Tips Sukses Membuka Usaha Toko Bangunan

Usaha toko bangunan sudah lama dikenal memberikan untung yang besar, seiring dengan semakin pesatnya pertumbuhan manusia maka semakin berkembang juga usaha ini. Kita lihat sekarang ini pembangunan komplek-komplek perumahan bertebaran dimana-mana, bukan hanya itu, kebanyakan perumahan baru itu sudah sold out sebelum jadi rumah, depelover baru memasang spanduk saja sudah ramai di borong pembeli. Untuk pembangunan rumah-rumah tersebut tentu melibatkan banyak toko bangunan sebagai supplier yang memasok berbagi macam barang bangunan yang di perlukan. Selain itu konsumen yang memerlukan bahan bangunan juga datang dari para pemilik rumah yang berniat merenovasi bangunan rumahnya.

Untuk anda yang sedang berminat menjalankan usaha toko bangunan jangan berkecil hati karena banyak saingan, karena usaha  ini demikian banyak konsumennya, dan pastinya akan terus bertambah setiap harinya, dan juga jenis-jenis barang bahan bangunan ini sangat banyak, sehingga sangat jarang toko bangunan yang menjual lengkap semua barang, ada saja barang yang di toko bangunan tidak menyediakannya, itu menjadi peluang untuk toko lain untuk menjualnya.

tips membuka toko bangunan

lokasi jualan harus strategis

Faktor yang harus di perhatian sebelum memulai usaha toko bangunan salah satunya adalah lokasi harus yang strategis, kemudahan akses untuk para calon konsumen harus di perhatikan. pilih tempat yang banyak dilalui atau di pinggir jalan utama, atau bisa juga di pusat-pusat sentra bahan bangunan yang banyak terdapat di kota-kota besar.

Keuntungannya membuka toko bangunan di sentra seperti ini adalah biasanya konsumen membeludak dikarenakan pertimbangan pembeli yang menginginkan barang yang akan dibelinya tersedia semua, jika tidak tersedia di salah satu toko, mereka tinggal ke toko sebelahnya. Karena pada umumnya jenis toko bangunan di sentra ini memusatkan ke satu jenis barang contohnya seperti toko khusus cat tembok, toko khusus pompa air, toko khusus peralatan kamar mandi (sanitary), khusus lampu dan lain sebagainya.

Advertisement

Namun bukan berarti toko yang di pinggir jalan sendiri atau tidak berada di daerah sentra bangunan itu kurang menguntungkan, tetap berpeluang menguntungkan juga tapi harus di perhatikan ke komplitan barang yang dijual, sediakan barang sekomplit mungkin dan sediakan barang yang banyak di perlukan seperti kran air, triplek, pipa paralon, cat tembok dan lain-lain atau jadikan toko bangunan anda one stop shoping agar semua keperluan konsumen anda terpenuhi.

Perhatikan Pelayanan Kepada Konsumen

Berikutnya faktor yang penting harus di perhatikan untuk anda yang sudah membuka usaha toko bangunan adalah berikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen anda. Jika anda memiliki karyawan anda harus wanti-wanti untuk memberikan pelayanan yang baik, karena perkembangan toko anda salah satu nya di pengaruhi faktor ini. Yang harus anda cari adalah pelanggan, yaitu kosumen yang selalu setia belanja ke toko anda jika ada keperluan bahan bangunan. Konsumen yang bisa menjadi pelanggan anda tentu saja yang puas dengan pelayanan yang anda berikan, pelanggan akan loyal jika sudah merasa puas berbelanja di toko anda, maka dari itu pentingkan faktor ini. Jika usaha toko bangunan anda sudah banyak memiliki pelanggan maka di pastikan usaha anda akan bertahan dan memberikan keuntungan yang besar karena yang belanja tidak akan ada habisnya.

Memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen itu banyak cara nya, kita harus ramah melayani dan juga kita harus berikan harga yang termurah kepada kosumen, tapi jangan sampai berikan harga terlalu murah sehingga keuntungan anda tidak cukup untuk oprasioanal toko. Berikan harga yang wajar jangan sampai setelah konsumen belanja di toko anda kecewa karena diketahui barang yang di beli, selisih harga jauh lebih mahal  dari toko lain. Anda juga bisa mencari supplier yang murah sehingga harga jual ke konsumen akan semakin ringan.

Jadilah Supplier Ke Proyek Didaerah Anda

Agar Usaha Toko Bangunan anda cepat berkembang pertimbangkan juga untuk menjadi supplier ke proyek-proyek, seperti yang tadi pertama kali di bahas, sekarang semakin banyak dibangun perumahan hunian, atau bisa juga ke proyek jalan raya misalnya. Anda bisa datang ke bagian terkait untuk menawarkan barang yang di perlukan proyek tersebut, misalnya seperti semen, Besi behl, pipa paralon dan masih banyak lagi.

Biasanya proyek juga memerlukan supplier-supplier yang dekat dengan daerah dekat proyeknya untuk kemudahan, anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar jika berhasil menjadi partner mereka. Tapi harus di perhatikan jika anda mulai melangkah menjadi supplier ini, yaitu cara pembayarannya, karena umumnya cara pembayaran yang di pakai adalah sistim tempo, bisa berminggu-minggu hingga bulanan, karena barang yang di pesan biasanya banyak, Sehingga anda harus mempersiapkan modal yang cukup, dan perhatikan juga aspek keamanan pembayaran, harus di buatkan selalu perjanjian yang jelas agar anda tidak mengalami kerugian.