kita mendapatkan pelanggan, tidak sedikit diantaranya usaha laundry ini yang sepi dari pelanggan, jangankan untuk mendapatkan keuntungan, untuk bisa bertahan pun akan sulit di lakukan.

Untuk bisa sukses dalam usaha laundry ini banyak yang harus di lakukan, kita harus mempersiapkan berbagai strategi agar kelangsungan usaha bisa terus berjalan, dan berikut ini adalah beberapa tips usaha laundry yang bisa anda terapkan :

tips sukses usaha laundry

Bangun Jaringan

Perluas cakupan wilayah untuk menarik pelanggan dengan cara membangun jaringan dengan usaha-usaha lain yang berhubungan. Misalnya dengan para warung atau toko-toko yang berada di sekitar wilayah, caranya dengan merekrut mereka menjadi agen dari usaha kita. Berikan papan nama atau spanduk laundry pada toko mereka agar bisa menarik konsumen, pesanan yang datang kepada agen kita tersebut akan di lanjutkan kepada kita .

Dengan cara ini cakupan pemasaran bisa menjadi semakin luas, lakukan kerja sama di beberapa tempat sekaligus di wilayah yang tidak terlalu berjauhan dengan usaha laundry kita, agar memudahkan dalam hal mengirim dan mengambil pesanan. Agar agen kita bersemagat berikan komisi menarik yang sama-sama menguntungan.

Advertisement

Utamakan Kualitas

Harga jasa laundry yang kita tawarkan baik murah ataupun mahal sebetulnya tidak menjadi patokan untuk bisa sukses dalam bisnis ini, karena usaha laundry ini masuk kedalam kategori jasa, maka kepuasan konsumenlah yang harus lebih di utamakan.

Pada laundry kiloan misalnya, meski tarif perkilonya kita tetapkan dengan lebih mahal di banding kompetitor lain, belum tentu kita akan menjadi kehilangan pelanggan. Asalkan tarif tinggi tersebut sesuai dengan service yang konsumen dapatkan, boleh jadi usaha laundry yang bertarif lebih mahal malah bisa mendapatkan lebih banyak pesanan.

Maka jangan terburu-buru kita turunkan harga jika usaha laundry agak kurang pesanan, sebaiknya lakukan evaluasi terlebih dahulu, barang kali ada kualitas hasil kerja kita yang memang kurang maksimal.

Lakukan Inovasi

Saat sebuah usaha sudah padat dengan persaingan, hanya pelaku usaha yang kreatif dan selalu berinovasilah yang akan bisa sanggup terus bertahan. Tips usaha laundry berikutnya adalah buat selalu inovasi baru untuk menjaga keberadaan pelanggan agar tidak berpaling ke tempat lain.

Banyak cara yang bisa di lakukan seperti berikan layanan antar jemput pakaian kotor, bonus-bonus menarik kepada pelanggan yang sering menggunakan jasa kita, atau bisa juga dengan menambahkan layanan lainnya yang berhubungan, seperti tambahkan dengan laundry sepatu, helm, laundry pakaian premium dan lain sebagainya.

Selain nantinya pelanggan akan semakin loyal, dari penambahan layanan lain kita juga akan bisa mendapatkan keuntungan ekstra.

Baca juga artikel Laundry koin bisnis baru yang menarik perhatian

Itulah beberapa tips usaha laundry agar bisa sukses dan terus menghasilkan keuntungan. Selamat mencoba..