Tips Sukses Jualan Dengan Sistem Dropship di Shopee

Jualan online adalah salah satu bisnis masa sekarang yang sangat besar potensinya. Potensi bisnis jualan online semakin meningkat dengan munculnya banyak marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan juga Shopee. Berbicara mengenai marketplace, Shopee bisa dikatakan sebagai marketplace yang cukup banyak digunakan oleh konsumen di jaman sekarang.

Menariknya, anda bisa dengan mudah memulai bisnis online dengan sistim dropship di Shopee. Dengan menggunakan sistem dropship, anda sama sekali tidak membutuhkan modal apapun.

Namun demikian, memulai bisnis dropship di Shopee memang tidak bisa dikatakan mudah. Persaingan di Shopee yang membuat jualan online dengan sistem ini menjadi semakin sulit.

Untungnya, masih ada kesempatan untuk bisa sukses berjualan online menggunakan sistem dropship di Shopee. Mau tau bagaimana tips untuk tetap bisa bersaing jualan online dengan sistem yang praktis ini ? Anda bisa membaca tipsnya lebih lanjut di artikel ini.

Baca Juga Arti Sistem Dropship Dan Reseller di Bisnis Online Shop

5 Hal yang Wajib Dilakukan Untuk Bisa Sukses Jualan Online Dengan Sistem Dropship di Shopee

Tips Sukses Jualan Dengan Sistem Dropship di Shopee

Jualan dengan sistem dropship di Shopee memang tidak mudah. Kenapa? Karena jumlah penjual di Shopee sudah sangat banyak. Karena jumlah penjual sudah sangat banyak, secara otomatis persaingan harga juga sangat ketat.

Karena persaingan harga sudah sangat ketat, jelas para dropsipper tidak memiliki ruang yang cukup bebas di marketplace tersebut.

Namun demikian, sebenarnya masih ada kesempatan untuk bisa sukses jualan online dengan menggunakan dropship di Shopee. Hanya saja, anda harus mau bekerja lebih keras dari biasanya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib anda lakukan jika ingin sukses melakukannya.

1. Mencari suplier yang menjual beraneka macam produk dengan tema yang sama

Hal pertama yang wajib harus anda lakukan jika masih ingin bisa sukses jualan online dengan sistem dropship di Shopee adalah mencari suplier yang memiliki berbagai macam produk.

Suplier yang harus anda cari bukan hanya harus memiliki banyak produk, namun produknya juga harus satu tema. Misalkan anda menjual produk fashion, pastikan untuk mendapatkan suplier yang memiliki beraneka macam produk fashion seperti baju, tas, dompet, sepatu, dan lain-lain.

2. Melakukan survei pasar

Jika anda sudah mendapatkan suplier yang tepat, jangan langsung memajang produk-produk dari suplier di akun Shopee anda. Lakukan survei pasar terlebih dahulu sebelum menjual berbagai produk dari suplier di akun Shopee anda.


Ada beberapa aspek yang harus anda perhatikan dalam melakukan survei pasar di Shopee.

Aspek pertama yang harus anda perhatikan adalah apakah produk yang anda jual memang banyak yang mencari. Setelah itu, perhatikan juga berapa banyak penjual yang juga menjual produk yang sama. Yang terakhir, cek juga berapa harga jual produk di kompetitor anda.

Jika memang produk yang akan anda jual tergolong sebagai produk yang banyak dicari oleh konsumen, dan andapun masih bisa menjual dengan kisaran harga yang sama dengan kompetitor, maka anda bisa mulai menjual produk dari suplier di akun Shopee milik anda.

3. Memodifikasi foto produk dari suplier

Salah satu penyebab mengapa jualan online dengan sistem dropship di Shopee itu sulit adalah karena mayoritas pelaku masih menggunakan foto produk yang diberikan oleh suplier. Konsumen jaman sekarang sudah sangat pandai dalam membedakan mana penjual yang memiliki stok produk dan mana penjual yang hanya menggunakan sistem dropship hanya dengan melihat foto produk anda.

Oleh sebab itu, bagi anda yang ingin jualan online dengan sistem ini di Shopee, anda wajib memodifikasi foto produk dari suplier sebelum mengunggahnya di akun Shopee. Ada banyak sekali cara memodifikasi foto produk dari suplier. Salah satunya adalah dengan cara merubah background foto produk dengan menggunakan software seperti Adobe Photoshop.

Selain itu, berikan juga watermark nama toko online anda di foto produk untuk menambah kredibilitas di mata calon konsumen.

4. Manfaatkan fitur-fitur promosi dari Shopee

Bagi anda yang ingin menjual barang secara online dengan sistem dropship di Shopee, anda juga perlu memanfaatkan fitur-fitur promosi dari Shopee. Fitur promosi dari Shopee sedikit banyak dapat meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk anda.

Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai berbagai macam fitur yang bisa digunakan untuk meningkatkan minat konsumen terhadap produk yang anda jual, anda bisa membaca lebih lanjut di artikel berjudul Flash Sale Shopee, Program Khusus Untuk Tingkatkan Omset Penjualan Seller dan juga Ini Keuntungan Penjual yang Mengaktifkan Fitur Shopee Gratis Ongkir.

5. Promosikan toko online anda menggunakan media sosial

Selain menggunakan berbagai macam fitur promosi dari Shopee, anda yang ingin sukses jualan online dengan sistem dropship di Shopee juga wajib mempromosikan toko online anda di beberapa media sosial.

Kenapa anda harus mempromosikan toko online anda di media sosial? Karena potensi anda sebagai penjual untuk mendapatkan pembeli jauh lebih besar dengan melakukan promosi di luar Shopee.

Jualan produk secara online dengan menggunakan sistem dropship di Shopee memang sudah tidak semudah beberapa waktu lalu. Namun demikian, sebenarnya masih ada peluang yang cukup besar untuk bisa sukses asalkan anda mau mempratekkan berbagai hal yang sudah dijabarkan di artikel ini.