Tips Sukses Menjalankan Kerjasama Usaha

Menjalankan usaha seorang diri atau dengan bekerjasama adalah sebuah pilihan, kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagi anda yang memiliki modal,keterampilan dan fasilitas usaha yang cukup, maka tidak masalah untuk menjalankan usaha sendiri. Namun jika ada sesuatu hal yang tidak bisa terpenuhi maka mencari partner untuk diajak bekerjasama usaha bisa menjadi pilihan.

Adakalanya juga sebagian orang lebih nyaman menjalankan usaha dengan sistim joinan meski persyaratan untuk berbisnisnya terpenuhi sendiri, alasannya karena akan bisa saling melengkapi jika salah satunya ada kekurangan. Hal ini boleh-boleh saja di lakukan, asalkan partner yang di ajak bekerjasama sejalan pemikiran bisnisnya untuk mengurangi kemungkinan terjadinya benturan di antara keduanya.

Ada hal lainnya yang harus di perhatikan dalam menjalankan usaha dengan sistim bekerjasama antara dua orang atau lebih ini. Meski akan ada beberapa kekurangan, namun jika kita bisa mengantisipasinya dengan baik akan bisa membuat bisnis yang di jalankan bisa lebih cepat berkembang.

Berikut ini beberapa tipsnya :

1. Kenali Latar Belakang Mitra

Sangat lebih baik jika dalam manjalankan kerjasama usaha masing-masing individu telah mengenal secara baik mengenai latar belakang mitranya. Ini menjaga agar tidak terjadi salah paham saat bekerja sama, dan menghindari salah satu pihak di rugikan.

2. Seragamkan Pemikiran

Dalam menjalankan kerjasama usaha paling utama adalah menyeragamkan pemikiran agar memiliki visi dan misi yang sama. Meskipun nantinya akan ada perbedaan dalam cara bekerja, itu tidak menjadi soal, asalkan tujuan yang dimaksud tercapai.

tips menjalankan kerjasama usaha

Maka sebelumnya ada baiknya luangkan waktu untuk saling berbicara satu sama lain, mengenai strategi berbisnis dan sebagainya. Sampaikan juga jika ada sesuatu hal yang tidak sejalan dengan pikiran masing-masing, dan cari solusinya. Setelah tersepakati bersama barulah mempersiapkan langkah selanjutnya.

3. Bagi Tugas Sesuai Kesepakatan

Jalankan tugas masing-masing mitra dengan pambagian yang sudah di sepakati sebelumnya, apa saja yang menjadi alasan usaha ini dijalankan dengan sistim bekerjasama. Misalnya salah satu memiliki modal, yang lainnya memiliki keahlian, atau ada yang memiliki koneksi pemasaran.

Semua harus di jalankan sesuai dengan tanggung jawab masing-masing, pada saat ini akan rentan terjadi gesekan jika ada salah satu yang tidak sesuai dengan kesepakatan awal.

4. Saling Lengkapi Satu Sama Lain

Meski dari awal sudah terjadi kesepakatan pada masing-masing pelaku kerjasama usaha, adakalanya dalam perjalanan ada sesuatu hal yang tidak berjalan sesuai dengan rencana. Maka di sini sangat penting untuk bisa saling melengkapi kekurangan yang ada pada mitra usaha.

Sekali berkomitmen untuk bekerja sama, maka selanjutnya harus bisa menerima apa yang menjadi kekurangan mitranya. Tidak bisa saling menyalahkan karena akan berefek buruk pada usaha yang dijalankan, sebaliknya carikan solusi bersama untuk menutupi kekurangan.

Disinilah sebetulnya letak kekuatan kerjasama usaha, jika terdapat masalah dan dapat di selesaikan secara bersama, maka akan membuat bisnis semakin kuat.

Baca juga artikel Kesulitan Yang Sering Terjadi Saat Akan Berwirausaha

5. Saling Terbuka

Agar dapat berjalan dengan baik tentunya setiap pihak harus benar-benar terbuka dalam menjalankan usaha, berusaha menutupi suatu hal dari pihak lain hanya akan membuat masalah besar di kemudian hari. Maka penting untuk selalu menjaga komunikasi secara rutin. Bicarakan setiap akan membuat langkah pada perusahaan dengan terbuka secara jujur.

Baca juga artikel Peluang Usaha Yang Memiliki Resiko Kerugian Kecil