Tips Mudah Usaha Ternak Lobster Air Tawar

Usaha ternak yang akan kita bahas kali ini adalah lobster air tawar dari sungai, yang merupakan salah satu spesies lebih besar dari lobster pada umumnya, dimana panjangnya mampu mencapai total hingga 12 inch. Warna lobster satu ini bisa bervariasi dari brilian biru ke warna cokelat kebiru-biruan, dan mereka juga mempunyai cakar yang lebih kecil untuk ukurannya.

Nah, untuk bisa membudidayakan atau pun berternak lobster air tawar ini sangatlah mudah, bisa dilihat dari badannya yang cukup kuat, kokoh, dan tahan terhadap adanya penyakit serta segala cuaca, akan tetapi harus diperhatikan juga jika berternak untuk lebih dikomersilkan, pasti butuh perhitungan yang matang.

Kelebihan lain yang di miliki oleh lobster air tawar ini dari sisi ekonomi adalah, harga jualnya yang terbilang tinggi di bandingkan dengan jenis ikan lainnya. Untuk perkilonya dapat di hargai hingga ratusan ribu rupiah, tentunya hal ini akan sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha yang menternakkannya. Hal tersebut tidak lepas oleh karena rasa daging dari lobster air tawar yang bercitarasa tinggi, sehingga tidak heran jika lobster ini juga tergolong menjadi sajian yang cukup mewah di restoran-restoran ternama.

Tips Ternak Lobster Air Tawar

Kolam Semen

Kolam semen untuk ternak lobster air tawar ini bisa dibuat dengan bentuk segiempat, dengan ukuran 2 x 3 x 0.5 m. Ukuran dan jumlah kolam yang dibuatnya juga harus disesuaikan dengan luas lahan serta jumlah lobster yang nantinya akan diternak.

Tapi, untuk ternak dalam jumlah yang lebih besar, ada baiknya kolam tersebut tidak yang terlalu luas, tetapi berukuran yang sedang. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses penyeleksian, perawatan, dan juga pengontrolan lobster.

Kualitas air

Sumber air yang nantinya akan digunakan dapat berasal dari air tanah, air PAM, dan juga air sungai. Air tanah ini bisa langsung dipakai tanpa diolah terlebih dahulu. Akan tetapi, tempat ternak yang ada pada daerah yang dekat dengan pantai tidak bisa menggunakan air tanah, sebab mengandung kadar garam yang tinggi.

Selain hal tersebut, ada baiknya ternak lobster air tawar pada daerah ini menggunakan air PAM atau pun air ledeng. Air PAM ini memang bersih, akan tetapi kadar klorin serta kaporitnya sangat tinggi. Untuk itulah, diamkan air PAM terlebih terlebih dahulu diudara terbuka selama 24 untuk menghilangkan klorin dan juga kaporitnya.

Pakan

Lobster air tawar ini salah satu binatang yang tidak rewel mengenai pakan, sehingga anda juga tidak direpotkan dalam penyediaannya. Lobster air tawar merupakan binatang omnivore, segala makanan yang ada di depannya akan dimakan, tak terkecuali temannya sendiri yang tak berdaya.

Untuk bisa menjadikan lobster yang anda ternak tersebut bisa hidup dan juga tumbuh dengan sempurna, jenis pakan, dosis, kandungan protein, dan juga frekuensi pemberian pakannya harus lebih diperhatikan. Jenis pakan yang bisa diberikan pada calon induk lobster ini adalah cacing halus, udang segar, pelet udang, atau pun pakan nabati, seperti tanaman air serta ubi jalar.

Demikianlah sedikit tips mudah ternak lobster air tawar yang bisa kami informasikan kepada anda semuanya. Semoga bermanfaat.

Baca juga 5 usaha budidaya ikan air tawar yang menguntungkan