Tips Menjual Barang Bekas Via Online Di Internet

Mempunyai barang bekas yang tidak terpakai di rumah kini bisa di jual dengan cepat via online di internet. Ahir-ahir ini setelah sejumlah iklan situs jual beli barang bekas marak tayang di televisi, sistim penjualan lewat intenet semakin mudah dan cepat.

Ini sangat memudahkan masyarakat kita untuk mencari solusi memanfaatkan barang yang tidak terpakai di rumah, karena biasanya barang tidak terpakai hanya menjadi sampah yang menumpuk di gudang, akan sangat menguntungkan jika barang-barang tersebut bisa di jadikan uang.

Barang-barang bekas yang sering di jual di internet umumnya seperti gadget yang sudah mulai bosan untuk di pakai, perlengkapan bayi yang hanya di perlukan beberapa saat, barang elektronik yang sudah diganti dengan yang baru, sepatu, dan banyak lagi yang lainnya. Semua barang yang tidak bisa dimanfaatkan lagi di rumah, bisa di jual ke orang lain yang masih membutuhkan.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa di terapkan secara mudah dan cepat untuk menjual barang bekas lewat internet :

  • Pilih Situs Jual Beli Yang Populer

Paling utama kita harus memilih situs jual beli yang sedang populer di akses masyarakat, ini penting karena kita akan memasang iklan di situsnya untuk menawarkan barang ke pengguna internet. Kini banyak situs yang sudah banyak di kenal, sebut saja Olx yang dahulu di kenal Toko Bagus, Berniaga, Kaskus Fjb, BukaLapak dan lain-lain.

cara menjual barang bekas di internet

Situs-situs tersebut ada diantaranya yang sedang gencar menayangkan iklan di televisi, sehingga masyarakat mudah untuk mengaksesnya. Dengan memasang iklan di situs yang sedang populer bisa mempercepat lakunya barang bekas kita.

Agar bisa memajang barang bekas yang akan di jual kita harus memiliki akun di situs yang kita pilih, caranya tidak terlalu sulit, biasanya setiap situs sudah menyertakan langkahnya dengan jelas.

  • Pilih Layanan Gratis Atau Berbayar

Sebagian situs jual beli barang bekas seperti Olx terdapat pilihan layanan yang bisa kita pilih, layanan tersebut menyakut fitur yang bisa kita pilih agar barang yang kita tawarkan lebih mudah terjual. Umumnya terdapat pilihan untuk memasang iklan secara gratis atau berbayar.

Advertisement

Tentu saja efek yang di dapatkan akan jauh berbeda antara kedua pilihan tersebut, jika menggunakan layanan gratis siapapun akan mudah untuk memasang iklan sehingga jumlah pemasang akan sangat banyak, dan sering kali iklan yang kita pasang kemunculan di situsnya hanya sesaat, selanjutnya iklan kita akan muncul di posisi yang tidak strategis lagi, sehingga penjualan akan cukup memakan waktu.

Berbeda dengan layanan berbayar, iklan kita akan lebih di prioritaskan untuk tayang di space-space yang strategis di situsnya. Ini menjadikan barang kita lebih banyak di lihat oleh calon pembeli dan tentu saja berpeluang untuk laku lebih cepat.

  •   Siapkan Foto dan Detail Produk

Agar lebih menarik dan memudahkan calon pembeli kita harus menyertakan barang yang akan di jual dengan foto yang detail dan juga deskripsi produk yang menarik akan tetapi sesuai dengan kondisi barangnya. Deskripsi atau keterangan barang sangat penting di jelaskan secara lengkap dan jujur, jika ada spesifikasi produk maka itu harus disertakan.

Jangan menyertakan keterangan produk yang di lebih-lebihkan, karena meskipun pembelinya tidak melihat secara langsung, jika ada deskripsi yang tidak sesuai maka setelah di beli pun nantinya akan ada komplen dari pembeli, dan bukan tidak mungkin pembeli tidak segan untuk meminta uang nya kembali karena tidak puas dengan kondisi barangnya.

Harga juga menjadi penentu cepat tidaknya terjual barang yang kita iklankan, buatlah harga yang sesuai dengan kondisi barang kita, kita bisa meriset terlebih dahulu iklan lain yang menjual barang serupa, atau bisa juga dengan memperkirakan dari harga sewaktu kita beli baru dahulu.

  • Transaksi Penjualan

Setelah iklan terpasang dan ada respon dari calon pembeli, biasanya ada beberapa cara untuk melakukan transaksi. Ada yang menggunakan sistim bayar secara transfer lalu setelahnya barang di kirim melalui kurir seperti JNE atau POS. Dan ada pula yang menggunakan sistim COD atau Cash On Delivery, artinya pembeli di informasikan tempat untuk bertemu dan melakukan transaksi, pembayaran di lakukan jika barangnya cocok.

Cara yang paling di minati pembeli biasanya adalah sistim COD, karena lebih aman. Akan tetapi ada juga yang tidak berkeberatan dengan sistim transfer terlebih dahulu, ini tergantung anda meyakinkan calon konsumen.

Dengan sistim transfer memang lebih menguntungkan di sisi penjual karena kita bisa lebih luas memasarkan barang hingga ke luar kota, namun begitu dalam faktor ini kepercayaan pembeli menjadi penentunya.