Tips Menghadapi Usaha Yang Sedang Sepi

Perjalanan bisnis tidak selalu mulus dan lancar, Hal itu tentu sangat wajar. Terutama bagi anda yang pemula dalam dunia bisnis. Kondisi tersebut sebenarnya bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan, karena kegagalan dalam berbisnis semua pengusaha yang berhasil sukses pernah mengalaminya. Namun, yang penting perlu anda lakukan adalah inovasi dan introspeksi.

Biasanya penyebab sepinya pelanggan lebih dikarenakan beberapa hal. Di antaranya adalah karena harga, kualitas dan pelayanan. Harga produk yang cenderung lebih mahal dari pada penjual lainnya tentu akan mengakibatkan pelanggan anda melirik toko orang lain. Apalagi jika harga tersebut tidak sepadan dengan kualitasnya. Kualitas produk yang buruk sebenarnya lebih dibenci konsumen meskipun harganya murah. Untuk itu perhatikan kualitas produk anda.

Baca juga artikel Kenali Penyebab Kegagalan Bisnis Anda

Dan yang paling mengecewakan pelanggan adalah pelayanan. Dengan pelayanan yang bagus, pelanggan pun akan merasa nyaman dan merasa diperlakukan dengan hormat. Hal itu cukup bisa menutupi harga dan kualitas produk anda yang tidak baik. Dengan banyaknya pelanggan yang puas dengan produk anda, maka usaha pun akan berjalan lancar.

Baca juga artikel Cara Mendapatkan Pelanggan Dan Mempertahankannya

Jika kondisi sepi pengunjung sudah tanggung mendera usaha anda, berikut ini adalah beberapa tips menyikapi kondisi toko anda yang sepi dari pelanggan.

Advertisement

Tips menghadapi usaha yang sepi

Lakukan Inovasi

Inovasi bisa saja terkait dengan desain toko atau penempatan produk yang anda jual. Toko yang terkesan sempit dan sumpek tentu mengurangi kenyamanan pelanggan. Selain itu, inovasi juga dapat berkaitan dengan produk. Artinya anda bisa saja memodifikasi suatu produk menjadi produk baru yang memiliki manfaat yang lebih besar.

Perluas Pasar Dengan Sistim Online

Saat ini pasar tidak terikat dengan tempat. Anda bisa memulai berjualan secara online di internet yang tidak terikat dengan biaya sewa tempat atau biaya keamanan. Yang anda butuhkan adalah promosi via internet. Dengan demikian anda sudah memiliki pasar internasional. Dengan cara ini tentu toko atau produk anda tidak akan sepi dari pembeli. Meskipun sepi kunjungan yang penting tidak sepi pembeli, karena ada yang membeli lewat sistim online.

Baca juga artikel Cara Promosi Online Yang Efektif Untuk Usaha Anda

Perhatikan Harga dan Kualitas

Ketika anda berbisnis suatu produk, yang perlu anda sadari adalah bahwa anda bukanlah satu-satunya penjual. Ada banyak penjual barang yang sama dengan anda. Untuk itu, lakukan survey kepada toko saingan anda dan bandingkan harga yang anda jual dengan yang mereka jual. Kemudian turunkan harga di toko anda agar pembeli lebih melirik toko anda. Selain itu, anda juga bisa melakukan desain pada toko anda agar lebih menarik dan pembeli mau berlama-lama berkunjung dan membeli produk yang anda jual.