Tips Menyewa Tempat Untuk Usaha

Kesuksesan suatu usaha sangat dipengaruhi oleh letak tempat usaha tersebut. Ketika seorang pengusaha salah dalam memilih tempat berjualan maka hal yang akan dihadapi adalah kebangkrutan. Sebab, tempat usaha yang ramai dan mudah dijangkau oleh akan memudahkan konsumen. Sehingga akan lebih dekat dengan kesuksesan daripada tempat usaha yang sepi bahkan sulit dijangkau oleh orang.

Oleh sebab itu tempat merupakan faktor yang tidak dapat dianggap remeh oleh seorang pengusaha. dan berikut ini adalah beberapa tips menyewa tempat untuk usaha yang akan anda jalankan.

Pilihlah tempat di daerah perumahan

Perumahan adalah tempat yang di dalamnya terdapat komunitas masyarakat yang majemuk. Di dalamnya terdapat banyak kalangan masyarakat. Dan yang paling penting, di dalam perumahan tentunya banyak terjadi aktifitas bisnis. Untuk itu, perumahan adalah tempat yang paling strategis untuk membuka usaha.

Baca juga artikel Memilih Lokasi Usaha Yang Strategis

Pilih tempat usaha yang di sekitarnya sudah banyak terdapat berbagai macam bidang usaha, agar lebih mudah di temukan konsumen. Pilih juga perumahan yang sudah banyak terdapat penghuninya agar produk atau jasa yang anda jual bisa terbeli dengan cepat. Yang penting, sesuaikan jenis usaha yang anda tawarkan dengan karakter masyarakat tersebut. Jika masyarakat yang anda bidik adalah penghuni perumahan tentu jenis usahanya pun harus sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pertimbangkan Biaya Sewa

Tempat usaha yang ramai dan mudah dijangkau oleh pasar tentu akan memberlakukan harga yang tinggi. Hal ini tentu sangat wajar dan anda pun tidak perlu khawatir. Apabila tempat yang anda targetkan adalah tempat yang strategis untuk usaha anda dan memberlakukan harga yang mahal maka jangan ragu untuk menyewanya. Hal ini tentu lebih baik jika dibandingkan dengan anda menyewa tempat yang sangat murah tetapi sangat sepi dari pembeli.

Pada dasarnya, jika harga sebanding dengan target maka jangan ragu untuk memilihnya. Lebih baik menyewa mahal tapi banyak orang yang melihat daripada murah tapi sepi, begitu prinsipnya.

Advertisement

Lihat perizinan tempat tersebut

tips menyewa tempat usaha

Ketika anda membangun suatu usaha tentu perizinan tempat usaha menjadi bagian yang sangat penting. Percuma saja menyewa tempat yang strategis dan ramai pengunjung akan tetapi tidak memiliki izin pendirian usaha. Bisa-bisa suatu saat ketika usaha anda ramai justru malah dibubarkan oleh yang berwajib. Untuk itu, aspek terpenting dalam memilih tempat membangun usaha adalah izin usaha tersebut, tanyakan kepada pemilik bangunan mengenai hal ini.

Perhatikan Faktor Keamanan Lingkungan

Keamanan dalam menjalankan usaha juga harus kita perhatikan betul-betul sebelum memutuskan akan menyewa tempat. Faktor keamanan ini meliputi kemanan dari kriminalitas, keamanan dari pungutan liar, dan juga keamanan dari bencana seperti banjir,kebakaran dan lain-lain.

Untuk mengetahui bahwa lokasi kita aman dari gangguan-gangguan tersebut, kita harus bertanya kepada masyarakat di lingkungan sekitar, bisa kepada pemilik toko sebelah, ketua RT dan lainnya. Dengan begitu kita bisa mendapatkan informasi yang akurat.

Yang perlu kita perhatikan, saat baru memulai usaha, tidak serta merta usaha kita akan langsung akan ramai pembeli. Itu kebanyakan sering terjadi pada usaha yang baru, dan hal itu sangatlah wajar terjadi karena masyarakat atau calon konsumen baru mengetahui bahwa ada usaha di tempat itu. Hal ini bisa teratasi tergantung dari kita menjalankan promosi, maka dari itu penting juga mengenalkan kepada masyarakat misalnya dengan cara membagikan brosur, membuat spanduk dan di tempatkan di lokasi yang mudah terlihat dan lain-lain. Baca juga artikel Strategi Promosi Cara Memasarkan Produk Dan Jasa Yang Baru