Tips Sukses Menjalankan Usaha Catering Makanan

Usaha catering makanan sangat di perlukan keberadaannya terlebih di kota-kota besar, dari acara pesta atau pernikahan sampai sekolahan banyak yang membutuhkannya.

Seperti usaha lainnya, jika ingin sukses usaha ini memerlukan ketekunan dalam menjalankannya, untuk usaha yang baru mulai berjalan kita akan membutuhkan banyak pengalaman. Jika kita melihat usaha catering yang sudah berjalan sepertinya mudah dalam menghasilkan keuntungan yang besar, akan tetapi tentunya saat mereka baru merintis usahanya dibutuhkan kerja keras dan ketekunan. Untuk itu disini ada beberapa tips menjalankan usaha catering, setidaknya bisa menjadi masukan untuk usaha anda yang baru berjalan atau ingin dikembangkan lebih besar.

Baca juga artikel Peluang Usaha Catering Makanan Yang Menguntungkan

Promosikan Secara Terus Menerus

Pernahkah anda detang keacara pernikahan, pada saat mengantri untuk mengambil makanan yang dihidangkan sering terdapat kartu nama catering yang dipercaya untuk menghidangkan masakan kepada tamu undangan. Itu salah satu cara promosi yang baik dijalankan, sekaligus juga mengenalkan cita rasa masakan serta pelayanan kepada para tamu undangan, dengan harapan sebagian tamu udangan yang akan mengelar acara serupa akan menggunakan jasa cateringnya.

Promosi sangat penting di jalankan dalam usaha ini, serta target konsumen yang di pilih juga harus sesuai dengan promosi yang di jalankan. Salah satu contohnya jika kita akan menyasar konsumen para karyawan perusahaan maka sangat cocok jika kita manjalankan promosi secara online, karena umumnya akses internet sering di gunakan para karyawan perusahaan.

Selain itu untuk mempromosikan usaha catering kita juga bisa memanfaatkan media massa yang populer di wilayah kita, bisa kita perhatikan iklan-iklan baris di koran, banyak terdapat usaha seperti ini memasang iklannya, ini menandakan promosi seperti ini efektif dijalankan.

Advertisement

tips sukses usaha catering

Cita Rasa Masakan Harus Terjaga

Poin terpenting dalam menjalankan usaha ini adalah tentu saja rasa masakan yang kita hidangkan untuk para konsumen, jika banyak yang menyukainya usaha anda bisa lebih berkembang, karena akan terjadi komunikasi di antara calon konsumen, dan akan saling merekomendasikan catering mana yang rasa masakannya paling lezat. Untuk mendapatkannya kita harus mempunyai sumberdaya yang memiliki keterampilan memasak dengan baik, sumberdaya tersebut datang nya bisa dari kita sendiri selaku pemilik usaha ataupun dengan memperkerjakan koki memasak yang berpengalaman.

Baca juga artikel Faktor Penting Menjalankan Usaha Bisnis Makanan Dan Minuman

Jaga Reputasi Catering

Yang harus di perhatikan juga adalah pelayanan kepada konsumen, selain dari cita rasa masakan yang lezat tentunya harus di dukung dengan pelayanan yang baik. Seperti contohnya dekorasi penataan masakan pada saat acara berlangsung, pengiriman masakan tepat waktu, dan lain-lain.

Sekarang ini banyak kadapatan para oknum pengusaha catering yang mengambil keuntungan dengan cara yang tidak baik, misalnya masakan untuk acara-acara tertentu dikurangi jumlah porsi masakannya, yang seharusnya 100 porsi misalnya, dikurangi menjadi 70 porsi. Ini tentu saja merugikan pihak pemesan, dan cara-cara seperti ini hanya menghasilkan keuntungan sesaat, pada saatnya nanti akan menjadikan cateringnya berreputasi sangat buruk di mata konsumen.