Tips Sukses Berbisnis Kuliner Dari Bondan Winarno

Maknyusss…. tentu kita tidak asing lagi mendengar kata-kata tersebut dari media televisi, yang merupakan istilah yang sering di ucapkan oleh pakar kuliner Indonesia yaitu Bapak Bondan Winarno.

Kiprahnya di dunia kuliner tentu tidak perlu diragukan, selain sebagai pelaku bisnisnya, beliau juga pastinya cukup sering memperhatikan sajian-sajian dari pebisnis kuliner di seluruh nusantara.

Maka akan sangat berguna jika kita memperhatikan tips berbisnis bidang ini darinya. Selain bisa menambah ilmu pengetahuan juga bisa memperkaya pengalaman sebagai bekal kita menjalaninya.

Apa saja petuah dari beliau yang bisa kita terapkan, berikut diantaranya Tips Sukses Berbisnis Kuliner Ala Bondan Winarno :

tips dari bondan winarno

Ketahui Setiap Komponen Harga

Sebuah sajian kuliner akan terdiri dari banyak komponen bahan untuk membuatnya, dari mulai bahan, bumbu, peralatan dan lain sebagainya.

Komponen-komponen tersebut harus kita ketahui secara rinci mengenai harganya masing-masing, ini akan berguna saat kita akan mengatur menejemen keuangan usaha.

Terlebih seringkali terdapat beberapa bahan yang harganya sering mengalami perubahan, maka perlu kita update informasinya secara berkala.

Fokus Satu Peran

Dalam sebuah usaha kuliner akan terdapat beberapa bagian yang menjadikannya bisa berjalan. Seperti bagian memasak atau koki, menejer, bagian promosi dan lain sebagainya.

Sebagai pemilik menurut bapak Bondan sebaiknya jalankan secara fokus hanya satu peran, misalnya jangan berperan sebagai koki sekaligus juga menejer.

Advertisement

Lokasi

Menurutnya, lokasi tempat berjualan cukup penting dibangun di tempat yang mudah didatangi konsumen.

Meskipun sekarang ini ada juga tempat kuliner yang berada di lokasi terpencil namun tetap didatangi pelanggannya, akan tetapi untuk pemain baru sebaiknya hal ini di hindari.

Pahami Kriteria Target Konsumen

Dalam bisnis ini, memahami karakter serta kriteria dari konsumen penting harus kita kuasai.

Contohnya jika target konsumen kita adalah pelajar, karyawan dan sejenisnya, maka sajian kuliner yang kita jual haruslah berharga sesuai kantong mereka.

Penyajian pun harus cepat karena umumnya mereka tidak memiliki waktu luang yang banyak, jangan lupa porsi juga harus kita sesuaikan dengan karakter mereka.

Libatkan Dunia Digital

Dunia digital saat ini sangat penting untuk ikut kita libatkan dalam bisnis bidang kuliner. Kita bisa berupaya memanfaatkan promosi di media internet dan media sosial yang semakin populer di era sekarang.

Baca juga tips menjalankan usaha kuliner online

Kualitas Pelayanan

Selain menjaga kualitas cita rasa masakan, kita pun sekaligus harus bisa menjaga kualitas pelayanan ujarnya. Memang hal ini sangat penting untuk kita lakukan, agar kosumen terpuaskan yang ahirnya terus menjadi pelanggan.

Bina Sumber Daya

Berkaitan dengan menjaga kualitas pelayanan, perlu kita pastikan seluruh sumber daya yang di miliki juga memperhatikan pelayanannya terhadap konsumen.

Itulah beberapa tips menjalankan bisnis kuliner dari Bondan Winarno, semoga bisa kita terapkan dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga tips cara memulai usaha kuliner untuk pemula