Tips Menulis Email Untuk Menawarkan Produk

Di jaman yang serba digital seperti sekarang, email menjadi salah satu media berkomunikasi yang semakin lazim digunakan dalam berbagai keperluan termasuk dalam berbisnis.

Bagi sebagian orang mungkin saja masih bertanya-tanya bagaimana cara menulis email yang baik untuk menawarkan produk kepada calon konsumennya, apakah ada cara yang efektif yang bisa dilakukan.

Jika anda adalah salah satunya, jangan khawatir karena dalam artikel berikut ini ada beberapa tips untuk menulis email penawaran produk agar efektif menarik pelanggan.

Email Untuk Menawarkan Produk

Buat Subjek Email Dengan Menarik

Subjek email menjadi salah satu yang paling pertama akan ditampilkan kepada penerima, meski terlihat biasa saja namun subjek email dapat membuat kesan pertama apakah email tersebut layak untuk segera di baca atau tidak.

Oleh karena itu dalam membuat email penawaran janganlah membuat subjek email dengan seadanya. Tapi buatlah sebisa mungkin subjek yang membuat target tertarik untuk membaca email lebih lanjut.

Pastikan juga subjek email dibuat dengan bahasa yang jelas, padat dan singkat. Dan upayakan apa yang kita tawarkan sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Hindari Menulis Email Yang Terlalu Panjang

Tulisan email yang terlampau panjang tentu akan membuat penerima enggan untuk membacanya.

Apalagi jika tulisan tersebut juga terlalu bertele-tele dan membahas hal yang sama sekali tidak berkaitan dengan produk yang akan kita tawarkan.

Kita pastinya tidak bisa mengetahui apakah orang yang kita kirim email memiliki banyak waktu luang untuk membaca penawaran yang kita kirim.

Bisa jadi saja email diterima pada waktu mereka sedang melakukan hal penting, sehingga tidak ada waktu untuk membaca tulisan yang panjang seluruhnya.


Maka usahakanlah buat email penawaran dengan isi yang langsung membahas kepada poin penting.

Gunakan Bahasa Formal

Untuk email dalam keperluan bisnis hendaknya selalu kita gunakan bahasa yang formal agar email memiliki kesan resmi dan profesional.

Dengan bahasa yang formal kita juga dapat menghindari kesalahpahaman dalam kata yang ditulis, sehingga tidak akan menimbulkan kerugian.

Dengan gaya bahasa tersebut, poin yang ingin kita sampaikan juga akan menjadi lebih mudah dicerna dan dipahami, sehingga pesan penawaran bisa tersampaikan dengan utuh.

Kirim Email di Waktu yang Tepat

Sebagian besar saat ini orang membuka email pada perangkat smartphone yang umumnya perangkat tersebut akan selalu dibawa kemana-mana dalam berbagai aktifitas.

Oleh sebab itu pada jam-jam sibuk yang umumnya banyak kegiatan sedang dikerjakan, notifikasi email yang masuk hanya akan dilewatkan begitu saja tanpa membaca isinya.

Penawaran yang kita buat dengan susah payah tentu saja akan menjadi percuma, untuk menghindarinya kirimkan email pada waktu yang tepat seperti di luar jam kerja, di malam hari dan sebagainya.

Kirim Email Secara Berkala

Cukup kecil kemungkinannya calon pelanggan dapat menerima apa yang kita tawarkan hanya dengan satu kali pengiriman email saja.

Ingat, tidak ada sesuatu hal besar yang bisa kita dapatkan hanya dengan waktu yang singkat, melainkan perlu adanya usaha yang berkelanjutan.

Oleh karena itu, janganlah segera menyerah jika baru satu atau dua email saja yang kita kirim belum mendapatkan hasil yang di inginkan. Buat kembali email penawaran tersebut dengan konsep yang lain di hari-hari selanjutnya.

Baca Juga artikel :

Beberapa tips untuk membuat email penawaran produk yang kami bahas diatas semoga saja dapat menjadi masukan yang bermanfaat untuk pembaca semua.